Cara Menanam Kangkung di Polybag Untuk Menghasilkan Sayuran Organik Vitamin Tinggi

cara menanam kangkung di polybag

Siapa yang suka dengan sayuran ca kangkung?

Sayuran dengan nama latin Ipomoea aquatica sp ini memiliki rasa dan aroma yang khas, setiap orang yang ingin diet, merasa terganggu tidur malamnya disarankan untuk memakan sayuran kangkung darat. Efek selenium tinggi membuat orang merasa mudah mengantuk.

Ingin menanam kangkung, ikuti cara menanam kangkung di polybag yuk!

  1. Siapkan polybag dan tanah humus

Polybag dijual murah dan mudah diperoleh, Anda bisa membelinya di toko alat dan bahan pertanian. Polybag membantu Anda menanam tanaman dengan lahan terbatas, tidak kotor serta bisa dijadikan tanaman hias depan rumah. Siapkan tanah biasa yang dicampur 7 hari sebelumnya dengan pupuk kompos. Sebenarnya, pemakaian pupuk boleh dari jenis organik atau non organik tetapi akan lebih nyaman dan aman jika memakai pupuk organik. Kadar pupuk kompos dengan tanah biasa adalah 3:1, 3 sendok pupuk dan 1 sendok tanah.

Masukkan campuran tanah humus ke dalam polybag 75%. Jangan berikan air!

  1. Siapkan benih

Benih atau biji kangkung juga sangat murah, Rp. 10 ribuan saja. Anda bisa menyemaikan atau menanam benih kangkung di area persemaian dahulu kemudian dipindah ke polybag atau langsung ditanam ke polybagnya. Kangkung termasuk tanaman yang cukup bandel dan tahan hama, mudah, cepat panennya. Hanya sekitar 30 hari, Anda sudah bisa mendapatkan kangkung tuanya. Artinya sebelum masa 30 hari, Anda bisa memanen kangkung muda. Rasanya juga lebih enak.

  1. Siapkan peralatan pertanian 

Peralatan pertanian kangkung, seperti cangkul kecil, sendok tanah digunakan untuk mengambil tanah dan menata di polybag. Peralatan sederhana lainnya seperti teko penyemprot untuk air, teko siraman hama, dan wadah untuk meletakkan polybag.

Masukkan benih kangkung yang telah diseleksi di kedalaman 10 cm. Jangan ditekan kuat cara menanam kangkung di polybag ya?

Baca Juga:  Cara Menanam Sawi di Polybag Agar Tahan Hama

Benih kangkung yang bagus memiliki warna hitam pekat, hitam kecoklatan, mengkilap, dan keras. Untuk membedakan benih bagus dan jelek, Anda celupkan ke dalam air. Apabila benih tenggelam atau melayang Anda ambil, sisa benih yang terapung jangan diambil.

cara menanam kangkung di polybag

  1. Tempatkan area kaya sinar

Benih yang selesai ditanam, jangan diberikan air. Biarkan hingga esok paginya, untuk menyiramnya setiap pagi sebelum jam 06.00. Usahakan kangkung tercukupi kebutuhan airnya, jika Anda menanam kangkung darat tidak perlu banyak disiram.

Masa panen 25 hari, untuk mencabutnya Anda tinggal potong bagian pangkal akar atau langsung dicabut saja. Jika ingin menanam kangkung lagi, Anda keluarkan tanah dari polybag dan campur lagi dengan pupuk kompos.

Bagaimana agar kangkung gemuk?

Nah, ada rahasianya ya, jangan terlalu banyak menaruh benih kangkung dalam satu polybag karena menyebabkan nutrisi berkurang. Maksimal 5 benih cara menanam kangkung di polybag karena nantinya kangkung akan tumbuh cabang lainnya lagi. Selain itu, terus berikan sinar matahari secara langsung untuk memperbesar daun dan batang. Berikan juga pupuk organik dari sisa daun atau kotoran ayam yang telah lama.

Jangan lupa untuk mencabut rumput liar atau gulma yang tumbuh di sekitar akar kangkung.

Bagaimana jika musim hujan?

Jangan berikan siraman saat musim hujan, jika polybag ditempatkan di area mudah luar dan terkena air hujan. Terlalu banyak air untuk kangkung darat menjadikan akarnya membusuk dan gagal panen.

Kangkung darat cukup kuat terhadap serangan hama, namun jika Anda mengalami serangan segera lakukan tindakan pengambilan hama atau memasang jaring perangkap.