Ini Dia, Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan

cara cepat menyembuhkan sariawan

Sering kali, sariawan menyebabkan sensasi perih yang membuat sulit makan dan minum. Penyakit ini dapat disebabkan oleh faktor stress, kekurangan nutrisi, panas dalam, dan kurang menjaga kebersihan mulut. Sariawan dapat hilang dengan sendirinya selama 1-2 minggu. Namun, terdapat beberapa cara cepat menyembuhkan sariawan. Salah satunya, dengan mengobati menggunakan bahan alami.

Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan Secara Tradisional

Sariawan tidak membutuhkan perawatan khusus, karena dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, membutuhkan waktu yang lama hampir satu minggu, tergantung pula bagaimana mengatasi penyakit tersebut. Meski demikian, beberapa penggunaan bahan alami ini mampu mengatasi sariawan dengan cepat.

  1. Garam

Salah satu bahan dapur ini mampu mengobati sariawan. Caranya hanya dengan berkumur menggunakan larutan garam ataupun langsung menaburkan garam pada sariawan. Tidak hanya sebagai obat gatal saja, larutan garam mampu meredakan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan. Anda dapat mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam air. Garam memang memberikan reaksi yang perih, cukup kumur 15 detik atau langsung menaburkannya pada sariawan. Cara ini efektif untuk mengurangi peradangan.

  1. Madu

Madu sudah dikenal sebagai baham alami yang mampu mengobati infeksi atau anti radang. Anda dapat mengoleskan madu pada sariawan sebanyak tiga kali sehari atau sesuai kebutuhan. Gunakan madu murni dan belum tercampur pada pemanis buatan, agar khasiatnya lebih alami. Anda juga bisa mengonsumsi madu secara rutin, untuk mencegah timbulnya sariawan.

  1. Daun Sirih

Obat tradisonal ini memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Daun sirih mengandung antioksidan, bersifat anti radang, anti bakteri, dan mampu mengobati infeksi, serta mengatasi sariawan. Selain itu, daunnya dapat direbus, lalu digunakan berkumur atau daunnya dapat langsung dikonsumsi dengan cara dikunyah. Sebagai obat herbal, daun sirih digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, agar terhindar dari bakteri penyebab sariawan.

  1. Lidah Buaya
Baca Juga:  4 Cara Menyembuhkan Gigi Sakit dengan Bahan-bahan yang Ada di Rumah

Lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan sariawan. Tanaman alami ini mengandung antiseptik yang dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat. Gunakan lidah buaya yang alami tanpa campuran apapun, lalu teteskan lendir lidah buaya langsung ke sariawan.

  1. Buah Lemon

Cara cepat menyembuhkan sariawan dengan menggunakan buah lemon. Lemon mengandung anti septik dan anti jamur alami yang dapat menyembuhkan sariawan. Anda dapat menggunakan air perasan lemon yang dicampur air hangat atau tanpa campuran air. Teteskan langsung air lemon pada sariawan. Namun, air lemon akan menghasilkan rasa yang sedikit perih.

cara cepat menyembuhkan sariawan

Makanan Untuk Mengobati Sariawan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, lebih baik mencegah agar sariawan tidak sering muncul kembali. Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan sehat di bawah ini

  1. Makanan Mengandung Vitamin C

Kurangnya mengonsumsi vitamin C merupakan salah satu penyebab timbulnya sariawan. Untuk itu, perbanyak konsumsi vitamin C agar meningkatkan sistem imun. Salah satunya, dengan konsumsi buah-buahan, seperti jeruk dan lemon

  1. Konsumsi Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan alternatif untuk mencegah berbagai macam bakteri. Di samping itu, makanan ini dapat mempercepat penyembuhan sariawan dan mengembalikan keseimbangan bakteri. Anda dapat mengonsumsi yoghurt tanpa pemanis, karena kandungan gula dapat menyebabkan sariawan semakin berkembang.

  1. Konsumsi Sayur dan Buah

Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, Zinc, dan Zat besi. Nutrisi tersebut diperolah dari sayur dan buah-buahan, seperti mengkonsumsi bayam, brokoli, dan ati sapi. Cara cepat menyembuhkan sariawan ala rumahan ini dapat Anda terapkan dengan mudah. Jangan lupa untuk mengatasi sariawan, hindari makanan pedas dan asam yang dapat meningkatkan sariawan, serta perbanyak konsumsi air putih.