Kenali dan Pahami Cara Menyembuhkan Sakit Kepala

cara menyembuhkan sakit kepala

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada semua orang. Terkadang, sakit kepala hanya berlangsung beberapa jam atau dalam beberapa menit, hingga berhari-hari.  Penyakit satu ini tidak boleh disepelekan begitu saja, karena akan menimbulkan efek yang semakin parah. Untuk itu, penting mengetahui cara menyembuhkan sakit kepala dengan benar.

Pada umumnya, terdapat beberapa jenis sakit kepala yang sering terjadi, di antaranya migrain, sakit kepala tegang, dan sakit kepala cluster. Sakit kepala tersebut terjadi karena faktor kelelahan, meningkatkan tekanan darah, hingga gangguan pada sistem saraf.

Migrain biasanya ditandai dengan sakit kepala berdenyut yang hanya muncul pada satu sisi kepala. Tidak ada yang dapat memastikan pemicu sakit kepala ini. Namun, beberapa faktor seperti, kelelahan, kualitas tidur yang tidak teratur, dan stress dapat memicu migrain.

Sakit kepala tegang ditandai dengan nyeri pada kedua sisi kepala, belakang mata, dan terkadang pada bagian belakang leher. Hal ini biasanya ditandai dengan nyeri seperti terlilit tali dan biasanya berlangsung selama setengah jam atau berhari-hari.

Kemudian apabila sakit kepala cluster hampir mirip seperti migrain yang terjadi hanya pada satu sisi kepala saja. sakit kepala ini biasanya menimbulkan rasa nyeri yang hebat, sehingga sangat mengganggu aktivitas. Hal ini dapat terjadi tiba-tiba dan dapat terasa hingga belakang area sekitar mata. Cara di bawah ini bisa menjadi alternatif meredakan nyeri kepala.

cara menyembuhkan sakit kepala

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Dengan Benar

Beberapa jenis sakit kepala yang paling umum tersebut dapat di atasi dengan cara yang benar. Cara menyembuhkan sakit kepala ringan dapat Anda lakukan tanpa obat medis

  1. Istirahat Sejenak

Serangan sakit kepala dapat terjadi secara tiba-tiba. Apabila sakit kepala menyerang, segara mencari tempat untuk duduk atau berbaring. Usahakan istirahat pada ruang yang gelap dan tidak memiliki lampu yang terlalu terang. Sambil menutup mata sejenak, Anda bisa melakukan pijatan pada titik tertentu, seperti pada daerah pelipis, alis, leher, kepala, hingga bagian tengah dahi. Pijat selama 15 menit, cara ini mampu meringankan sakit kepala mendadak.

  1. Kompres Dengan Air Hangat atau Dingin
Baca Juga:  Hilangkan Mata Bengkak dengan Cara Mudah dan Cepat

Cara kedua ini dapat Anda lakukan untuk meringankan nyeri pada kepala. Anda bisa mengompres pada bagian mata atau kepala Anda. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan air hangat dan gunakan handuk atau kain untuk mengompresnya.

Alternatif untuk Meredakan Nyeri Kepala

Sakit kepala memang sangat mengganggu, apalagi terjadi secara mendadak di tengah aktivitas. Jika, sakit kepala justru tidak kunjung membaik, Anda dapat mengonsumsi obat medis untuk mengurangi nyeri, seperti paracetamol. Tidak hanya digunakan sebagai penurun demam saja, obat ini mampu mengatasi nyeri pada kepala.

Namun, apabila menggunakan obat medis, Anda perlu memperhatikan dosis penggunaannya. Selain itu, penggunaan obat medis jauh lebih aman, jika langsung di bawah arahan dokter atau melalui konsultasi.

Alternatif meredakan nyeri kepala lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Tidak hanya meredakan nyeri kepala, tetapi juga mencegah berbagai macam jenis sakit kepala. Misalnya, mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3, nutrisi ini sangat efektif mengatasi sakit kepala dan mampu menghambat hormon pemicu sakit kepala. Anda dapat mengonsumsi ikan, seperti salmon, tuna, atau tenggiri.

Selain itu, perbanyak konsumsi buah-buahan, seperti pisang dan semangka. Kurangnya kadar glukosa menyebabkan dehidrasi, sehingga oksigen menuju otak berkurang. Pisang memiliki rasa manis alami yang dapat meningkatkan kadar glukosa, sehingga meringankan gejala sakit kepala.

Cara menyembuhkan sakit kepala lainnya adalah dengan mengonsumsi buah semangka. Semangka sudah menjadi salah satu obat alami untuk meringankan hipertensi atau darah tinggi. semangka mengandung mineral yang cukup tinggi, sehingga mencegah dehidrasi.