Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Bercocok Tanam dengan Mudah

Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Bercocok Tanam dengan Mudah

Cabe merupakan makanan yang wajib di Indonesia. bahkan jika kita makan tidak ada rasa pedas rasanya makanan tersebut kurang mantap. Di pasaran pun cabe rawit sendiri memiliki harga selangit karena banyaknya peminat cabe di Indonesia sendiri.

Salah satu cabe yang sering ditemui atau banyak digemari karena dapat dimakan mentah yaitu cabe rawit. Karena harga cabe naik turun, maka sebagian orang memilih untuk menanam sendiri di rumah menggunakan polybag atau di kebun masing-masing baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual. Cara menanam cabe rawit di polybag pun banyak yang melakukannya di rumah karena mudah dan tentunya jika kita membutuhkan kita hanya tinggal memetiknya saja.

Tips Menanam Cabe Rawit di Rumah

  1. Memilih benih bibit cabe rawit yang berkualitas bagus

Cara menanam cabe rawit di polybag yang pertama yaitu memilih benih cabe dengan kualitas yang baik. Caranya mudah sekali loh, kamu hanya perlu memilih cabe rawit yang segar dan bagus, lalu buka cabe tersebut dan ambil bijinya. Setelah kamu mengambil cabe tersebut, kamu tinggal menjemur biji cabe tersebut di bawah sinar matahari hingga kering. Jika kamu tidak mau cara ribet seperti ini, maka kamu hanya perlu membeli bibit cabe di toko-toko terdekat kamu. Tapi disarankan kalau kamu akan menanam dengan menggunakan polybag maka sebaiknya kamu menjemur biji cabe rawit yang segar.

rendam bibit cabe ke dalam air, jika terdapat bibit cabe yang tenggelam maka itu adalah benih yang dapat disemai. Selanjutnya bungkus benih ke dalam kain yang lembab atau bungkus ke dalam kertas selama 24-36 jam sebelum disemaikan.

  1. Melakukan tahap penyemaian

Setelah kamu melakukan penyemaian kamu perlu membuat lubang untuk menempatkan biji cabe ke dalamnya. Langkah selanjutnya kamu perlu menaburkan tanah halus ke dalam polybag untuk menutupi benih yang telah di taburkan tadi. Lalu jika kamu sudah selesai menaburkan tanah, kamu perlu menutup menggunakan mulsa plastik hitam perak atau kamu juga dapat menggunakan kain goni basah dan ditutup selama tiga hari. Setelah tujuh hari penyamaian maka benih akan tumbuh.

Baca Juga:  Cara Menanam Terong Dengan Benar

Penyiraman juga harus kamu lakukan satu hari lakukan penyiraman 1-2 kali menggunakan gembor agar tanah yang terdapat di dalam polybag tidak menggumpal. Lakukan penyiraman tersebut hingga 5-6 minggu atau sampai berdaun 6-8 helai. Setelah berusia 5-6 minggu bibit boleh dipindahkan dan diletakkan di bawah sinar matahari selama lima hari sebelum di tanam di tanah.

Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Bercocok Tanam dengan Mudah

  1. Menanam cabe

Selanjutnya pindahkan cabe ke dalam polybag yang lebih besar. Lakukan proses ini dengan cara hati-hati, gunakan polybag dengan berdiameter 30 cm dan jangan lupa taburkan tanah dan berikan pupuk. Agar benih tidak rusak, lakukan pemindahan secara berhati-hati dan gunakan dengan perbandingan 3:2:1 untuk menanam benih cabe.

  1. Merawat cabe di polybag

Siram setiap hari cabe agar lebih sehat dan cabut tumbuhan lain yang tumbuh bersama dengan cabe di polybag agar cabe tersebut tidak terganggu pertumbuhannya. Lakukan pemberian pupuk secara rutin dengan kompos dan letakkan polybag di bawah sinar matahari.

Cara menanam cabe rawit di polybag di atas merupakan beberapa tips saat tanaman masih berumur kecil. Jika tanaman sudah mulai besar, kamu bisa menggantinya di tempat yang kamu inginkan dengan syarat rajin merawat cabe tersebut.