Ini Dia 5 Cara Menyembuhkan Asma Agar Tidak Kambuh Lagi

cara menyembuhkan asma agar tidak kambuh lagi

Asma merupakan salah satu penyakit yang sering kambuh. Untuk itu, penderita penyakit tersebut sampai saat ini berusaha mencari cara menyembuhkan asma agar tidak kambuh lagi. Padahal perlu diketahui bahwa penyakit ini tidak mungkin sembuh total karena disebabkan oleh faktor genetis. Namun jangan berkecil hati karena adalah beberapa cara yang dapat diupayakan untuk mencegah penyakit tersebut kambuh sewaktu-waktu.

Cara Menyembuhkan Asma Agar Tidak Kambuh Lagi Dengan Menghindari Pemicu Asma

Asma dapat kambuh sewaktu-waktu dan di mana saja. Hal ini disebabkan karena pembengkakan di saluran udara karena faktor pemicu. Ketika seseorang didiagnosis mengalami asma, Anda wajib mengetahui hal-hal spesifik yang memicu serangan. Dengan menghindarinya, ini dapat menjadi kunci penting cara menyembuhkan asma agar sembuh total dan jarang kambuh.

Penyakit asma yang disebabkan alergi biasanya menyebabkan bingung faktor penyebab utamanya. Jadi sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan tes alergi dan menemukan alergen untuk meminimalkan penyakit tersebut kambuh.

Menghindari Udara Dingin

Ketika berada di tempat yang bersuhu dingin contohnya di negara yang bersalju, musim gugur, atau di ruangan yang dingin, tutup hidung dengan masker atau selendang. Udara dingin diketahui menjadi faktor yang menyebabkan asma sering kambuh.

Hindari Olahraga Berat

Olahraga berat dapat memicu asma kambuh karena menguras banyak energi dan melelahkan. Jenis olahraga yang dianjurkan untuk penderita asma adalah senam, berenang, jalan kaki, dan bersepeda.

Hindari Aktivitas Bersih-bersih di Tempat yang Sangat Kotor

Kegiatan bersih-bersih seperti menyapu lantai, menggunakan vacuum cleaner, atau membersihkan perabot dengan kemoceng dapat memicu asma kambuh. Bila memungkinkan, penderita perlu meminta bantuan dari orang lain untuk membersihkannya.

Saat proses membersihkan rumah, sebaiknya penderita asma juga menunggu di luar. Jika memang harus melakukan kegiatan ini sendiri, sebaiknya pakailah masker dan pilih vacuum dengan microfilter atau HEPA.

Baca Juga:  Atur Pola Hidup Sehat : Ini, Cara Menyembuhkan Varises

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Asma kambuh dapat disebabkan karena infeksi saluran pernapasan. Untuk mencegah hal ini, pastikan untuk selalu menjaga imunitas tubuh dengan konsumsi makanan bergizi. Jauhi orang yang sedang sakit dan dapatkan vaksinasi sesuai dengan ajuran dokter.

cara menyembuhkan asma agar tidak kambuh lagi

Menghindari Makanan Penyebab Asma Kambuh

Makanan bergizi yang dikonsumsi oleh penderita asma juga harus dipilih dengan cermat. Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari dan dapat menjadi cara menyembuhkan asma agar tidak kambuh lagi di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Telur

Seseorang yang alergi telur biasanya akan menimbulkan reaksi berupa biduran dan asma. Alergi telur biasnya terjadi pada anak-anak. Tetapi banyak juga orang dewasa yang asma alergi terhadap telur. Jika alergi terhadap makanan ini, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi telur.

  • Susu

Susu adalah minuman yang baik untuk kesehatan. Tetapi bagi sebagian orang, susu dapat memicu serangan asma seperti batuk, mengi, atau gangguan pernapasan lainnya. Jika alergi terhadap susu, maka sebaiknya hindari juga konsumsi produk olahan susu yang lain seperti yoghurt dan keju.

  • Kacang

Kacang juga menjadi makanan yang dapat memicu asma. Walaupun demikian, tidak semua penderita asma alergi kacang. Kacang yang menyebabkan asma biasanya terjadi pada orang-orang yang alergi kacang. Sedangkan orang alergi kacang kadang alergi juga terhadap debu, bulu binatang, dan serbuk sari.

  • Kerang

Makanan selanjutnya yang menyebabkan asma adalah kerang. Kerang berpotensi menyebabkan alergi dan memicu sesak napas pada sebagian orang. Bagi orang yang alergi kerang, maka sebaiknya juga menghindari konsumsi lobster, udang, kepiting, dan tiram.

  • Makanan Instan

Asma juga sering kambuh karena konsumsi makanan instan, khususnya orang hipersensitif. Hal ini disebabkan karena kandungan pengawet yang terdapat pada produk makanan instan. Buah, sayuran, atau sup instan biasanya mengandung bahan pengawet yang memicu asma kambuh.

  • Acar
Baca Juga:  Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan beserta Persyaratannya

Acar merupakan makanan yang sering ditambahkan pada hidangan seperti nasi goreng atau roti isi. Namun perlu diketahui bahwa makanan tersebut mengandung sulfit yang merupakan pengawet. Jadi penderita asma sebaiknya menghindari acar dan makanan sejenis seperti campuran saus salad dan saus lobak.

Demikian sedikit informasi mengenai cara mengatasi asma dan makanan yang menyebabkan asma. Menghindari berbagai pemicu asma dapat menjadi cara menyembuhkan asma agar tidak kambuh lagi yang paling mungkin dilakukan.