2 Cara Membuka Password Excel dengan Mudah

cara buka password excel cara buka password excel

Kalau kita mengunduh file Excel di internet, banyak diantaranya kita temui terlindungi dengan password. Karena orang yang mengunggah file – file ini ingin rumus formulanya tidak diotak – atik oleh orang lain. Sehingga file excel yang di password ini jadi tidak bisa di edit sehingga formula dan data di dalam file tersebut tidak akan berubah. Tapi jangan panik, sekarang ada cara membuka password excel yang bisa digunakan jika kita ingin mengetahui data dan formula dari file – file ini.

Kenapa Di Password?

File excel juga dapat diproteksi dengan password yang tujuannya agar orang – orang tidak bisa mengubah data dan formula dari file itu. Jika file excel sudah diproteksi dengan password, maka tidak semua orang bisa mengubah isi file-nya kecuali yang mengetahui apa password yang digunakan dari file ini. Fitur proteksi untuk file excel memang sangat berguna, tapi apa tidak pernah terpikirkan jika suatu saat kita lupa dengan password-nya? Padahal file tersebut penting dan memerlukan perubahan data atau perlu diedit isinya.

Cara Membuka Password Excel

Cara membuka password excel bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti menggunakan aplikasi pendukung maupun tidak, atau membuka password excel via website. Tinggal pilih mana yang paling mudah dan kita memahami langkah – langkahnya. Pada artikel ini kita hanya akan membahas dua langkah, yaitu tanpa menggunakan software dan via website yang direkomendasikan.

cara buka password excel cara buka password excel

Cara Membuka Password Excel Tanpa Software

Yang pertama kita bisa membuka password excel secara langsung dan tanpa harus mencari software lain untuk membuka proteksinya. Kalau kita tidak tahu password yang dipakai, berikut ini cara yang diikuti untuk membukanya:

  1. Buka file excel yang di password.
  2. Kemudian,  tekan Alt + F11 pada keyboard untuk menjalankan Visual Basic.
  3. Klik Insert > pilih Module.
  4. Pada form modul, salin – tempel kode berikut,
Baca Juga:  Berikut Ini Cara Mudah Membuat Derajat Di Word Yang Perlu Diketahui

Sub InternalPasswords()
Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
Dim l As Integer, m As Integer, n As Integer
Dim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As Integer
Dim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As Integer
On Error Resume Next
For i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66
For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66
For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66
For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126
ActiveWorkbook.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)
ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)
If ActiveWorkbook.ProtectStructure = False Then
If ActiveWorkbook.ProtectWindows = False Then
If ActiveSheet.ProtectContents = False Then
Exit Sub
End If
End If
End If
Next: Next: Next: Next: Next: Next
Next: Next: Next: Next: Next: Next
End Sub

  1. Pilih Sheet yang ingin dibuka, kemudian klik Run Macro atau tekan tombol F5.
  2. Maka muncul satu window Macro, kemudian klik Run.
  3. Dan voilà, password excel telah berhasil terbuka.

Tunggu sampai prosesnya selesai. Waktu untuk memproses membuka password ini tergantung besar atau kecil filenya, semakin besar ukuran file-nya maka makin lama waktu yang diperlukan untuk memprosesnya.

Cara Membuka Password Excel via Web

Selain dengan metode modul visual basic, membuka file excel yang di password via web. Kita hanya perlu mengunggah file excel tersebut ke web, dan web akan memproses secara online untuk membuka password-nya. Salah satu web yang sering direkomendasikan adalah excel.xartivex.com. Website ini akan membantu kita untuk membuka password file excel secara online. Caranya sangat mudah:

  1. Buka alamat xartivex.com pada browser.
  2. Kemudian unggah file excel yang di password ke xartivex.com.
  3. Setelah mengunggah file tersebut, dan tunggu proses ekstraksi password secara online. Kita bisa mengunduh file yang sudah terekstraksi password proteksinya.
Baca Juga:  4 Cara Melacak HP yang Hilang dengan Mudah

Website ini telah terbukti berhasil mengekstaksi password semua jenis dokumen dan file termasuk excel. Dan banyak menjadi rekomendasi sebagai cara membuka password excel yang pertama terucap di banyak kalangan. Perlu diketahui juga, excel.xartifex.com ini pun mampu membuka password hingga yang memiliki tingkat kerumitan cukup tinggi.

Begitulah dua cara membuka password excel paling mudah yang bisa kita lakukan tanpa ribet dan tak sampai keluar keringat. Dengan ini kita bisa membuka password file excel secara langsung tanpa perlu mengetahui passwordnya terlebih dahulu.