Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows 10, Intip Yuk Cara Mudahnya

cara melihat spesifikasi laptop windows 10

Cara melihat spesifikasi laptop windows 10 bertujuan untuk mengetahui detail informasi laptop yang sedang kita gunakan. Detail informasi ini sangat penting untuk kita ketahui, karena dengan kita tahu informasi detail dari laptop kita, maka akan mudah untuk kita saat ingin memasang aplikasi program ke dalam laptop.

Tak hanya sekedar untuk memasang suatu aplikasi program, saat kita ingin meningkatkan komponen dari komputer kita, seperti RAM atau storage, maka wajib hukumnya untuk kita mengetahui spesifikasi atau detail informasi dari laptop yang kita pakai.

Lalu bagaimana cara melihat spesifikasi laptop windows 10 ? untuk melihat spesifikasi laptop pada windows 10, terdapat beberapa cara mudah yang bisa kalian coba. Untuk lebih jelasnya langsung simak dibawah ini ya.

Melalui system properties

Cara melihat spesifikasi laptop windows 10 yang pertama yaitu melalui system properties. Cara ini merupakan cara yang paling dasar dan banyak orang yang sering melakukannya. Namun ketika kita menggunakan sistem properties, maka kita hanya bisa mengetahui spesifikasi dari tipe CPU dan juga kapasitas RAM yang digunakan pada laptop kita saja. Nah untuk cara-caranya adalah :

  1. Buka windows explorer pada laptop kita
  2. Lalu pilih this PC
  3. Pada bagian this PC, klik kanan kemudian klik properties

DXDIAG

DXDIAG merupakan sebuah perintah pada windows yang berfungsi untuk mengecek suatu informasi detail dari sistem windows yang digunakan. Jika menggunakan DXDIAG maka kita bisa melihat versi dari windows yang kita gunakan, spesifikasi laptop berupa CPU RAM dan masih banyak lagi, hingga versi BIOS yang ada pada laptop kita. Adapun caranya :

  1.     Ketik run pada kolom search di laptop kita
  2.     Lalu ketik lagi DXDIAG dan klik OK
  3.     Lalu akan muncul jendela dari DXDIAG yang isinya tentang informasi detail dari laptop kita
  4.     Untuk melihat info VGA, klik tab display
Baca Juga:  Cara Mudah Mailing Excel ke Word

cara melihat spesifikasi laptop windows 10

sistem informasi windows 10

Cara selanjutnya untuk mengetahui cara melihat spesifikasi laptop windows 10  lainnya adalah melalui fitur sistem informasi windows 10 yang dimiliki oleh laptop kita. Saat menggunakan fitur ini, maka kita bisa melihat tipe laptop yang kita gunakan, CPU, type board yang dipakai oleh laptop, total RAM, tipe BIOS yang digunakan, tipe harddisk dan masih banyak lagi ya teman. Adapun cara saat menggunakan fitur sistem informasi adalah :

  1. Ketik system information pada kolom search yang ada pada laptop kita
  2. Lalu buka aplikasi dari system information
  3. Jika sudah terbuka, maka selanjutnya buka kategori system summary, disini kita bisa melihat spesifikasi dasar dari laptop yang kita gunakan
  4. Nah untuk melihat informasi lainnya, maka buka subcategory lain.

Fitur About your PC

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur about your PC. Sama halnya dengan fitur sistem informasi, fitur about your PC juga merupakan fitur bawaan dari windows 10 yang sedang kalian gunakan. Pada fitur ini kalian bisa mengetahui tentang model dan nama laptop yang sedang kalian gunakan. Melihat spesifikasi processor, RAM, jenis sistem yang digunakan, dan masih banyak lagi ya. Adapun caranya :

  1. Ketik about your PC pada kolom search yang ada pada laptop kita
  2. Lalu buka aplikasi dari fitur about your PC
  3. Lalu akan keluar jendela informasi yang menampilkan sejumlah spesifikasi inti dari laptop yang kita gunakan

Pada fitur about your PC ini, pada bagian device specifications akan menampilkan sejumlah spesifikasi inti laptop yang kita gunakan. Pada bagian windows specification menampilkan versi OS yang terpasang di laptop kita, termasuk versi dan tanggal pemasangan dari OS yang kita gunakan.

Baca Juga:  Cara Mudah dan Cepat Cek Nomor Telkomsel Tanpa Ribet