Ikuti 8 Tahapan Cara Menanam Bawang Merah Di Pot

. cara menanam bawang merah di pot

Cara menanam bawang merah di pot sangat dibutuhkan, utamanya oleh Anda yang memiliki lahan terbatas. Lantas seperti apa kiranya cara penanaman bawang merah tersebut? Berikut penjelasannya :

Mengenal tumbuhan bawang merah 

Bawang merah dikenal sebagai jenis tanaman yang umumnya digunakan sebagai bumbu dapur. Selain hadir dengan aroma yang khas, bawang merah juga memiliki banyak manfaat. Karena itulah banyak orang yang ingin menanamnya, baik itu untuk kepentingan bisnis atau bahkan kebutuhan pribadi.

Langkah tepat cara menanam bawang merah di pot 

Pada umumnya proses penanaman bawang merah dilakukan pada lahan dengan area yang cukup luas. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki lahan terbatas dan ingin melakukan penanaman bawang merah hanya untuk kepentingan pribadi. Ada cara mudah yang dapat Anda gunakan, cara tersebut adalah menanam bawang menggunakan pot.

Berikut ini adalah beberapa tahapan langkahnya :

  1. Persiapkan pot 

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat hendak menanam bawang adalah mempersiapkan pot. Pot yang akan digunakan pastikan memiliki diameter sebesar 6 inci. Dengan demikian satu siung bawang merah pun dapat berkembang dengan lebih baik.

Selain itu, saat memilih pot. Pastikan agar pot tersebut memiliki lubang drainase yang mencukupi. Ada pun jika pot tidak disertai dengan lubang, maka Anda pun harus membuat lubangnya terlebih dahulu.

  1. Sediakan media tanam 

Bagian selanjutnya adalah mengisi pot yang telah disediakan menggunakan media tanam. Untuk media tanam terbaik adalah campuran tanah dengan kompos dalam komposisi yang sama.

  1. Pisahkan bagian siung 

Langkah selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memisahkan siung individu dengan jenis umbi bawang yang tentunya lebih besar. Untuk memisahkan kedua bagian tersebut, Anda dapat menggunakan ibu jari Anda. Pastikan pula untuk memisahkannya secara perlahan dan menggunakan tekanan yang lembut.

Baca Juga:  Cara Menanam Terong Dengan Benar

cara menanam bawang merah di pot

  1. Masukkan ke dalam pot 

Bagian selanjutnya adalah memasukkan bawang merah ke bagian dalam dalam tanah. Untuk cara menanam bawang merah di pot ini, pastikan agar bagian akar yang dimilikinya berada di bagian bawah.

Selain itu, pastikan untuk menguburnya tidak terlalu dalam. Karena ketika Anda menanamnya terlalu dalam, bagian kecambah yang ditimbulkannya pun akan sulit untuk keluar dari dalam tanah.

  1. Perhatikan asupan sinar matahari 

Apabila beberapa langkah di bagian atas tadi telah selesai Anda lakukan. Pada tahap selanjutnya, pastikan untuk menyimpan pot yang telah ditanam bawang merah tersebut di area yang terkena sinar matahari.

Bawang merah termasuk dalam salah satu jenis tanaman yang menyukai cahaya matahari. Karena itulah, keberadaannya pun akan tumbuh subur di area yang memiliki sinar matahari yang cukup.

  1. Siram secara rutin 

Untuk proses menyiram bawang merah, pastikan Anda menggunakan semprotan yang lembut. Karena dengan alat tersebut, tentunya tanah pada bagian pot pun tidak akan berserakan.

Apabila hal tersebut telah dilakukan, maka bagian selanjutnya Anda hanya perlu melakukan proses penyiram secara rutin. Selain menjadikan tanaman tumbuh dengan baik. Hal tersebut juga akan menjaga kondisi tanah agar berada dalam keadaan lembab.

  1. Berikan pupuk 

Selanjutnya hal yang harus Anda lakukan adalah memberikan pupuk. Kegiatan yang satu ini dapat dilakukan pada pertengahan musim tanam. Pupuk yang hendak diberikan dapat Anda diencerkan terlebih dahulu menggunakan air dengan perbandingan yang tepat.

  1. Panen

Tahapan paling akhir adalah kegiatan panen. Bagian yang satu ini dapat dilakukan apabila kondisi daun yang hijau telah menguning. Cara panen dapat dilakukan dengan menggunakan tangan atau bahkan garpu tanam.

Itulah kiranya 8 langkah tepat dari cara menanam bawang merah di pot yang dapat Anda ikuti dengan mudah.

Baca Juga:  Ini Dia Cara Menanam Strawberry Di Dalam Pot Dengan Mudah