Cara Menanam Selada Agar Subur

cara menanam selada

Selada adalah salah satu sayuran hijau yang laris digunakan sebagai lalapan atau pelengkap makanan. Selada di pasaran memiliki  harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Sebenarnya menanam selada itu bukanlah perkara yang sulit, karena selada bisa ditanam dengan menggunakan teknik hidroponik. Teknik ini sangat membantu bagi Anda yang ingin mengetahui cara menanam selada namun tidak memiliki lahan yang luas. Untungnya cara menanam selada dengan metode hidroponik ini bisa dilakukan di lahan yang sempit dengan menggunakan berbagai bahan seperti polybag. Agar tanaman selada yang Anda ingin tanam ini bisa tumbuh dengan subur, maka Anda harus mengetahui cara menanam selada dan merawatnya.

Memilih Bibit dan Media Tanam

Tentunya saat Anda hendak mempraktekkan cara menanam selada yang benar, maka Anda harus memilih bibit selada yang berkualitas sehingga nantinya tumbuhan selada yang Anda tanam itu bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan daun selada yang segar. Anda bisa memilih bibit yang dibutuhkan di berbagai tempat, seperti langsung mendatangi petani yang membudidayakan selada, maupun ke toko pertanian. Kemudian Anda juga perlu mempersiapkan mengenai media tanam yang akan Anda gunakan dalam menanam selada, Anda harus mempersiapkan pupuk kandang, tanah yang gembur, polybag maupun pot. Anda bisa menggunakan media pot dari bahan apapun untuk digunakan menanam selada tersebut.

cara menanam selada

Melakukan Penyemaian Terhadap Bibit Tanaman

Selanjutnya tentu Anda harus mulai dengan melakukan penyemaian bibit selada tersebut dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan sebelumnya. Pertama-tama Anda harus mencampurkan pupuk kandang, sekam padi dan juga tanah dengan perbandingan jumlah tanah yang lebih banyak daripada yang lainnya. Setelah itu buatlah lubang sedalam 2 cm untuk meletakkan bibit selada tersebut. Segera masukkan biji ke dalam lubang, setelahnya Anda akan melihat bahwa bibit yang Anda tanam tersebut akan mulai menunjukkan perkembangan dalam beberapa hari ke depan. Biasanya nantinya setelah 2 minggu, akan mulai muncul beberapa helai daun-daun kecil. Bibit daun tersebut akan semakin membesar dan nantinya Anda harus memindahkannya ke media lain jika media yang sebelumnya sudah terlalu kecil. Memang sebaiknya dalam cara menanam selada dan merawatnya agar bisa tumbuh subur, ada baiknya selada ditanam pada media yang luas agar bisa berkembang.

Baca Juga:  Ini Dia Cara Menanam Strawberry Di Dalam Pot Dengan Mudah

Mempersiapkan Lahan Tanah Lainnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa akan lebih baik jika selada ini ditanam di lahan yang lebih luas agar tidak menghambat perkembangannya. Anda tentunya perlu mengolah dan mempersiapkan lahan tanah lainnya untuk bisa memindahkan tanaman selada Anda yang masih kecil ke lahan yang baru. Jika Anda tidak mempunyai lahan yang luas untuk memindahkannya, maka Anda bisa memanfaatkan cara lain seperti menanamnya pada pipa yang dilubangi dan diisi tanah atau pun dengan media lainnya yang bisa Anda gunakan. Pada saat ini ada banyak cara untuk bisa menanam tumbuhan dengan cara hidroponik menggunakan berbagai media alternatif.

Memindahkan Tanaman Selada Ke Lahan Baru

Jika lahan baru sudah Anda persiapkan dan selada siap dipindahkan, maka selanjutnya Anda bisa langsung memindahkan tanaman selada tersebut. Namun pada saat Anda hendak memindahkan tanaman selada ke lahan yang baru maka Anda harus sangat berhati-hati jangan sampai akarnya rusak atau tercabut, karena bisa jadi selada tersebut tidak bisa tumbuh dengan baik lagi jika akarnya sampai rusak. Tips atau cara menanam selada dan merawatnya ini perlu Anda perhatikan, karena dengan cara menanam selada yang benar maka dalam beberapa waktu Anda bisa memanen selada-selada tersebut untuk Anda konsumsi sendiri maupun dijual kembali.