Begini Cara Melacak iPhone yang Offline atau Mati

ccara melacak iphone

“Bagaimana cara melacak iPhone hilang?” Jadi hal pertama yang muncul dipikiran para pengguna iPhone saat kehilangan gadget kesayangannya. Mungkin bagi para pengguna device garapan Apple yang sudah veteran, bisa langsung tahu apa yang harus dilakukan. Nah, bagaimana untuk pengguna baru? Pasti bakal panik dulu, dong. Tetap tenang, karena iPhone sudah dibekali dengan fitur Find My, yang mulai serius dikembangkan sejak iOS 13 lalu. Gunanya untuk melacak keberadaan iPhone.

Fitur Find My di iOS

Sedikit mundur ke belakang mengenai Find My yang sudah ada dari iOS 13. Fitur yang paling menyita perhatian dan menjadi perbincangan dari gawai Apple kala itu. Memang bukan fitur baru untuk gawainya, namun Apple mengembangkan fungsinya lebih maksimal. Mengapa bisa begitu? Karena mulai iOS 13 fitur Find My adalah penggabungan dari dua fitur, yaitu Find My iPhone dan Find My Friends yang ada di iOS – iOS sebelumnya.

Menggabungkan dua fitur tersebut menjadi satu fitur yang disebut Find My. Karena kombinasi dua fungsi fitur dari Find My iPhone dan Find My Friends, fungsi utamanya tetap sama dalam satu fitur aplikasi baru yaitu Find My. Merupakan salah satu fitur untuk melacak iPhone atau perangkat lain yang menggunakan iOS.

Lacak iPhone yang Hilang

Dari pemberitaan terbaru pada saat perilisan iOS 15 baru – baru ini, Apple dikabarkan dalam pengembangan untuk melacak device yang offline atau mati. Karena banyaknya pertanyaan mengenai cara melacak iPhone yang hilang saat offline, dalam keadaan baterai mati atau perangkat dimatikan. Kini memungkinkan untuk bisa melacak device Apple dalam keadaan mati atau offline. Dengan menggunakan fitur lokasi dari teknologi baru bluetooth yang dikembangkan Apple.

Baca Juga:  Cara Mengubah JPG Ke PDF dengan Simpel dan Cepat

Pastikan sedari awal penggunaan device, fitur ini sebaiknya tetap diaktifkan. Cara mengaktifkan fitur Find My:

  1. Buka Settings pada home screen.
  2. Ketuk Profil Nama yang ada di paling atas.
  3. Pilih Find My.
  4. Pastikan indikator Find My iPhone sudah ON, jika masih OFF, ketuk untuk melanjutkan pengaturannya.
  5. Selanjutnya aktifkan indikator Find My iPhone.
  6. Selanjutnya, aktifkan Find My Network, fitur ini yang memungkinkan untuk melacak device yang dalam keadaan offline. Serta bisa melacak device lain yang terhubung pada akun device.
  7. Aktifkan juga Send Last Location, yang otomatis mengirimkan lokasi terakhir dari perangkat ke Apple sebelum iPhone offline.

Melacak iPhone Offline atau Mati

Ada tiga cara melacak iPhone yang bisa digunakan, yaitu menggunakan device lain seperti iPhone lain atau iPad, menggunakan gawai milik orang lain, dan menggunakan MacBook.

ccara melacak iphone

Cara 1: Menggunakan Device iPhone lain atau iPad

Jika memiliki lebih dari dua atau lebih gawai buatan Apple dan menggunakan akun iCloud yang sama, maka iPhone yang hilang bisa dilacak lewat device lain. Caranya:

  1. Buka aplikasi Find My.
  2. Buka tab Devices, maka akan muncul daftar perangkat yang tersinkron dengan akun iCloud yang sama.
  3. Ketuk pada nama perangkat yang hilang.
  4. Setelah terdeteksi lokasinya, maka icon perangkatnya akan muncul di peta.
  5. Tombol Directions akan muncul, jika perangkat yang berada lokasi yang jauh dari lokasi perangkat yang digunakan untuk melacak.
  6. Jika diperlukan aktifkan Play Sound, agar bisa ditemukan saat berada disekitar lokasi gawai yang hilang tersebut.

Cara 2: Menggunakan Gawai milik Orang Lain

Jika tidak memiliki perangkat lain yang tersinkron dengan gawai yang hilang, bisa minta bantuan pada teman atau saudara untuk melacak. Dengan kata lain melacak device menggunakan akun orang lain, caranya:

  1. Buka aplikasi Find My.
  2. Kemudian buka tab Me.
  3. Dipaling bawah ada tautan Help  a Friend option, ketuk, maka akan diarahkan ke iCloud webpage di Safari browser. Dan muncul pesan “Do you want to sign in to iCloud.com with your Apple ID?” lalu pilih “Use Different Apple ID”.
  4. Masuk menggunakan iCloud ID dan password.
  5. Kemudian ikuti instruksi untuk melacak iPhone yang hilang.
Baca Juga:  Cara Mudah Mailing Excel ke Word

Cara 3: Menggunakan MacBook

Untuk pengguna veteran, memiliki lebih dari dua gawai Apple adalah lumrah. Dan yang paling sering menggunakan iPhone dan MacBook, sehingga akan memudahkan untuk saling backup data. Melacak iPhone juga bisa dilakukan melalui perangkat MacBook, caranya:

  1. Buka browser dan masuk ke icloud.com.
  2. Kemudian Login menggunakan akun iCloud.
  3. Pada tampilan awal, klik menu Find iPhone.
  4. Klik pada All Devices, tunggu hingga muncul semua daftar device yang menggunakan akun iCloud yang sama.
  5. Pilih nama device yang hendak dilacak.
  6. Kemudian akan muncul icon iPhone yang dimaksud pada Maps.