Berikut Ini Cara Mudah Membuat Derajat Di Word Yang Perlu Diketahui

cara membuat derajat di word

Terkadang anda jika mengetik dan kebetulan ketikan tersebut terdapat banyak simbol yang perlu di input, membuat anda bingung karena tidak menemukan simbol-simbol tersebut di keyboard. Salah satunya jika kita ingin memasukkan simbol derajat (°) pada ketikan.

Tentunya repot bukan jika anda benar-benar tidak mengetahui dimana letak simbol tersebut untuk dipakai di bahan ketikan anda? Sebenarnya hal tersebut merupakan hal yang mudah karena Microsoft Word sudah menyediakan karakter simbol-simbol tersebut untuk anda.

Di artikel ini, akan dibahas beberapa trik cara membuat simbol derajat (°) di Microsoft Word yang wajib anda ketahui.

Berikut ini beberapa hal mudah yang bisa anda lakukan tentang cara membuat derajat di Word :

  • Dengan Menggunakan Menu Insert

Langkah awal yang harus anda lakukan di cara ini yaitu dengan mencari menu “Insert” yang berada di pojok kiri atas layar. Tepatnya berada di sebelah menu “Home”. Setelah menu Insert anda klik, kemudian cari menu “Symbol” yang berada di pojok kanan atas layar. Tepatnya berada di bawah menu “Equation”. Setelah itu anda bisa klik menu Symbol,  di sebelah kiri atas anda dapat melihat simbol derajat lalu klik. Maka munculah simbol derajat secara otomatis di layar komputer Anda.

  • Dengan Menggunakan Superscript

Di langkah ini yang perlu anda lakukan yaitu mengetik huruf “o” pada ketikan anda, lalu huruf “o” tersebut anda blok. Setelah huruf “o” pada ketikan anda berhasil anda blok, kemudian cari menu “Home” yang berada di pojok kiri atas layar. Setelah itu anda klik menu Home, di layar anda akan terlihat menu Font. Di menu Font tersebut ada simbol x², anda tinggal klik saja simbol tersebut, maka huruf o yang tadi sudah anda blok akan berubah menjadi simbol derajat dengan sendirinya.

Baca Juga:  Penting ! Ubah File Word ke Pdf dengan Mudah Anda agar Tidak Dicuri

Catatan : Jika pada menu Font komputer anda belum ada simbol x², maka harus anda atur terlebih dahulu settingan menu Font anda dengan cara klik tanda panah menghadap kebawah yang terdapat di baris bacaan Font. Setelah itu Anda bisa lihat di “Effects” terdapat list “Superscript”, anda klik list superscript tersebut sampai ada tanda centang lalu klik “OK”.

cara membuat derajat di word

  • Dengan Menggunakan Insert Equation

Langkah ini memudahkan anda untuk menambah simbol-simbol seperti derajat celcius, fahrenheit, Kelvin, Delisle, Newton dan banyak lagi simbol yang bisa anda pilih di layar.

Adapun langkah awal anda pergi ke menu Insert kemudian klik, setelah itu cari menu Equation kemudian klik. Maka akan banyak jenis-jenis simbol yang akan muncul di layar komputer anda dan salah satunya adalah simbol °C. Klik simbol tersebut maka akan muncul di ketikan anda simbol °C dengan sendirinya.

  • Menggunakan Ctrl + Shift + =

Langkah ini termasuk langkah paling mudah untuk anda lakukan. Semisal anda ingin mengetik 45°C, anda cukup mengetik 45oC dan kemudian Anda blok huruf o nya, setelah di blok tekan tombol Ctrl + Shift + = secara bersamaan. Maka huruf o yang tadi anda ketik berubah menjadi simbol derajat secara otomatis.

Nah, ternyata cukup mudah bukan cara membuat derajat di Word setelah anda membaca pembahasan diatas. Mudah-mudahan pembahasan diatas bisa membantu anda mempermudah menginput simbol. Tinggal anda pilih saja cara mana yang paling anda suka dan menurut anda lebih mudah. Selamat mencoba.