Manfaat Dan Cara Menanam Yang Tepat

cara menanam

Cara Menanam tanaman perlu dipelajari dengan tepat. Hal ini karena pada dasarnya setiap jenis tanaman memiliki karakter yang berbeda sehingga cara tanamnya pun tentu juga berbeda.

Manfaat Bercocok Tanam

Bercocok tanam memang memberikan banyak manfaat sehingga tak heran jika makin banyak juga yang mencari informasi mengenai Cara Menanam tanaman yang baik dan benar.  Namun terlepas dari apapun itu,  yang perlu diketahui adalah dimana bertanam ini ternyata memberikan banyak manfaat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bercocok tanam yang perlu diketahui.

  • Mengisi Waktu Luang

Manfaat bercocok tanam yang pertama adalah untuk mengisi waktu luang.  Biasanya ketika terlalu banyak waktu luang tanpa adanya aktivitas apapun, maka akan memicu stress maupun kebosanan.  Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini harus pandai dalam memanage waktu agar tetap menyenangkan selama dirumah.

Salah satu solusi untuk mengantisipasi kebosanan selama dirumah adalah dengan melakukan kegiatan yang sifatnya produktif dan positif.  Contohnya adalah dengan bercocok tanam.  Entah itu bagi anda yang memiliki lahan luas maupun lahan terbatas. Karena sekarang sudah banyak metode bercocok tanam yang bahkan bisa diterapkan di lahan terbatas. Sehingga tak ada alasan lagi untuk tidak memulai bercocok tanam.

  • Sebagai Media Olahraga Ringan

Olahraga merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menjaga badan tetap bugar.  Namun olahraga tak harus melulu ke tempat gym karena olahraga juga bisa dilakukan dirumah yaitu dengan cara bercocok tanam.

Kegiatan ini bisa membuat anda aktif bergerak dan mengeluarkan keringat.  Sehingga sangat tepat disebut dengan olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh mereka yang sudah lanjut usia atau anda yang tidak bisa melakukan olahraga yang terlalu berat atau ekstrim. Apalagi bercocok tanam membuat anda jadi sering terkena sinar matahari yang mana sangat baik untuk mendapatkan Vitamin D.

  • Membantu Kemampuan Otak

Menanam tanaman juga sangat baik untuk otak.  Karena ketika bercocok tanam, pikiran akan lebih fokus serta membuat anda menjadi sibuk.  Hal seperti ini sangat cocok jika dilakukan oleh mereka yang sudah lansia.

  • Solusi Tepat Untuk Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat juga penting bagi tubuh.  Membeli bahan makanan di pasar atau tempat lain belum tentu akan menjamin kualitas kebersihannya.  Jika menanam sayuran atau buah sendiri dirumah tentu akan membuat anda lebih terjaga asupan makanannya karena kualitas tanaman anda sendiri yang mengaturnya.

Baca Juga:  Cara Menanam Pisang Ala Rumahan, Dijamin Cepat Berbuah

Dengan beberapa tips diatas tentunya membuat anda lebih memahami bahwa ternyata bercocok tanam atau berkebun menawarkan banyak sekali hal positif.

cara menanam

Tips Menanam yang Tepat

Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa berkebun merupakan pilihan alternatif terbaik untuk mengisi waktu luang.  Selain membuat anda menjadi lebih produktif juga bisa sekaligus menjadi media untuk tetap bergerak dan aktif.

Namun agar hasil tanaman anda lebih maksimal seperti yang diharapkan,  maka tentunya anda perlu mengetahui tentang bagaimana caranya berkebun yang baik dan benar.

  • Memilih Tanaman Yang Tepat

Berkebun yang benar adalah dimulai dari pemilihan tanaman yang tepat.  Yang dimaksud tanaman tepat disini bukan masalah jenis tanaman apa yang sedang trend atau tanaman yang anda pilih harganya mahal atau tidak.  Namun lebih kepada segi manfaatnya.

Anda bisa memilih tanaman yang memang anda sukai.  Karena ketika tanaman sesuai passion maka akan meningkatkan semangat anda dalam bercocok tanam. Selain itu manfaat lainnya adalah memilih jenis tanaman yang bisa memberikan manfaat lain.  Misalnya saja tanaman hias yang bisa dijual atau menanam sayur dan buah yang bisa dikonsumsi.

  • Melakukan Perawatan Tanaman Yang Baik

Berikutnya adalah memperhatikan proses dari awal menanam dan juga cara perawatannya. Mulai dari pemilihan jenis tanaman, media tanam,  lokasi berkebun serta berbagai macam perawatan lainnya seperti metode penyiraman maupun pemupukan. Jika semuanya dilakukan dengan tepat maka akan menghasilkan tanaman yang berkualitas sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dengan kedua point yang disebutkan diatas maka pastinya akan membantu anda dalam menerapkan Cara Menanam tanaman  yang tepat agar memberikan efek yang baik.