Ini Nih Cara Convert Excel Ke Pdf Dengan Mudah, Intip Yuk !

cara convert excel ke pdf

File pdf merupakan file yang sering kita gunakan ketika ingin mengirim suatu dokumen ke seseorang atau perusahaan melalui email. Karena ketika mengirimkan dokumen berupa file pdf maka ukuran file yang akan kita kirim menjadi relatif lebih kecil. Selain itu file pdf juga bisa di buka di banyak aplikasi tanpa mengubah bentuk atau isi dari dokumen tersebut. Lalu bagaimana cara convert excel ke pdf ?

Convert Excel ke PDF

Sebenarnya cara convert excel ke pdf dapat kita lakukan dengan banyak cara, dari yang menggunakan microsoft office, menggunakan google spreadsheet, atau bisa juga dengan mengconvert nya dengan menggunakan beberapa website yang ada di google.

Mengconvert atau mengubah file excel menjadi file pdf juga bisa dilakukan menggunakan laptop maupun dengan smartphone yang kalian punya. Nah untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan dibawah ini !

Cara convert excel ke pdf menggunakan microsoft office

Cara yang pertama yaitu dengan cara convert excel ke pdf di office 2010, namun jika kalian tidak memakai microsoft office 2010, maka cara ini bisa juga dilakukan di microsoft office 365 dan 2019. Adapun langkah-langkahnya yaitu :

  • Siapkan terlebih dahulu dokumen excel yang akan kita convert ke dalam format PDF, pastikan layout pada dokumen excel sudah kita atur, agar hasilnya setelah kita convert akan terlihat rapi.
  • Lalu klik menu file pada dokumen excel, lalu pilih save as.
  • Setelah klik save as, akan keluar jendela save as. Lalu isi nama file pada bagian file name, dan pilih pdf pada bagian save as type.
  • Pada jendela save as, juga terdapat pilihan optimize for. Nah pada bagian ini pilihlah standar agar file kita tidak pecah nantinya.
  • Atau jika kalian ingin mengatur file pdf sesuai dengan yang kalian inginkan, maka klik tombol options, lalu atur sesuai dengan kebutuhan kalian, lalu klik ok.
  • Dan yang terakhir klik tombol save.
Baca Juga:  Bagaimana Cara Membuat Tulisan Melengkung di Word dengan Praktis dan Mudah

Cara convert excel ke pdf secara online

Cara convert excel ke pdf secara online  Nah untuk cara satu ini sangat mudah. Karena banyak layanan online atau website online yang bisa membantu kalian dalam mengconvert file sesuai dengan yang kalian inginkan. cara convert excel ke pdf online yaitu dengan kalian membuka aplikasi google kalian, lalu masukkan nama website yang akan kalian gunakan untuk mengconvert file excel ke pdf.

Nah untuk cara satu ini sangat mudah. Karena banyak layanan online atau website online yang bisa membantu kalian dalam mengconvert file sesuai dengan yang kalian inginkan. cara convert excel ke pdf online yaitu dengan kalian membuka aplikasi google kalian, lalu masukkan nama website yang akan kalian gunakan untuk mengconvert file excel ke pdf.

 

Cara convert excel ke pdf menggunakan google spreadsheet.

Untuk cara convert excel ke pdf selanjutnya yaitu dengan menggunakan google spreadsheet. Cara ini bisa kalian lakukan apabila kalian tidak memiliki aplikasi microsoft office di laptop/pc kalian. Nah untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Langkah pertama buka google spreadsheets pada akun google kalian, lalu buat dokumen baru.
  • Jika dokumen baru sudah terbuka, maka klik menu file kemudian klik buka file atau klik menu import.
  • Saat dokumen excel yang ingin kita convert masih tersimpan di laptop, maka pilih upload file terlebih dahulu, dan tunggu hingga proses upload selesai.
  • Saat dokumen sudah siap, klik menu file kembali lalu pilih menu cetak. Atau kalian juga bisa klik icon printer yang berada di icon bar.
  • Setelah kita klik menu cetak, maka akan keluar halaman setelan cetak. Nah pada halaman ini, kita bisa mengatur sheets mana yang akan kita convert ke pdf, dan juga mengatur margin dan ukuran kertasnya. Setelah itu klik tombol berikutnya.
  • Lalu akan keluar jendela preview print. Nah pada bagian jendela preview print, pada bagian destination akan keluar beberapa pilihan, pilihlah save as pdf ya. Lalu klik tombol save.