Lengkap! Cara Membuat Mail Merge di Word 2013 dan juga Contohnya

cara membuat mail merge di word 2013

Microsoft Office Word 2013 memiliki solusi yang tepat bagi Anda yang ingin berkirim surat masal dengan berbagai penerima. Bagi Anda yang penasaran, silakan lihat cara membuat mail merge di Word 2013 berikut ini:

Cara Membuat Mail Merge di Word 2013

Pertama-tama, kita akan membahas mengenai cara membuat mail merge pada Word 2013 secara umum terlebih dahulu. Anda harus tahu menu apa saja yang disediakan oleh Ms. Word 2013.

Langkah awal dalam cara membuat surat masal di Word 2013 itu adalah masuk ke tab Mailings yang berada di bagian atas. Klik pada menu Start Mail Merge. Nah, inilah pilihannya:

  1. Letters

Fungsinya adalah untuk membuat surat yang alamat tujuannya langsung menggunakan mail merge.

  1. E-Mail Massage

Fungsinya adalah untuk membuat surat email menggunakan fitur yang satu ini.

  1. Envelopes

Dengan fitur Envelopes, Anda dapat membuat amplop dengan tujuan yang berbeda-beda.

  1. Labels

Anda dapat membuat judul atau label dengan fungsi yang satu ini.

  1. Normal Word Documents

Jika Anda ingin menggunakan tampilan normal dari Ms. Word maka bisa menggunakan tool yang satu ini.

  1. Step by Step Mail Merge Wizard

Menu terakhir ini adalah tool yang akan membantu Anda dalam menggunakan fungsi mail merge langkah demi langkah.

Semuanya dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Gunakan menu Step by Step mail merge Wizard untuk mendapatkan panduan agar lebih mudah. Jika kesulitan menggunakan bahasa Inggris, Anda dapat mengubahnya menjadi bahasa Indonesia terlebih dahulu.

cara membuat mail merge di word 2013

Contoh Cara Membuat Mail Merge di Word 2013

Nah, setelah mengetahui apa saja yang disediakan oleh tab Mail merge tersebut, selanjutnya kita akan menjelaskannya dengan memberikan contoh. Contoh kali ini kita akan membuat amplop atau menggunakan menu Envelopes. Ini dia langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Pertama, klik tab Mailings;
  2. Klik Start Mail Merge;
  3. Kemudian pilih Envelopes;
  4. Pilih ukuran dengan mengeklik pada ikon panah ke bawah pada Envelope size;
  5. Pilih Font untuk menentukan jenis tulisan yang akan digunakan baik untuk Delivery address maupun Return Address;
  6. Klik OK;
  7. Klik Select Recipients pada menu Mailings;
  8. Bisa menggunakan daftar baru dengan Type a New List, bisa menggunakan daftar dari Excel dengan Use an Existing List, atau menggunakan data dari Outlook dengan Choose from Outlook Contacts. Kita contohkan untuk Type a New List, klik di sana;
  9. Anda bisa memasukkan data dengan mengeklik New Entry, menghapus data dengan Delete Entry, dan memodifikasi kolom dengan Customize Columns. Coba kita gunakan Customize Columns;
  10. Klik Add untuk menambah kolom baru, klik Delete untuk menghapus yang sudah ada, dan Rename untuk mengubah namanya; Coba buat beberapa kolom saja, misalnya nama dan alamat tujuan;
  11. Isilah data tersebut sesuai dengan penerima amplop;
  12. klik ok jika sudah selesai, dan klik ok setelah menyimpan data;
  13. Kembali ke dokumen, dan klik menu Insert Merge Fields untuk memasukkan data;
  14. Pilihlah kolom yang akan dimasukkan, maka secara otomatis akan muncul tulisan sesuai kolom yang dibuat tersebut;
  15. Untuk melihat hasilnya, klik Preview Result;.
  16. Jika ingin mencetaknya klik Finish&Merge.
Baca Juga:  Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows 10, Intip Yuk Cara Mudahnya

Bagaimana? mudah bukan? Untuk mengasahnya diperlukan latihan dan jangan takut mencoba berbagai cara membuat mail merge di Word 2013 selain amplop.