Cara Membuat Email di Gmail Dengan Mudah

cara membuat email di gmail

Gmail merupakan email service provider yang paling banyak digunakan di dunia sekarang ini. Sebelum Gmail, email service provider Yahoo sempat sangat merebak. Dengan inovasi-inovasi Google, Gmail berhasil merebut hati orang Indonesia bahkan dunia dari tahun ke tahun.

Orang banyak menggunakan Gmail karena berbagai alasan, mulai dari luasnya akses, termasuk cara membuat email di Gmail yang sangat sederhana namun tetap aman.

Berdasarkan situs survei Statista pada tahun 2019, Gmail merupakan email service provider kedua yang paling populer di dunia setelah Apple iPhone. Walaupun begitu, karena kedigdayaan Google makin naik dari tahun ke tahun, Gmail menjadi email service provider yang dinilai terbaik sedunia.

gmail

 

Mengapa Anda Perlu Membuat Email?

Sampai sini jika anda belum memiliki email dan hanya penasaran saja, kami sangat menyarankan anda untuk membuatnya, utamanya di Gmail. Kenapa sih anda perlu membuat email? Bukan hanya untuk terlihat kekinian, inilah fungsi utamanya:

  1. Email Sebagai Identitas Diri
    Jika secara offline anda memiliki identitas diri seperti KTP, KK, SIM, maka di dunia maya anda memiliki email sebagai identitas diri. Bahkan KTP saja sekarang elektronik, bukan? Namanya menjadi e-KTP. Anggap saja begini, anda memiliki SIM untuk lisensi berkendara, maka anda juga memerlukan alamat email sebagai lisensi untuk berkirim surat secara elektronik.
  2. Email Sebagai Media Pemasaran
    Email sebagai media pemasaran erat kaitannya dengan perubahan pola hidup manusia dan tren kekinian. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak peluang yang bisa anda dapatkan melalui email. Melalui email anda dapat mengirimkan lamaran pekerjaan ke perusahaan impian, menghubungi klien usaha anda secara sopan dan efisien, serta menerima berbagai kabar penting dari website langganan anda, misalnya beasiswa, perkumpulan-perkumpulan, dan lain sebagainya.
    Dengan kata lain, email yang merupakan identitas diri anda juga menjadi sarana pemasaran diri anda. Bukan hanya medsos tempat memasarkan diri, lho. Bahkan, untuk memiliki medsos anda seringnya juga perlu email, bukan?
  3. Email Sebagai Master Key
    Fungsi terakhir ini sangat bermanfaat. Berbagai email service provider kini telah terhubung dengan website dan aplikasi yang dapat membantu kerja manusia. Contohnya Google My Business yang memungkinkan bisnis anda ditemukan orang sekitar lewat Google. Untuk memiliki akses Google My Business anda perlu memiliki email Gmail keluaran Google. Contoh lainnya ketika anda ingin menggunakan website, anda dapat dengan mudah klik Sign-in with email atau masuk dengan email. Kepraktisan ini jelas sangat menghemat waktu anda. Email sudah menjadi master key untuk mengakses berbagai fasilitas di dunia maya.
Baca Juga:  Cara Mengubah JPG Ke PDF dengan Simpel dan Cepat

 

kenapa harus gmail

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Email Gmail?

Ada banyak alasan kenapa anda perlu menggunakan Gmail, diantaranya :

  1. Alasan utamanya adalah dengan Gmail anda akan memiliki akses untuk Google dan seluruh fiturnya yang dapat bermanfaat untuk bisnis dan pribadi.
  2. Anda juga dapat dengan mudah login ke berbagai website tanpa harus repot-repot mengisi form sign-up, cukup klik pilihan “Sign-in dengan Google”.
  3. Dengan Gmail anda dapat membuka email dimana saja dan dengan berbagai perangkat dengan mudah, termasuk smartphone anda.
  4. Anda dapat menggunakan keyboard shortcut di Gmail untuk membuka surel lebih cepat. Caranya adalah dengan klik Setting, klik pilihan anda di sebelah Keyboard shortcuts.
  5. Anda dapat mengkustomisasi tema Gmail anda sesuai selera estetika. Caranya adalah klik Settings, klik Themes, pilih tema yang anda sukai.
  6. Gmail memiliki label yang memungkinkan anda mengelola penggolongan email masuk. Dengan label anda dapat dengan mudah memfilter email masuk. Gmail juga memiliki fitur Starring messages untuk menata kotak masuk anda.
  7. Anda dapat menggunakan Google search yang ada di dalam Gmail untuk mencari email tertentu, terlepas itu ada di kotak masuk atau kotak terkirim.
  8. Anda akan mendapatkan banyak space di Gmail, 15 GB untuk penggunaan gratis.
  9. Anda dapat mengelola email yang tidak diinginkan dengan mudah. Caranya adalah menandai sender tersebut sebagai spam. Email selanjutnya dari sender yang sama otomatis akan masuk ke dalam spam.
  10. Email yang saling berbalas dapat ditampilkan seperti percakapan di aplikasi chatting. Dengan begitu, anda akan lebih mudah tracking email.
  11. Gmail tidak memasang iklan yang mengganggu seperti beberapa kompetitornya.

