Hilangkan Mata Bengkak dengan Cara Mudah dan Cepat

cara menyembuhkan mata bengkak dalam 10 menit

Merasakan emosi yang meluap tentu akan menyebabkan keadaan tertentu sebagai reaksi. Terlalu sedih atau bahagia akan membuat orang menangis hingga dalam waktu yang lama dan mata akan menjadi bengkak. Agar tidak mengganggu penampilan maka gunakan cara menyembuhkan mata bengkak dalam 10 menit.

Menyembuhkan Mata Bengkak Karena Menangis dalam 10 menit

Untuk menghilangkan bengkak pada mata setelah menangis bisa menggunakan cara berikut ini.

  1. Kompres mata dengan air dingin

Gunakan kain bersih dan celupkan pada air dingin kemudian kompreskan pada mata selama setidaknya 10 menit. Atau bisa membungkus es batu pada handuk bersih dan menekan secara lembut pada sekeliling mata.

  1. Menggunakan timun

Cara menyembuhkan mata bengkak dalam 10 menit selanjutnya memanfaatkan kompres dengan timun. Ambil timun dari dalam kulkas cuci dan potong sejumlah 2 potongan saja. Kompres pada mata dan diamkan hingga timun sudah tidak dingin lagi.

  1. Kompres dengan kantung teh

Ambil dua kantung teh dan basahi dengan air kemudian dinginkan di dalam kulkas selama 20 menit. Kemudian kompreskan pada kedua mata selama 15 hingga 30 menit. Kafein dalam teh akan meredakan pembengkakan meski akibat iritasi.

  1. Aplikasikan make up

Jika sedang tergesa-gesa tentu tidak akan sempat melakukan cara menyembuhkan mata bengkak dalam 10 menit. Solusinya adalah dengan menggunakan concealer untuk menyembunyikan bengkak pada mata. Meskipun bengkak belum reda namun bisa menutupinya untuk sementara waktu.

  1. Meninggikan kepala saat tidur

Atur posisi kepala lebih tinggi ketika hendak tidur. Tidak hanya bisa menyembuhkan bengkak setelah menangis, namun bisa memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik.

  1. Mengaplikasikan witch hazel

Witch hazel dapat mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit sehingga mata bengkak berkurang. Caranya dengan meneteskan witch hazel secukupnya pada kapas lalu menempelkannya pada kedua mata selama 5 hingga 10 menit.

  1. Menggunakan lidah buaya
Baca Juga:  Simak Cara Menyembuhkan Mata Minus Parah Secara Alami

Lidah buaya dapat menyembuhkan bengkak karena terdapat zat anti inflamasi di dalamnya. Caranya dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan vitamin E dan mengoleskannya pada mata yang bengkak.

cara menyembuhkan mata bengkak dalam 10 menit

Penyebab Mata Bengkak selain Menangis

Selain karena menangis berikut ini beberapa penyebab mata bengkak yang bisa sembuh dengan cara menyembuhkan mata bengkak dalam 10 menit.

  1. Bintitan (Hordeolum)

Bintitan terjadi karena adanya infeksi atau peradangan pada kelenjar kelopak mata. Selain bengkak mata akan memerah dan terasa gatal. Untuk mempercepat penyembuhan hindari penggunaan lensa kontak dan kosmetik terlebih dahulu.

  1. Kalazion

Kalazion terjadi karena adanya penyumbatan kelenjar minyak pada kelopak mata sehingga menjadi bengkak dan sakit. Jika bengkak berukuran cukup besar akan mengganggu penglihatan. Selain dengan kompres bisa juga menyembuhkan dengan salep atau obat tetes mata.

  1. Kurang tidur

Pembuluh mata bagian bawah melebar dan nampak merah kebiruan serta mata terasa gatal dan kering. Meskipun terasa gatal jangan mengucek mata karena bisa menyebabkan infeksi. Gunakan obat tetes mata jika ingin mata tetap lembab.

  1. Saluran air mata tersumbat

Jika saluran air mata tersumbat maka air mata tidak bisa keluar dengan normal. Kelopak mata akan memerah dan menimbulkan rasa nyeri serta terdapat belek. Biasanya keadaan ini tidak berbahaya dan bisa menanganinya dengan cara menyembuhkan mata bengkak dalam 10 menit dengan kompres air hangat.

  1. Penggunaan kosmetik

Kandungan pada produk kosmetik seperti eyeshadow dan eyeliner memiliki beberapa kandungan yang mungkin tidak cocok untuk sebagian orang. Jika kosmetik menimbulkan reaksi negatif maka hentikan pemakaian dan segera obati mata. Selain itu aplikator kosmetik yang tidak bersih juga bisa menyebabkan mata bengkak.