Penasaran Cara Menghitung Ahp Dengan Excel, Yuk Intip!

cara menghitung ahp dengan excel

Microsoft excel merupakan salah satu aplikasi dari microsoft yang paling sering digunakan di dunia kerja. Selain mudah dalam menghitung suatu data, excel juga mudah dalam menyimpan dan mengolah data-data besar. Salah satu teknik atau metode yang ada pada excel adalah metode analytical hierarchy process atau yang sering kita kenal dengan metode ahp. Lalu bagaimana cara menghitung ahp dengan excel ?

Metode AHP

cara menghitung ahp dengan excel

Nah sebelum kita belajar bagaimana cara menghitung ahp dengan excel, yuk kenalan dulu dengan metode ahp. Metode ahp ini ternyata dikembangkan oleh seorang ahli matematika dari Amerika yaitu Thomas L. Saaty, Thomas mengembangkan metode ahp pada tahun 1970-an.

Metode ahp merupakan suatu metode pengambilan keputusan pada suatu data yang multi kriteria. Atau dengan kata lain metode ahp merupakan suatu metode untuk pengambilan keputusan yang dilakukan dengan pendekatan system. Proses pengambil keputusan dilakukan dengan berusaha memahami suatu kondisi sistem dan membantu melakukan prediksi dalam pengambilan keputusan kedepannya.

Metode ahp ini sering digunakan di beberapa kasus, seperti pada bidang pembelian barang pada suatu perusahaan. Dimana pada pembelian barang terdapat kriteria seperti kualitas barang, kecepatan pengiriman barang, harga barang dan juga status supplier. Dengan adanya metode ahp ini maka akan membantu dalam mengambil suatu keputusan dan tindakan.

Selain itu, metode ahp juga bisa digunakan untuk menghitung  eigen vector untuk kriteria utama pada suatu data penelitian loh. Data ini bisa dari hasil kuesioner maupun dari data sekunder yang kalian dapatkan. Untuk kesempatan kali ini hanya akan dijelaskan untuk tahapan metode ahp yang bagian utama saja ya. Nah untuk tahap-tahapannya mari kita simak bersama ya !

Baca Juga:  2 Cara Membuka Password Excel dengan Mudah

Cara menghitung eigen vector

Cara menghitung eigen vector tahap pertama menggunakan metode ahp :

  1. Langkah pertama untuk cara menghitung ahp dengan excel adalah dengan menyiapkan set data mengenai penelitian yang kalian lakukan, data ini bisa kalian peroleh dari seorang ahli, data sekunder atau bisa juga dari hasil kuesioner yang sudah dilakukan.
  2. Langkah selanjutnya adalah menentukan kriteria utama sebagai acuan untuk proses pengolahan menggunakan metode  Analytical Hierarchy Process (AHP).
  3. Yang ketiga yang perlu kita lakukan adalah menentukan skala prioritas dari setiap elemen data atau kriteria data yang kita dapat ke dalam tabel matrik perbandingan berpasangan.
  4. Lalu langkah selanjutnya setelah menentukan skala prioritas dari setiap elemen data, yaitu normalisasi data pada tabel matrik, atau dengan menghitung jumlah setiap baris dengan cara nilai skala dibagi Jumlah.
  5. Langkah kelima adalah dengan menjumlah semua hasil dari proses sebelumnya, yaitu proses normalisasi. Penjumlahan ini dilakukan untuk menentukan nilai prioritasnya, yaitu dengan cara menjumlahkan data hasil normalisasi, lalu data yang sudah dijumlahkan dibagi dengan jumlah kriteria (jika kriteria utama ada 5 kriteria, maka penjumlahan total dari data normalisasi akan dibagi dengan 5).
  6. Langkah selanjutnya adalah menghitung eigen vector. Untuk menghitung eigenvector ini maka kita harus menghitung nilai setiap baris pada tabel matrik perbandingan berpasangan. Cara menghitungnya yaitu dengan  cara, nilai skala dikalikan dengan nilai prioritas.
  7.  Setelah mendapatkan nilai eigen vector pada setiap barisnya, maka langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan menjumlahkan hasil nilai prioritas ditambah dengan jumlah eigen vector pada setiap barisnya.

Ketujuh langkah diatas merupakan tahapan pada bagian utama menggunakan metode ahp yang ada pada aplikasi microsoft excel. Untuk tahap pengolahan data penelitian selanjutnya yaitu dengan proses perhitungan sub kriteria atau kriteria alternatif dari data yang kita sudah dapatkan. Hasil ini nantinya dijadikan sebagai input utama dari sistem pendukung keputusan.

Baca Juga:  Cara Mudah Mailing Excel ke Word