Penting ! Ubah File Word ke Pdf dengan Mudah Anda agar Tidak Dicuri

cara mengubah word ke pdf dengan beberapa cara

Kemampuan menggunakan teknologi dengan benar menjadi hal yang sangat penting untuk Anda kuasai saat ini. Salah satunya cara mengubah word ke pdf. Jika Anda adalah pelajar baik siswa, mahasiswa, bahkan pekerja kantoran sekalipun sudah pasti akan melakukan proses pemindahan file dari Microsoft Word  ke Portable Document Format (PDF). Biasanya file dari word dipindah karena beberapa alasan, bisa jadi untuk memperkecil ukuran file agar tidak terlalu besar ketika dikirim atau untuk memudahkan pembaca dan memberikan proteksi bagi dokumen penulis agar tidak mudah diubah atau dicuri oleh orang lain. Oleh karena itu sangat penting untuk Anda mempunyai kemampuan ini.

Sebelumnya, Microsoft word sendiri merupakan program perangkat lunak pengolah kata yang dapat membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Perlu diketahui juga bahwa Microsoft word merupakan perangkat lunak pengolah kata terpopuler dan terbaik di dunia. Maka dari itu, hamper setiap orang yang berkebutuhan dengan teks sudah dipastikan menggunakan perangkat lunak ini.

Lalu apa itu PDF? Hampir sama dengan Word, PDF merupakan format dokumen yang digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen digital, presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri atas huruf, grafik, teks, vektor, dan citra. Berbeda dengan Word, dokumen berformat PDF lebih fleksibel dan dapat dikunci sehingga cenderung lebih aman.

Dokumen berformat PDF dapat dikatakan sebagai pilihan terbaik ketika Anda ingin mengirimkan sebuah dokumen yang sudah fix disertai tampilan menarik dari hasil kerja Anda. Penggunaan dokumen berformat PDF juga tergolong lebih mudah ketika dikirim ke email karena biasanya memiliki ukuran lebih kecil daripada format-format yang lain. Maka dari itu pengubahan format Word ke PDF sangat lebih baik Anda lakukan untuk mengantisipasi berbagai keburukan pada tugas Anda!

Nah untuk mengubah Word ke PDF, Anda tidak perlu bingung untuk melakukannya. Disini akan dijelaskan berbagai cara mengubah word ke pdf dengan mudah tanpa ribet dan susah payah,  diantaranya :

 

1. Cara mengubah Word ke PDF dengan Perangkat Lunak Microsoft Word

ubah word ke pdf dengan microsoft word

Mengubah Word ke PDF dapat dilakukan secara offline tanpa aplikasi dengan menggunakan Microsoft Word. Ketika Anda selesai menulis, mengedit dokumen kemudian Anda dapat menyimpan secara langsung menggunakan format pdf. Perlu diketahui, hanya fitur Microsoft Word versi 2007 ke atas yang dapat melakukan penyimpanan format PDF ini ya. Jadi pastikan komputer Anda tahun microsoftnya 2007 ya!

Berikut ini Langkah-langkah mengubah Word ke PDF menggunakan Microsoft Word:

  1. Ketika sudah membuka Microsoft Word, bukalah dokumen yang ingin Anda ubah dengan meng-klik tab “File” pada tampilan layar Microsoft Word.
  2. Klik opsi “Save As” dari daftar yang berada di sebelah kiri.
  3. Pada opsi Save As, pilih dan klik tempat yang Anda inginkan untuk menyimpan PDF (OneDrive, PC, folder tertentu, atau di mana pun)
  4. Selanjutnya, Anda dapat mengklik anak panah “dropdown” pada sisi kanan kotak “Save as type“, kemudian pilih “PDF (* .pdf)” yang ada di menu dropdown.
  5. Setelah itu pilih dan klik tombol “Save“.

Dokumen Anda akan tersimpan sebagai dokumen berformat PDF, Kemudian Anda akan kembali ke dokumen Word dan dokumen  PDF baru secara otomatis akan terbuka di penampil PDF default Anda.

Baca Juga:  2 Cara Membuka Password Excel dengan Mudah

 

2. Cara Mengubah Word ke PDF dengan Situs Smallpdf

konversi word ke pdf dengan smallpdf

Ada berbagai Situs yang dapat mengubah Word ke PDF salah satunya Smallpdf. Selain mengubah Word ke PDF, Smallpdf juga bisa mengubah format fail sebaliknya yakni PDF ke Word. Istilah pengubahan ini sering kita sebut sebagai konversi (perubahan).  Smallpdf bekerja sangat mudah tanpa ribet dengan cukup hanya mengunggah file   kemudian Smallpdf akan mengkonversi file Word Anda  menjadi PDF.

