Yuk Mengetahui Cara Menanam Singkong Yang Baik Dan Benar

cara menanam singkong

Singkong merupakan salah satu pilihan makanan pokok yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk makanan. Namun untuk anda yang ingin sekali mengetahui cara menanam singkong, yuk simak ulasannya berikut ini.

Cara Menanam Singkong dengan Menyiapkan Bibit

Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu menyiapkan bibit singkong yang berupa stek batang di bagian bawah hingga tengah. Tentunya bibit yang digunakan berasal dari tanaman singkong induk yang telah berumur 10 hingga 12 bulan, yang memiliki diameter mencapai 2,5 cm. Nah, jangan lupa untuk memastikan tanaman induk yang dipilih belum ditumbuhi dengan tunas-tunas baru. Dan yang paling penting adalah jumlah bibit yang nantinya akan ditanam perlu disesuaikan dengan luas lahannya ya.

Siapkan Media Tanam

Cara menanam singkong yang benar berikutnya adalah anda perlu menyiapkan media tanamnya. Anda perlu membersihkan lahan atau media tanam dari gulma, kemudian lakukan pembajakan tanah, dan bentuklah bedengan tanah. Nah, ketika tanah sudah selesai anda garap, maka taburkan kaptan (CaCO3) yang memiliki dosis 1 hingga 2,5 ton per ha. Tahukah anda apa fungsi pengapuran ini? Nah, fungsinya sendiri adalah agar dapat menaikkan kadar pH dari tanah yang asam.

Menanam Bibit

Bibit tanaman singkong sudah ada, dan tanah juga sudah siap. Kini saatnya anda menanam bibitnya. Bagaimana caranya? Mudah kok. Di ujung bawah dari stek batang diruncingkan, kemudian tanam bibit dengan kedalaman 5 hingga 10 cm. Jika tanahnya lembab atau berair, stek batang tidak perlu ditancapkan terlalu dalam.

cara menanam singkong

Melakukan Pemeliharaan

Cara menanam singkong tak akan efektif ketika anda tidak melakukan pemeliharaan. Sehingga supaya tanaman singkong bisa tumbuh dengan baik, maka anda pun perlu melakukan pemeliharaan. Pertama, melakukan pencabutan gulma. Tentunya anda perlu mencabut berbagai rumput liar agar menjaga tanaman singkong tetap tumbuh dengan baik.

Baca Juga:  Bingung Cara Menanam Jahe Agar Hasil Melimpah? Simak Caranya Berikut Ini!

Kedua, penyiraman. Nah, penting banget nih anda ketahui bahwa dalam membudidayakan singkong, kondisi tanah harus memiliki tingkat kelembaban yang baik. Ya, tidak terlalu becek dan juga tidak terlalu kering. Untuk cara penyiraman tanaman ini adalah dengan pengairan menggunakan sistem genangan yang akan dilakukan hanya dua minggu sekali. Sehingga jangan menyiramnya langsung air ke atas tanaman singkong ini ya.

Membasmi Hama

Tahukah anda bahwa jenis hama yang sering ditemukan pada tanaman singkong mulai dari tungau merah dan hama uret. Hama uret ini terletak di dalam akar, yang selanjutnya membuat akar batang serta umbi rusak, yang membuat tanaman mati sebelum panen. Nah, untuk mengatasi hal ini, anda bisa membersihkan sisa dari bahan organik di awal masa tanam.

Selain itu, anda juga dapat mencampur cairan insektisida pada saat dilakukannya tahap pengolahan tanah (yaitu sebelum bibit ditanam). Bagaimana dengan hama tungau merah? Untuk mencegah datangnya hama tersebut, pilihlah bibit yang berkualitas yang memang toleran terhadap hewan tersebut.

Memanen

Cara menanam singkong yang baik yang sudah diterapkan selama 6 hingga 12 bulan masa penanaman sudah bisa dipanen. Nah, untuk varietas tanaman singkong genjah, tanaman ini dapat dipanen ketika berumur 6 hingga 8 bulan. Cara panen hanya dilakukan dengan mencabut batang dan umbi singkongnya ya. Caranya adalah dengan menggunakan cangkul ataupun garpu tanah.

Setelah mengetahui berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas, gimana mudah kan cara menanam singkong? Yuk coba menanamnya di rumah.