Tata Cara Sholat Lengkap Dan Mudah Dipahami

tata cara sholat

Bagi seorang muslim, sholat 5 waktu adalah wajib hukumnya. Maka dari itu, tata cara sholat harus dipelajari sejak kecil. Hal tersebut bertujuan agar kita menjadi umat muslim yang taat beribadah dan bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan benar. Belajar sholat sebenarnya tidaklah sulit. Namun kita harus konsisten dan memiliki niat yang kuat untuk mengingat dan menghafal setiap bacaan dan gerakannya. Karena sholat adalah kegiatan sehari-hari, dimana sebagai umat muslim kita melaksanakan sholat 5 kali dalam sehari. Maka tentu kita akan terbiasa dan mulai hafal setiap bacaan dan tata caranya. Istiqomah adalah salah satu caranya.

Jika kegiatan ibadah tersebut hukumnya wajib, maka jika tidak melaksanakannya akan mendapatkan dosa. Seperti ibadah sholat, jika kita tidak melaksanakannya, maka akan mendapatkan dosa. oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui tata cara sholat beserta bacaan dan doa-doanya. Berikut ini, penulis akan menjelaskan mengenai tata cara sholat, dari mulai maghrib, isya, subuh, dhuhur, dan ashar. Jadi pastikan Anda menyimaknya hingga selesai ya.

 

Mengenal Syarat dan Rukun Sholat

Sebelum membahas mengenai tata cara sholat lima waktu. Alangkah lebih baik jika kita mengetahui syarat dan rukun sholat terlebih dulu. Terdapat beberapa syarat dan rukun sholat yang perlu kita penuhi. Jika tidak memenuhi salah satu syarat atau rukunnya, maka sholat kita dinilai tidak sah atau tidak diterima. Berikut adalah beberapa syarat dan ruku sholat di dalam Islam.

Syarat sah sholat:

  1. Anda harus beragama Islam
  2. Sudah baligh dan memiliki akal yang sehat
  3. Tubuh dan pakaian yang digunakan harus bebas dari najis, baik najis kecil maupun besar
  4. Paham tentang tata cara sholat
  5. Laksanakan sholat sesuai dengan waktu sholat
  6. Menghadap kiblat saat melaksanakan sholat
  7. Harus menutup aurat sesuai dengan peraturan

Rukun Sholat:

  1. Sholat dengan cara berdiri bagi yang mampu. Jika tidak mampu berdiri, Anda bisa melakukan sholat dengan cara duduk ataupun berbaring
  2. Ucapkan niat dalam hati
  3. Kemudian setelah niat, ucapkanlah takbiratul ihram yaitu takbir pertama
  4. Wajib membaca surat Al-Fatihah di setiap rakaat
  5. Laksanakan rukuk dan juga tuma’ninah
  6. Bacalah iktidal setelah melakukan rukuk serta tuma’ninah
  7. Melakukan sujud sebanyak dua kali disetiap rakaat
  8. Duduk diantara dua sujud
  9. Yang terakhir, membaca doa tasyahud di akhir sholat
  10. Membaca shalawat Nabi Muhammad SAW di akhir tasyahud
  11. Setelah itu salam
  12. Lakukanlah shalat secara tertib atau berurutan
Baca Juga:  Memahami Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap Dengan Doa Dan Pelaksanaannya

 

Tata Cara Sholat Lima Waktu

Dalam melaksanakan sholat, kita harus khusyu dan hindari untuk memikirkan hal-hal yang bersifat duniawi. Hal tersebut bertujuan agar sholat menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT. Selain itu, sholat yang khusyu juga bisa lebih mendekatkan kita dengan Sang Pencipta. Berikut ini, penulis akan memberikan beberapa bacaan niat untuk sholat lima waktu.

1. Sholat Subuh

Sholat subuh dilaksanakan pada dini hari, yaitu ketika munculnya matahari (fajar shiddiq) maupun terbitnya cahaya dari ufuk timur. Sholat subuh dilaksanakan dengan 2 rakaat dan di beberapa mazhab, terdapat rukun membaca doa qunut di rakaat kedua setelah rukuk.

Berikut adalah niat sholat subuh yang perlu Anda ketahui:

“Usholli fardha shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala”.

2. Sholat Dzuhur

Sholat dzuhur dilaksanakan pada saat posisi matahari condong di tengah-tengah langit. Hingga bayangan sebuah benda memiliki panjang yang sama dengan benda tersebut. Sholat dzuhur dilaksanakan dengan empat rakaat dengan dua kali tahiyat.

Berikut adalah niat sholat dzuhur yang perlu Anda ketahui:

“Usholli fardha dzuhri arba’a raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala”.

