Inilah 5 Cara Mudah Membuat Bisnis Plan Usaha Sendiri

membuat bisnis plan

Dalam mengelola bisnis usaha yang baik tentunya anda harus membuat bisnis plan yang baik juga, agar bisnis tersebut dapat berjalan lancar kedepannya. Bisnis plan ini merupakan rencana tertulis yang berisikan tentang tujuan, latar belakang maupun rencana bisnis anda agar tujuan anda dapat tercapai.

Dalam bisnis plan ini juga memuat ide maupun perencanaan secara keseluruhan, sehingga bisnis anda akan terencana dengan matang dan lebih rinci. Anda juga dapat mengetahui unsur-unsur apa saja yang kurang dalam bisnis anda. Dari struktur bisnis, perhitungan bisnis, sistem operasional maupun pesaing bisnis dapat anda kelola dengan baik.

Cara Mudah Membuat Bisnis Plan Usaha Anda

Terdapat beberapa cara untuk membuat bisnis plan usaha sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini yaitu :

Melakukan Riset dan Mengenali Bisnis Anda

Anda bisa mencoba melakukan riset terlebih dahulu dan mencari informasi sebanyak mungkin yang dapat disesuaikan dengan selera atau tren pasar saat ini. Sehingga anda dapat menganalisis produk yang akan anda tawarkan, dan anda juga dapat mengetahui kompetitor yang memiliki jenis usaha maupun bisnis yang sama.

Langkah awal yang sangat penting dalam membuat bisnis plan, dengan memahami dan mengenali bisnis yang anda bangun. Kenali dari segi potensi, bentuk maupun tantangan pada bisnis anda, agar anda dapat memahami setiap resiko yang dapat terjadi.

membuat bisnis plan

Menetapkan Tujuan Bisnis

Anda juga dapat menetapkan tujuan bisnis secara detail serta hasil yang ingin anda capai. Dari langkah tersebut anda dapat menemukan motivasi diri dalam membangun usaha tersebut. Bisnis anda juga akan lebih terarah dan terstruktur dengan baik.

Membuat Company Profile

Company profile ini merupakan elemen yang penting  yang memuat halaman utama yang akan memperkenalkan usaha anda. Sehingga tampilan dari company profile ini harus menarik, jelas dan detail. Hal inilah yang dapat meyakinkan para investor yang akan melihat langsung bisnis anda tersebut.

Baca Juga:  Cara Buka Usaha Sendiri Bagi yang Belum Ada Keahlian

Memiliki Strategi Marketing

Anda juga harus memiliki strategi marketing yang baik dengan cara memulai membuat timeline mengenai waktu perkenalan produk baru anda. Lalu waktu yang tepat untuk mengeluarkan promo yang lebih teratur agar dapat menarik banyak konsumen.

membuat bisnis plan

Mencatat Seluruh Transaksi Keuangan 

Anda juga perlu mengatur dan mencatat seluruh keuangan anda, baik jumlah kecil maupun besar. Anda perlu memulai dengan melakukan pembukuan sederhana dengan mencatat semua transaksi anda.

Komponen yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Bisnis Plan

Terdapat beberapa komponen penting yang harus ada dalam bisnis anda yaitu :

  • Ringkasan Eksekutif : berisi garis besar, visi dan misi serta tujuan dari bisnis
  • Pendahuluan : berisi latar belakang bisnis yang dilengkapi dengan struktur bisnis maupun susunan pemilik saham.
  • Analisis Pasar dan Pemasaran : Menganalisis produk, apakah memiliki bisnis serupa sehingga dapat mengetahui kelebihan bisnis anda.
  • Analisa Produksi : berisi cara memproduksi bisnis anda
  • Analisis Sumber Daya Manusia : mengenai rencana yang digunakan dalam pengembangan sumber daya manusia pada bisnis anda
  • Analisa Keuangan : berisi mengenai rincian modal yang dimiliki, pengembalian investasi maupun modal dan rencana pemasukan anda.
  • Peluang Bisnis : mengenai keunggulan bisnis anda dan target yang ingin dicapai.
  • Eksekusi Bisnis : mengenai bagaimana bisnis anda berjalan dengan sistem operasional yang seperti apa.
  • Lampiran : berisi surat-surat penting seperti perijinan bisnis anda maupun sertifikat.