 

cara membuat email di gmail

Cara Membuat Email di Gmail

Cara Membuat Email di Gmail sangat mudah. Karena fleksibilitasnya anda dapat menggunakan berbagai macam perangkat mulai dari smartphone hingga Personal Computer (PC). Ada dua cara yang akan kami tunjukkan di artikel ini, yaitu melalui website Gmail dan melalui Akun Google.

Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Atau Sementara Terlengkap dan Anti Ribet

Melalui website Gmail

  1. Buka browser anda, masukkan mail.google.com
  2. Klik Create account.
  3. Anda juga bisa masuk melalui aplikasi Gmail.
  4. Isi data diri anda dengan lengkap sesuai formulir yang ada. Pilih nama username anda.
  5. Jika ada keterangan “That username is taken. try another.” itu artinya username yang anda ajukan sudah digunakan oleh orang lain. Gunakan username yang berbeda sampai ada keterangan centang hijau.
  6. Periksa lagi isian formulir anda, jika sudah benar, klik Next Step.
  7. Pada kotak agreement, klik kotak I agree.
  8. Proses pendaftaran Gmail sudah selesai dan anda akan dialihkan ke akun Gmail anda.

Melalui Google Account

Seperti yang sudah ditulis di atas, akun Gmail merupakan master key, utamanya untuk Google. Untuk membuat akun Google, anda perlu menggunakan email. Dengan begitu, ketika anda membuat akun Google, sama saja dengan anda membuat email. berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka browser anda, masuk ke accounts.google.com/signup
  2. Jika anda menggunakan browser Chrome, anda juga dapat klik ikon avatar di kanan atas dan pilih Add.
  3. Jika anda menggunakan smartphone, anda dapat masuk ke menu Setting, Account, pilih Add Account. Cari ikon Google, pilih sign-in, pilih create new account.
  4. Setelah masuk ke halaman formulir, isi identitas diri anda, pilih username anda. Jika ada keterangan “That username is taken. try another.” itu artinya username yang anda ajukan sudah digunakan oleh orang lain. Gunakan username yang berbeda sampai ada keterangan centang hijau. Setelah itu klik Next.
  5. Di halaman verifikasi nomor, masukkan nomor ponsel anda. Klik Next.
  6. Anda akan menerima kode verifikasi SMS. Masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia. Jika masih tidak bisa, klik pilihan Call instead.
  7. Anda akan diminta memasukkan informasi tambahan berupa alamat email untuk cadangan kontak, namun pilihan ini opsional. Isi identitas kelahiran anda dan jenis kelamin. Setelah itu klik Next.
  8. Anda akan dimintai izin akses fitur-fitur tambahan. Jika anda setuju klik Yes, I’m in. Jika tidak, klik Skip.
  9. Di Privacy and Terms, klik I agree.
  10. Proses pendaftaran akun selesai, anda akan dialihkan ke akun Google anda.
Baca Juga:  4 Cara Menambahkan Font ke Photoshop yang Bisa Dilakukan Siapa Saja

 

Nah, sebenarnya sangat mudah kan cara membuat email Gmail? Dengan segala keuntungan yang ada, membuat email Gmail merupakan investasi yang sangat perlu dilakukan. Jika anda merasa artikel Cara Membuat Email di Gmail Dengan Mudah bermanfaat untuk anda, jangan lupa share artikel penting ini ke teman anda ya! Terimakasih!