Memahami Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap Dengan Doa Dan Pelaksanaannya

Solat Tahajud

Tata cara sholat tahajud – Sholat tahajud atau yang sering kita sebut sebagai sholat malam merupakan salah satu sholat sunnah yang selalu Nabi Muhammad SAW laksanakan. Bgai umat muslim yang rutin melaksanakan sholat tahajud, maka Allah SWT akan menjanjikan kemudahan dan kelancaran dalam segala urusan duniawinya.

Selain itu, banyak sekali manfaat sholat malam yang bisa Anda dapatkan. Antara lain, dijauhkan dari kesengsaraan, dijauhkan dari kesulitan hidup, dimuliakan hidupnya, dan dijanjikan tempat terbaik di akhirat kelak. Namun, beberapa orang masih belum paham tentang tata cara sholat tahajud yang benar. Oleh karena itu, penulis disini akan menjelaskan terkait bagaimana cara melakukan sholat tahajud beserta doa dan bacaannya.

Sholat tahajud umumnya dilaksanakan di sepertiga malam, yaitu ketika semua orang masih terlelap dalam tidurnya. Nah, sebelum melangkah lebih jauh, mari kita simak pengertian sholat tahajud terlebih dahulu.

 

Apa Itu Sholat Tahajud?

Jika dilihat dari katanya, tahajud berasal dari kata “tahajjada” yaitu artinya tetap terjaga di malam hari. Menurut Ash Syafi’i, sholat tahajud sebaiknya dilakukan di malam hari, baik sebelum atau sesudah tidur. Adapun orang yang melaksanakan sholat tahajud disebut sebagai “mutahajjid”. Selain itu, sholat tahajud digolongkan sebagai “sunnatun raatibun mua’kaadah” yaitu sholat sunnah yang waktunya pelaksanaannya sudah diatur.

Di dalam Al-qur’an, ada banyak ayat yang menjelaskan tentang manfaat dan anjuran untuk melaksanakan ibadah tersebut. Namun ibadah yang dilakukan harus didasari dengan rasa ikhlas tanpa paksaan. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa sholat tahajud adalah sholat sunnah. Artinya orang-orang yang tidak melaksanakannya tidak akan mendapat dosa dan juga pahala.

Orang-orang yang melaksanakan sholat tahajud merupakan golongan orang yang meniru Nabi Muhammad SAW. Dimana mereka tetap berjaga di malam hari untuk melaksanakan ibadah. Biasanya, pelaksanaan sholat tahajud diikuti dengan sholat witir. Dimana sholat witir dilaksanakan di akhir sholat malam. Sholat witir merupakan salah satu sholat sunnah penutup, biasanya dilaksanakan sebanyak 3 rakaat dengan dua kali salam.

Adapun ulama yang mengungkapkan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak mempunyai waktu yang pasti dalam melaksanakan sholat tahajud. Akan tetapi waktu terbaik untuk melakukan sholat malam yaitu di sepertiga malam.

 

Tata Cara Sholat Tahajud

Pelaksanaan sholat tahajud bisa dilakukan minimal 2 rakaat dan 1 witir dan maksimal 8 rakaat hingga 10 rakaat serta diikuti rakaat ganjil sholat witir. Berikut ini adalah beberapa tata cara sholat tahajud yang bisa Anda pelajari.

  1. Rencanakan Untuk Bangun Di Sepertiga Malam

Sebelum mulai tidur, sebaiknya Anda memasang alarm terlebih dulu, atur jam alarm di sepertiga malam yaitu sekitar pukul 03.00 hingga 04.00. Anda juga bisa meminta anggota keluarga untuk membangunkan Anda saat ingin sholat tahajud. Usahakan jangan tidur terlalu malam, karena dikhawatirkan Anda akan merasa ngantuk dan malas untuk bangun lebih dini.

Namun sebenarnya, sholat tahajud bisa Anda lakukan di waktu malam hari, sebelum tidru ataupun setelah sholat isya. Akan tetapi, waktu terbaik untuk sholat tahajud memang di sepertiga malam terakhir, yaitu diantara sholat isya dan subuh. Sebab, pada waktu tersebut, Allah SWT sedang turun ke langit yang paling rendah.

Hal tersebut sudah dijelaskan melalui hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan juga Muslim.

“Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda: Allah SWT akan turun ke surga terendah di setiap malam, yaitu ketika sepertiga malam tersisa. Kemudian Allah SWT berfirman:”siapapun umat Islam yang memanggilKu, maka Aku akan menjawabnya. Siapapun umat Islam yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku berikan. Lalu siapapun umat Islam yang meminta pengampunan-Ku, maka akan Aku maafkan.”

Tetapi apabila Anda sudah berusaha dan berniat untuk bangun di sepertiga malam dan melaksanakan sholat tahajud. Namun tidak sengaja terlelap dan tidak bangun pada jam tersebut, maka janganlah merasa bersalah. Berdasarkan hadits yang ada, Allah SWT telah mencatat niat baik Anda untuk melaksanakan sholat tahajud. Akan tetapi, Allah SWT memberi Anda tidur yang lelap sebagai belas kasih karena hamba-Nya kelelahan. Allah SWT akan tetap memberikan Anda pahala yang baik atas niat Anda.

  1. Bangun dan Laksanakan Wudhu

Setelah bangun di sepertiga malam, maka ambilah wudhu seperti ketika Anda ingin melaksanakan sholat wajib seperti biasa. Lakukan wudhu sesuai urutan sunnahnya dan jangan lupa berdoa ketika sudah selesai melakukan wudhu.

  1. Laksanakan Sholat Tahajud di Tempat yang Tenang

Pilih tempat sholat tahajud yang bersih dan tenang. Hal tersebut bertujuan agar ibadah Anda menjadi lebih khusyuk dan nyaman. Selain itu, hal ini juga dilakukan karena Allah SWT, dimana umat Islam biasanya dianjurkan untuk beribadah di tempat yang bersih dan suci sebagai bentuk penghormatan kepada Sang Pencipta. Gunakan pakaian yang bersih atau mukena yang bersih, duduk di atas sajadah serta menghadap kiblat.

  1. Niat Sholat Tahajud

Sebelum memulai sholat, usahakan untuk niat di dalam hati dan putuskan bahwa Anda akan melaksanakan sholat tahajud berapa rakaat. Niatkan sholat Anda untuk memuliakan Allah SWT, sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, dan sebagai cara untuk meminta ampunan-Nya.

  1. Laksanakan Sholat Tahajud Dua Rakaat

Setelah berniat, kemudian laksanakanlah sholat tahajud dua rakaat. Dalam pelaksanaannya, sholat tahajud mempunyai rukun yang sama dengan sholat wajib, yaitu:

  1. takbiratul ihram
  2. membaca alfatihah dan surat pendek
  3. rukuk
  4. i’tidal
  5. sujud

Biasanya, saat sholat tahajud, Nabi Muhammad membaca surat pendek Al-Kafirun di rakaat pertama, kemudian di rakaat kedua membaca surat Al-Ikhlas.

  1. Laksanakan Rakaat Tambahan

Sholat tahajud minimal dilaksanakan sebanyak 2 rakaat. Akan tetapi Anda boleh mengulang rakaat sebanyak yang Anda inginkan. Berdasarkan hadits shahih, Nabi Muhammad SAW kerap melakukan sholat tahajud sebanyak 13 rakaat. Biasanya sholat tahajud dilakukan secara berpasangan, yaitu 2 rakaat per salam.

 

Doa Setelah Sholat Tahajud

Setelah melaksanakan sholat tahajud, Anda bisa berdzikir dan menutupnya dengan doa-doa Anda. Ungkapkan doa Anda dengan tulus dan rasa hormat kepada Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam. Anda bisa meminta apapun kepada Allah. Namun ada doa khusus yang bisa Anda baca selepas sholat tahajud, berikut adalah doanya:

Doa setelah shalat tahajud

Itulah beberapa penjelasan mengenai tata cara sholat tahajud yang dapat Anda tiru di rumah. Agar Anda tidak selalu kesiangan dan gagal sholat tahajud, maka cobalah untuk kuatkan niat dan tekad untuk bangun di sepertiga malam. Karena Allah SWT akan selalu memberikan jalan untuk orang-orang yang memiliki niat baik. Terlebih Anda mempunyai niat sholat tahajud agar lebih dekat dengan Allah SWT.

Hindari untuk melakukan sholat tahajud karena dunia saja. Sebab, pada akhirnya, setiap makhluk yang hidup akan kembali kepada Allah SWT. Maka dari itu, mari siapkan diri dan amal kita untuk bekal menuju ke akhirat kelak. Tetap semangat untuk melakukan hal-hal baik. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman dan kerabat anda ya!