Ini Dia Cara Menanam Strawberry Di Dalam Pot Dengan Mudah

cara menanam strawberry

Tentunya buah strawberry sangat segar ketika anda mengolahnya menjadi minuman. Nah, untuk anda yang ingin sekali menanam strawberry, anda pun bisa menanamnya dengan mudah lho di dalam pot. Daripada penasaran seperti apa cara menanam strawberry di dalam pot, simak pembahasannya berikut ini.

Cara Menanam Strawberry dengan Pemilihan Bibit

Nah, cara menanam strawberry dengan mudah di dalam pot dari benih, maka hal ini bisa diperoleh dengan cara vegetatif dan generatif.

  • Perbanyakan secara vegetatif dilakukan dengan cara anakan serta membelah stolon. Nah, stolon sendiri adalah perpanjangan tunas yang akan tumbuh secara horizontal.
  • Perbanyakan secara generatif yaitu menggunakan benih tanaman strawberry yang bisa anda dapatkan di toko pertanian.

Adaptasi Terlebih dahulu Bibit Strawberry

Nah, seperti yang diketahui bahwa strawberry sendiri sudah seharusnya anda tanam di daerah dataran tinggi atau daerah dingin. Tetapi bukan berarti buah ini tidak bisa ditanam di kawasan atau daerah panas. Agar dapat membuat tanaman ini tumbuh, maka hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mengadaptasi terlebih dahulu bibit strawberry.

Anda dapat memindahkan bibit pada area yang panas ke area dingin di malam hari. Anda bisa menaruh bibit di ruangan yang ber-AC tiga sampai lima hari. Jangan lupa untuk menaikkan suhu AC sampai setara dengan suhu yang ada di ruangan. Geser bibit strawberry secara rutin ke ruangan yang panas setiap hari. Tujuannya adalah supaya bibit bisa terbiasa dengan suhu yang ada di lingkungan baru.

Siapkan Media Tanam

cara menanam strawberry

Nah cara menanam strawberry selanjutnya adalah dengan menentukan lahan tempat anda ingin melakukan penanaman. Siapkan polybag yang berkapasitas 5 kg untuk melakukan budidaya strawberry. Media tanah yang akan di isi ke dalam polybag bisa berupa campuran pupuk kompos dan tanah perbandingan 1:1, pasir, pupuk kandang, dan sedikit kapur. Nah, campurkan berbagai bahan tersebut hingga merata, dan diamkan 2 sampai 3 hari. Jika sudah, tinggal dimasukkan deh ke dalam polybag.

Baca Juga:  Bingung Cara Menanam Jahe Agar Hasil Melimpah? Simak Caranya Berikut Ini!

 

Masukkan Bibit ke Dalam Polybag

Kemudian buatlah lubang di media tanam polybag. Lalu masukkan bibit strawberry ke dalam lubang polybag yang ada sebagai tempat yang digunakan untuk menanam bibit. Namun jika anda menggunakan batang strawberry, maka anda bisa memasukkan batang tanaman ke dalamnya. Akan lebih baik jika menanam strawberry di pagi hari sebelum matahari terik supaya bibit yang baru ditanam tak mudah layu.

Jangan Lupa Memindahkan Bibit Strawberry ke Tempat Tanam Permanen

Ketika memindahkan bibit strawberry ke tempat tanam permanen, maka berhati-hatilah supaya tak merusak akarnya. Nah, peliharalah bibit yang telah dipindahkan dengan cara menyiramnya sehari 2 kali baik di pagi maupun di sore hari.

cara menanam strawberry

Penyiraman

Cara menanam strawberry di dalam pot akan semakin baik ketika anda bisa mengetahui proses penyiramannya. Penting banget nih untuk diingat jika anda tak boleh menyiramnya secara berlebihan ya. Namun siramlah sampai media tanam basah, yaitu tidak sampai tergenang air.

Pemberian Pupuk

Supaya tanaman bisa subur dan bisa cepat berbuah, maka jangan lupa untuk secara rutin memberikan pupuk. Sebaiknya pupuk yang digunakan adalah pupuk yang berasal dari bahan organik, misalnya nih campuran dari cangkang telur atau campuran pakan ayam.

Itu dia cara menanam strawberry yang bisa anda lakukan dengan mudah. Nah, jangan lupa untuk mencobanya di rumah dan semoga berhasil!