Kemudahan Bertransaksi dengan Adanya ATM (Automated Teller Machine) BNI

bertransaksi dengan ATM BNI

Menyimpan uang di bank tentu akan lebih praktis dengan memiliki kartu ATM. Mengambil uang tabungan akan lebih mudah dengan cara mengambil uang di atm bni. Tidak perlu mengantri lama dan menyesuaikan jam kerja bank karena ATM buka selama 24 jam.

Jenis-jenis Mesin ATM

Setidaknya ada 4 jenis mesin ATM yang ada.

  1. ATM Tunai

ATM ini merupakan mesin yang paling banyak ada di lingkungan. Sesuai namanya fungsi dari ATM ini adalah untuk melakukan transaksi penarikan tunai. Misalnya saja cara mengambil uang di atm bni.

  1. ATM Non Tunai

Berlawanan dengan ATM tunai, ATM non tunai hanya bisa untuk transaksi non tunai. Tidak bisa untuk mengambil uang tunai melainkan untuk transfer, pembayaran tagihan, dan lain-lain.

  1. ATM Setor Tunai

Dengan ATM ini nasabah bisa menyetorkan uang tanpa harus mengantri pada teller. Nominal yang bisa terdeteksi oleh ATM ini biasanya pecahan 50.000 dan 100.000. Sebaiknya rapikan uang sebelum memasukkannya ke dalam mesin.

  1. ATM Serba Bisa

ATM ini bisa digunakan untuk semua transaksi perbankan. Nasabah bisa melakukan cara mengambil uang di atm bni, transaksi non tunai, hingga setor tunai. Meskipun termasuk langka tapi setidaknya ada 1 ATM serba bisa terutama yang berada di area bank.

bertransaksi dengan ATM BNI

Menarik Uang di ATM BNI

Bank BNI sebagai salah satu bank yang terkenal memiliki banyak mesin ATM yang tersebar dan memudahkan nasabah mengambil uang. Cara mengambil uang di atm bni adalah sebagai berikut.

  1. Mendatangi gerai ATM BNI yang dekat.
  2. Pilih ATM dengan nominal uang sesuai keinginan. Bisa pecahan 20.000, 50.000 atau 100.000.
  3. Masukkan kartu ATM pada slot yang biasanya berada di sebelah kanan dengan posisi kartu yang benar. Jangan memaksa untuk memasukkan kartu karena bisa saja kartu rusak atau tertelan.
  4. Pilih untuk menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  5. Memasukkan PIN ATM berupa 6 digit angka. Pastikan memasukkan angka yang benar. Karena jika salah 3 kali kartu akan terblokir dan harus mengurusnya ke bank.
  6. Memilih jumlah uang yang akan diambil. Bisa memilih nominal yang ada di layar atau bisa memasukkan nominal lain dengan memilih Penarikan Jumlah Lain.
  7. Memilih sumber penarikan dana apakah dari tabungan atau giro.
  8. Memilih untuk mencetak bukti transaksi atau tidak. Dan tunggu hingga uang keluar.
  9. Ambil uang dan konfirmasi penyelesaian transaksi dengan memilih Tidak. Kartu ATM akan keluar.
Baca Juga:  6 Cara Dapetin Uang dari TikTok

Cara Aman Mengambil Uang di ATM BNI

Kejahatan bisa terjadi di semua tempat selama ada kesempatan termasuk ketika mengambil uang di ATM. Berikut ini beberapa tips cara mengambil uang di atm bni yang aman.

  1. Memilih gerai ATM yang ada petugas keamanannya

Cara pertama adalah mendatangi gerai ATM yang berada di area bank yang biasanya ada petugas keamanan selama 24 jam. Selain itu bisa memilih ATM yang berada di minimarket yang tentu saja tidak sepi.

  1. Melindungi PIN

Gunakan tangan untuk menutupi jari yang sedang memasukkan PIN agar tidak ada orang lain yang melihatnya. Jangan pula memberikan PIN kepada siapapun termasuk petugas bank.

  1. Mengetahui call center bank

Jika ada masalah saat melakukan transaksi seperti kartu tertelan langsung hubungi call center bank. Jangan mempercayai orang lain yang menawarkan bantuan karena bisa saja merupakan oknum penipuan.

  1. Mengajak teman

Ajak saja teman dekat sebagai cara mengambil uang di atm bni yang aman terutama jika mengambil dalam jumlah yang banyak. Selagi mengambil uang teman bisa mengawasi area sekitar dan memberikan rasa aman.