Cara Mudah untuk Menyembuhkan Sinusitis

cara menyembuhkan sinusitis

Sinusitis terjadi karena akibat beberapa faktor, penyebab utamanya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau infeksi yang disebabkan oleh virus. Meskipun begitu anda tidaklah perlu terlalu khawatir karena normalnya penyakit ini akan dapat mereda dengan normal di kurun waktu 1 sampai dengan 2 minggu. Namun kita tetaplah harus waspada dan menyadari beberapa langkah yang dapat diambil sebagai treatment. 

 

Terdapat banyak perbedaan yang terjadi dari infeksi sinusitis sendiri, dan penyebab utamanya tentu karena alergi, iritasi atau infeksi. Hal inilah yang membuat peradangan pada dinding sinus sehingga mengalami pembengkakan dan akan menyebabkan turunnya fungsi dari sinus sendiri. Berikut ini ada beberapa cara menyembuhkan sinusitis  yang perlu untuk diketahui:

Mengetahui Penyebab Sinusitis 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ada beberapa penyebab utama sinusitis, dan ini adalah hal yang sangat perlu diketahui oleh banyak orang: salah satu penyebab utama sinusitis adalah infeksi yang diperoleh dari virus. Hal ini terjadi pada saat kita sedang menderita pilek atau flu yang akan menimbulkan pembengkakan pada dinding sinus. 

 

cara menyembuhkan sinusitis

Penyebab kedua adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri, karena bakteri ini menyumbat hidung dan lendir didalam hidung menjadi berlebih yang menyebabkan infeksi akibat lender yang menumpuk. Penumpukan lendir inilah yang menjadi penyebab utama bertumbuhnya kuman dan menyebabkan infeksi virus.  

 

Penyebab selanjutnya adalah karena infeksi jamur karena menurunnya sistem imunitas tubuh yang menyebabkan sinus menjadi jauh lebih lembab dan menimbulkan peradangan. Alergi yang terjadi juga bisa memicu infeksi sinus. Hal-hal yang dapat menimbulkan alergi seperti berasal dari bulu hewan, serbuk sari tanaman, debu atau tungau. Cara menyembuhkan sinusitis adalah sebagai berikut:

 

Baca Juga:  4 Cara Menyembuhkan Cegukan yang Ampuh dan Cepat

Penyembuhan Sinusitis

Kabar baiknya, sinusitis dapat diatasi dengan cukup mudah dan pengobatan di dokter terbilang tidak terlalu diperlukan untuk kasus sinusitis ringan sampai dengan sedang. Berikut ini adalah beberapa cara menyembuhkan sinusitis yang dapat diterapkan dengan mudah dirumah:

 

Hal pertama yang perlu untuk dilakukan adalah memastikan bahwa anda mendapatkan jam istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk terhidrasi dengan cukup dengan cara mengkonsumsi air minum kurang lebih sekitar 2 liter. Jika anda memiliki reaksi alergi terhadap hal tertentu seperti bulu hewan, debu atau serbuk tanaman. Sebisa mungkin sangat dianjurkan untuk menghindari segala pemicu yang dapat menimbulkan alergi.

 

Cara penyembuhan sinusitis lainnya adalah dengan stop merokok dan sebisa mungkin untuk menghindari terpapar asap rokok. Anda juga bisa secara berkala melakukan pembersihan hidung dengan menggunakan larutan air garam atau NaCl yang bisa didapatkan di apotek untuk mengurangi dan menghilangkan pembengkakan di area sinus. 

 

Meredakan Infeksi Sinusitis

Cara lainnya untuk meredakan infeksi sinusitis adalah dengan memakai alat humidifier untuk mendapatkan cukup tingkat kelembapan di udara sekitar ruangan anda. Untuk beberapa kasus sinusitis yang disertai dengan rasa nyeri di area mata, pipi atau dahi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi obat Pereda nyeri. 

 

Jika gejala sinusitis masih terus berlanjut seperti nyeri pada daerah kepala atau hidung yang terus tersumbat atau mengalami batuk dan demam. Anda perlu segera untuk pergi ke dokter. Biasanya obat yang diterima adalah beruba obat tetes hidung untuk meredakan bengkak yang terjadi di area hidung juga obat antibiotik lainnya. 

 

Untuk cara menyembuhkan siinusitis pada kasus sinusitis yang terus berkepanjangan meskipun anda sudah menjalani treatment dan pengobatan, yang perlu anda lakukan adalah dengan mendapatkan perawatan langsung ke dokter THT. Untuk kasus sinusitis berat diperlukan tindakan serius seperti mengeluarkan nanah yang dilakukan lewat operasi demi kelancaran produksi lendir pada sinus.