Mudahnya Cara Menanam Sirih Supaya Berdaun Lebat

cara menanam sirih

Tahukah anda bahwa prospek untuk menanam tanaman obat saat ini telah menjadi tren tersendiri yang cukup menarik untuk dilakukan. Nah, salah satu tanaman obat yang bisa anda tanam di rumah adalah tanaman sirih. Untuk lebih jelasnya, berikut cara menanam sirih yang perlu anda ketahui.

Cara Menanam Sirih dengan Menyiapkan Media Tanam

Cara menanam sirih supaya berdaun lebat pertama adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan media tanamnya. Tentunya media tanam akan lebih optimal ketika anda menggunakan tanah yang berpasir. Membudidayakan tanaman ini sangat cocok ketika anda menggunakan tanah lempung yang memiliki ph 6-7.

Yang pasti membudidayakannya sangatlah mudah, tidak hanya tumbuh ditanah berpasir dengan baik, daun sirih pun sangat cocok ditanam di daerah atau kawasan yang berhawa dingin maupun sekitar 300 mdpl. Mengapa? Hal ini disebabkan karakteristik sirih yang tidak begitu membutuhkan cahaya matahari dalam proses berkembang biaknya.

Benih Tanaman Sirih

Saat memilih benih tanaman sirih, maka terdapat beberapa indikator yang akan menentukan unggul atau tidaknya benih tersebut. Indikator benih sirih yang dikatakan unggul adalah ketika indukan tanaman sirih mempunyai pertumbuhan yang cepat. Selain itu, daunnya pun bagus dan lebar.

Melakukan Proses Penanaman

Bibit tanaman sirih ini tidak perlu melalui penyemaian, dengan begitu prosesnya tidak membutuhkan banyak tahap. Jika anda sudah memastikan pupuk organik dan tanah sudah tercampur rata di dalam polybag, maka bibit bisa langsung anda tanam. Nah, untuk kedalaman tanahnya adalah sedalam 4 cm.

cara menanam sirih

Sandaran untuk Tanaman Sirih

Tahu nggak sih tanaman daun sirih adalah tanaman merambat, itulah mengapa tanaman ini membutuhkan sandaran pohon yang berkisar 1,5 meter/pohon. Menanam pohon bisa anda lakukan di musim penghujan dengan cara membuat parit pada sela-sela pohon supaya ketika menyiram tanaman sirih tanahnya tidak begitu basah.

Baca Juga:  Ini Dia Cara Menanam Strawberry Di Dalam Pot Dengan Mudah

Jika anda tidak ingin menanam pohon untuk dijadikan sandaran, maka anda dapat menggunakan pohon yang memang sudah ada. Nah, hal ini juga bisa berlaku ketika sirih ditanam memakai teknik merunduk, yang mana pohon yang dibutuhkan memang harus lebih tinggi.

Perawatan 

Setelah beberapa cara menanam sirih di atas, maka tahap selanjutnya yaitu melakukan perawatan. Tentunya perawatan yang dilakukan cukup mudah kok. Anda hanya perlu secara rutin untuk menyiramnya dengan air. Namun ketika sirih ditanam di dalam air, sebaiknya airnya bisa secara rutin diganti. Selain itu, pemberian pupuk untuk tanaman sirih juga tergolong minim. Walaupun begitu anda jangan lupa agar tetap memberinya sesekali supaya tanaman tetap memiliki nutrisi.

Memanen Daun Sirih

Bagaimana, untuk saat ini cara menanam sirih yang baik masih mudah kan untuk anda lakukan? Nah, kini saatnya anda memanen daun sirih. Proses pemanenannya sendiri membutuhkan waktu kurang lebih sekitar satu tahun supaya daun sirih bisa untuk anda petik.

Untuk memilih daun yang siap dipetik yaitu dengan cara memperhatikan warna daun, yang mana warna daun yang akan dipetik yaitu berwarna hijau tua dan berwarna mengkilap. Untuk memetiknya pun di mulai dari bagian bawah ke bagian atas tanaman. Selain itu, sebaiknya waktu pemetikannya juga dilakukan ketika pagi hari supaya daun sirih bisa tetap dalam kondisi yang lebih segar.

Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai cara menanam sirih.