Ingin Memulai Usaha Sendiri? Simak Dulu Artikel Ini!

cara membuka usaha sendiri

Dewasa ini, peluang memulai berwirausaha dinilai paling efektif dan efisien. Terutama dalam masa pandemi ini, sebagian masyarakat berlomba-lomba untuk mencoba peruntungan tersebut. Dari bisnis produk; seperti makanan dan pakaian, hingga bisnis jasa; seperti jasa penulis lepas. Namun, beberapa orang mungkin belum pernah memiliki pengalaman yang solid, sehingga bingung tentang cara membuka usaha.

Memang diperlukan determinasi dan niat yang kuat, sebelum terjun ke dunia usaha. Belajar & memperluas pengetahuan, menjadi kunci utama bagi mereka yang ingin merintis dari nol. Lalu, bagaimana sih cara membuka usaha yang relatif mudah bagi para starters? Dan bagaimana cara bersaing di luar sana sebagai salah satu syarat cara membuka usaha sendiri. Mari kita simak bersama!

Beberapa Hal Yang Wajib Anda Pahami Sebelum Memulai Usaha 

Sebelum kita menelusuri cara membuka usaha sendiri, ada baiknya anda mengetahui beberapa hal. Perencanaan baik berdasarkan poin-poin ini tentunya akan menjadi fondasi kuat bagi usaha anda. Seperti layaknya membuat suatu makalah penelitian, anda bisa mulai menyusun ‘identifikasi masalah’ yang memuat pertanyaan-pertanyaan, yang jawabannya merujuk ke tujuan anda memulai usaha. Misalnya seperti ini: ‘apakah bidang yang menjadi keahlian saya?’, ‘apa yang kiranya menjadi hambatan terbesar kinerja saya?’, ‘apa yang sekiranya faktor bisa mendukung usaha saya?’, dan sebagainya.

Secara singkat dan ringkas, inilah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum membuka usaha!

  • Jenis badan usaha yang anda inginkan.

Di luaran sana, terdapat banyak sekali jenis usaha yang bersaing di lapangan. Pemilihan badan usaha yang tepat akan menyesuaikan dengan situasi usaha dan pembayaran pajak anda. Misalnya, usaha makanan anda memilih badan usaha perusahaan perorangan atau anda membuka usaha jasa kenotariatan, anda disarankan memilih firma.

Baca Juga:  Cara Kaum Milenial Memanfaatkan Google AdSense untuk Mendapatkan Uang

cara membuka usaha sendiri

  • Target pasar.

Poin ini tidak kalah penting untuk jadi pertimbangan anda. Sebelum memulai usaha, anda perlu untuk menentukan target pasar anda. Misalnya, anda ingin usaha makanan, anda bisa melihat siapa yang anda targetkan; jika untuk nongkrong anak muda, anda bisa membentuk café atau kedai yang cozy. Sebaliknya, jika sasarannya adalah keluarga, komunitas pekerja kantoran, anda bisa membentuk usaha saung atau rumah makan dengan lingkup yang lebih besar.

  • Sumber pendanaan. 

Perencanaan yang matang juga harus menyertakan sumber pendanaan usaha anda. Hal ini untuk mengantisipasi segala hal kedepannya, dan menentukan berapa persen keuntungan dari modal awal usaha anda.

Cara Membuka Usaha Kecil-Kecilan, Yang Bisa Anda Terapkan 

Membuka usaha sebenarnya susah-susah gampang. Tapi bukan berarti, tidak ada cara membuka usaha yang jitu untuk jangka panjang. Bagi anda para pemula dalam bisnis, atau baru ingin memulai usaha; anda bisa menyimak beberapa cara membuka usaha yang cukup efektif, yang sudah penulis rangkum menjadi beberapa poin.

  • Memperluas pengetahuan mengenai akuntansi dan administrasi. 

Sebagai calon wirausaha, pengetahuan dan kemampuan dalam bidang ini sangat diperlukan oleh anda. Dalam berusaha, anda perlu untuk bisa menghitung pengeluaran dan pemasukkan, dan tentunya tidak mencampurkan dengan kebutuhan pribadi.

  • Menentukan Visi, misi, dan konsistensi 

Ini cara membuka usaha yang sangat menantang sebenarnya. Sebelum anda merintis, ada baiknya anda menentukan visi dan misi usaha anda. Visi dan misi merupakan acuan agar anda tetap konsisten dalam menjalankan usaha anda.

  • Percaya diri yang terus ditingkatkan. 

Tetapkan hati dan selalu berpikir optimistik