Menyembuhkan GERD dengan Prosedur Medis dan Gaya Hidup Sehat

cara menyembuhkan gerd

GERD atau penyakit asam lambung terjadi karena makanan atau minuman kembali naik menuju kerongkongan. Hal ini terjadi karena sfingter esofagus atau katup melemah sehingga tidak bisa menutup secara baik setelah makanan sampai ke lambung. Jika tidak segera menerapkan cara menyembuhkan gerd maka bisa terjadi komplikasi pada tubuh.

Tanda-tanda Mengalami GERD

Berikut ini adalah gejala penyakit GERD sehingga dapat mengatasinya dengan cara menyembuhkan gerd.

  1. Rasa asam atau pahit di dalam mulut.
  2. Suara menjadi serak, sakit pada tenggorokan, dan sulit untuk menelan.
  3. Mengalami batuk, hingga mual dan muntah.
  4. Tidur akan terganggu.
  5. Rasa nyeri hingga layaknya terbakar pada dada dan nyeri ulu hati. Untuk gejala ini memiliki kemiripan pada serangan jantung. Pada GERD nyeri disertai rasa asam pada mulut, tidak menjalar pada leher dan tangan, serta akan semakin berat ketika berbaring.

cara menyembuhkan gerd

Cara Menyembuhkan GERD dengan Medis

Untuk mengatasi GERD bisa dengan mengkonsumsi obat-obatan yang ada di pasaran dengan dosis yang tepat.

  1. Mengkonsumsi Antasida untuk menetralkan asam pada lambung dengan bantuan alkali.
  2. Mengkonsumsi obat golongan H-2 receptor blocker yang dapat mengurangi jumlah asam seperti cimetidine, ranitidine, dan famotidine.
  3. Mengkonsumsi obat penghambat pompa proton untuk menghambat produksi asam. Contohnya omeprazole dan lansoprazole.

Namun jika GERD sering kambuh bisa menggunakan obat resep dokter sebagai cara menyembuhkan gerd. Biasanya obat berupa H-2 receptor blocker, obat penghambat pompa proton, dan obat untuk menguatkan sfingter.

Apabila GERD sudah parah dan tidak sembuh dengan obat-obatan cara terakhir adalah dengan tindakan operasi. Terdapat 3 jenis operasi untuk mengatasi GERD.

  1. Endoskopi

Dokter bedah akan memasukkan alat bernama endoskop. Endoskop akan memperkuat otot-otot sfingter dengan cara membuat luka bakar kecil.

  1. LINX
Baca Juga:  Cara Menghilangkan Komedo Membandel Dengan Bahan Alami

Caranya dengan memasangkan alat berbentuk cincin pada perbatasan lambung dan kerongkongan. Cincin akan menimbulkan gaya magnet sehingga membuat katup atau sfingter tertutup dengan cukup kuat.

  1. Fundoplication

Dokter akan mengikat bagian atas lambung atau bawah sfingter untuk mengencangkan kembali otot pada katup sehingga mencegah asam lambung naik. Prosedur ini menggunakan alat berupa laparoskop yang memiliki kamera kecil pada bagian ujungnya.

Gaya Hidup untuk Penanganan GERD

Selain menggunakan prosedur medis penderita GERD sebaiknya menjalankan hidup sehat sebagai cara menyembuhkan gerd.

  1. Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang berlebih atau obesitas menjadi penyebab penyakit GERD karena lemak berlebih akan menekan perut. Hal ini akan mendorong cairan lambung kembali naik ke kerongkongan. Lakukan olahraga rutin dan konsumsi makanan yang menyehatkan.

  1. Perhatikan menu makanan

Konsumsi makanan alami yang dapat memenuhi nutrisi dalam tubuh dan aman untuk pencernaan. Beberapa makanan tidak baik untuk asam lambung seperti makanan pedas, berminyak, asam, minuman berkafein, dan lain-lain.

  1. Makan dengan porsi kecil

Mengkonsumsi makanan dengan porsi besar akan membuat otot lambung meregang dan menekan lambung. Maka dari itu konsumsi makanan dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian berat badan akan tetap terjaga.

  1. Berikan jeda untuk tidur setelah makan

Berikan jarak setidaknya 2 hingga 3 jam untuk berbaring setelah makan untuk tubuh mencerna makanan. Hal ini akan mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu tidur tidak akan optimal hingga menimbulkan resiko stroke.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Merokok dapat menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan atas dan memperburuk koordinasi lambung dan kerongkongan. Nikotin dapat mengendurkan otot sfingter esofagus. Alkohol sendiri dapat mengiritasi kerongkongan dan merangsang produksi asam.

Baca Juga:  Cara Menyembuhkan Jerawat