3. Sholat Ashar

Sholat ashar adalah sholat yang dilakukan setelah sholat dzuhur. Sholat ini dilaksanakan saat matahari sudah mulai condong ke arah barat dan berakhir hingga tenggelamnya matahari. Sholat ashar dilakukan dengan empat rakaat dengan dua tahiyat.

Berikut adalah niat sholat ashar yang perlu Anda ketahui:

“Usholli fardha ‘ashri arba’a raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala”.

4. Sholat Maghrib

Sholat maghrib adalah sholat wajib yang dilaksanakan setelah sholat Ashar yaitu ketika matahari mulai tenggelam hingga warna senja hilang. Sholat maghrib dilakukan dengan tiga rakaat dan dua tahiyat.

“Usholli fardha maghribi tsalaatsa raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala”.

5. Sholat Isya

Sholat isya merupakan sholat wajib terakhir di dalam satu hari. Dimana sholat ini dilakukan mulai dari terbenamnya syafaq hingga terbitnya matahari atau waktu subuh tiba. Sholat isya dilaksanakan dengan empat rakaat dan dua tahiyat.

Berikut adalah niat sholat isya yang perlu Anda ketahui:

“Usholli fardha ‘isyaa`i arba’a raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala”.

Baca Juga:  Tata Cara Mandi Wajib yang Sesuai Sunnah

 

Urutan Sholat Dan Penjelasannya

1. Takbiratul Ihram

Setelah membaca niat, langkah selanjutnya adalah takbiratul ihram. Caranya dengan mengangkat dua tangan secara sejajar dan membaca bacaan, Allahu Akbar.

2. Doa Iftitah

Setelah takbiratul Ihram, selanjutnya Anda harus membaca doa iftitah dan melipat tangan di bagian dada.

“Allaahu akbar kabiirow wal hamdu lillaahi katsiiroo wasubhaanalloohi bukrotaw wa-ashiilaa. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros samaawaati wal ardlo haniifaa wamaa ana minal musyrikiin. Inna sholaatii wa nusukii wamahyaa wa mamaatii lillaahi robbil ‘aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana awwalul muslimiin”.

3. Baca surat Al-Fatihah

Di setiap rakaat, kita diwajibkan membaca surat Al-Fatihah. Ini merupakan salah satu rukun sholat yang wajib Anda penuhi.

4. Baca Surat Pendek

Setelah membaca surat Al-Fatihah, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membaca surat pendek. Namun membaca surat pendek hukumnya adalah sunnah, tidak wajib seperti surat Al-Fatihah.

5. Rukuk dan Iktidal

Setelah membaca surat pendek, langkah selanjutnya adalah rukuk dan iktidal. Saat rukuk, Anda harus membaca:

“Subhaana rabbiyal adziimi wa bihamdih” (dibaca 3 kali).

Kemudian saat iktidal, Anda harus membaca:

“Sami’alloohu liman hamidah“.

Lalu membaca:

“Rabbana lakal hamdu milus samawati wa mil ulardi wa mil umasyita min syaiin badu“.

6. Sujud dan Duduk Diantara Dua Sujud

Dalam melakukan sujud, Anda perlu meletakkan tangan dan menempelkan dahi Anda di sajadah. Berikut adalah doa yang perlu Anda baca ketika sujud.

“Subhaana robbiyal ‘a’la wabihamdih“ (dibaca 3 kali).

Kemudian setelah sujud yaitu duduk diantara dua sujud dengan membaca doa

“Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii wahdinii wa ‘aafinii wa’fu ‘annii“.

7. Tahiyat

Rukun sholat yang terakhir adalah melaksanakan tahiyat. Rukun tersebut dilakukan sebelum mengucapkan sholat. Namun di sholat dzuhur, ashar, maghrib, isya, tasyahud dilakukan sebanyak dua kali. Dimana yang pertama dilakukan di rakaat kedua.

“At-tahiyyaatu al-mubaarakaatu al-shalawaatu al-thoyyibaatu lillahi. Assalaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullahi wa barakaatuhu. As-Salaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillahi as-shoolihin. Asyhadu an laa ilaaha illa Allah wa Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. Allahumma Sholli ‘ala Sayyidinaa Muhammad. Wa ‘ala aali sayyidina Muhammad Kamaa shollayta ‘ala sayyidina Ibrahim. Wa Baarik ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala aali sayyidina Muhammad. Kamaa baarakta ‘ala sayyidinaa Ibrahim, wa ‘ala sayyidina Ibrahim, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiid.”

8. Salam

Bagian terakhir dalam melakukan sholat adalah salam. Ucapkan kalimat “Assalamu ‘alaikum warahmatullah” sambil menoleh kanan terlebih dahulu, kemudian kiri.

Baca Juga:  Tata Cara Shalat Dhuha Sesuai Sunnah

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai tata cara sholat yang bisa Anda pelajari. Jangan lupa untuk selalu sholat 5 waktu ya.