Berikut Langkah-langkah mengubah Word ke PDF dengan Smallpdf:

  1. Buka situs website Smallpdf dengan mengetik https://smallpdf.com/word-to-pdf pada kolom pencarian di google
  2. Arahkan atau Drag file Word-mu menuju bagian unggah file pada situs Smallpdf
  3. Situs secara otomatis mulai melakukan proses konversi.
  4. Biarkan situs menyelesaikan konversi. Setelah selesai konverter dapat dipastikan mengubah Word ke PDF.
  5. Selesai itu Anda dapat mengunduh file PDF.

 

3. Cara Mengubah Word ke PDF menggunakan Google Drive

ubah word ke pdf dengan google drive

Ketika mengubah format Word menjadi PDF dengan menggunakan Microsoft Word hanya bisa dilakukan untuk satu file saja, kali ini Google Drive hadir dengan keunggulan yang lebih banyak. Google Drive dapat mengkonversi beberapa file Word sekaligus menjadi satu file PDF.

Anda dapat mengubah Word ke PDF menggunakan cara ini dengan cukup praktis karena dapat dilakukan secara online kapan dan dimana saja. Berikut merupakan cara mengubah word menjadi PDF menggunakan Google Drive :

  1. Masuk dan buka ke drive.google.com menggunakan akun Google Anda
  2. Unggah atau upload file Word yang Anda inginkan untuk diubah menjadi PDF ke Google Drive.
  3. Setelah file terupload kemudian bukalah dengan melakukan double click pada fail yang ingin Anda ubah formatnya. Kemudian klik Open With, Lalu Nada bisa memilih Google Docs. Setelah itu fail akan terbuka di tab baru dalam halaman editor Google Docs.
  4. Halaman dokumen setelah itu akan terbuka, kemudian klik pada File > Lalu Download As untuk mengunduh file > pilih PDF Document (.pdf).
  5. Unduh dan simpan file PDF di folder yang Anda inginkan
Baca Juga:  Bagaimana Cara Membuat Tulisan Melengkung di Word dengan Praktis dan Mudah

 

4. Cara mengubah Word ke PDF menggunakan pdf2doc.com

ubah word ke pdf dengan pdftodoc

Pdf2doc.com merupakan salah satu situs yang dapat mengubah format dokumen menjadi format dokumen lain sesuai dengan yang diinginkan, salah satunya format dokumen PDF menjadi Word dan sebaliknya.

Sebagai situs pembantu pengubah format dokumen, pdf2doc.com menyediakan berbagai macam fitur untuk mengubah file word ke PDF secara gratis. Berikut cara mengubah dokumen Word ke PDF via pdf2doc.com :

  1. Buka dan masuk ke situs pdf2doc.com
  2. Setelah masuk, pada bagian tab, Anda pilih PDF to DOC atau PDF to DOCX.
  3. Klik tombol UPLOAD FILES dan pilih file PDF yang akan di convert, Pdf2doc.com juga dapat mengconvert banyak file sekaligus jadi Anda dapat mengunggah beberapa file sekaligus juga.
  4. Tunggulah proses convert hingga selesai. Kemudian unduh file yang sudah di-convert sebelumnya dengan klik tombol “download” atau “download all” ketika sebelumnya Anda mengunggah banyak file.

 

5. Cara mengubah Word ke PDF menggunakan ilovepdf

ubah word ke pdf dengan ilovepdf

Tidak berbeda dengan pdf2doc.com, situs ilovepdf juga menawarkan Anda untuk mengkonversi atau merubah format file Word ke PDF dengan hanya mengunggah fail dalam waktu yang singkat bahkan dalam hitungan menit saja.

Berikut merupakan cara mengubah Word ke PDF menggunakan ilovepdf:

  1. Buka dan masuk ke situs https://www.ilovepdf.com/id/word-ke-pdf
  2. setelah masuk Klik tombol “Pilih file Word
  3. Pilih fail yang akan diubah kedalam format PDF. Anda dapat memilih beberapa file sekaligus. Jika sudah selesai memilih klik “Open”.
  4. Kemudian klik tombol “Konversi ke PDF” pada laman situs ilovepdf
  5. Tunggu selama beberapa menit sampai benar-benar selesai karena situs sedang berproses mengubah word ke PDF.
  6. Ketika sudah muncul tulisan “File WORD sudah dikonversi ke PDF”, selanjutnya Anda dapat mengklik tombol “Unduh PDF”.
Baca Juga:  4 Cara Menambahkan Font ke Photoshop yang Bisa Dilakukan Siapa Saja

 

Sangat mudah bukan? Anda dapat memilih cara yang mana saja karena kelima cara mengubah Word ke PDF yang ada di atas tergolong cukup mudah, bahkan bagi anda sebagai seorang siswa yang termasuk sebagai pemula dalam belajar teknologi. So, selamat mencoba dan jangan takut salah!