Gampang Banget! Yuk, Cari Tahu Cara Tukar Uang 75rb beserta Syaratnya

cara tukar uang 75rb

Cara tukar uang 75rb mungkin sudah diketahui oleh sebagian orang. Namun, sebagian orang lainnya belum mengetahui bagaimana cara tukar uang 75rb. Kamu tak perlu bingung dengan hal ini karena dalam artikel berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mendapatkan uang pecahan Rp 75.000.

Latar Belakang Pengeluaran UPK 75

cara tukar uang 75rb

Pada dasarnya, UPK 75 rb ini hadir sebagai uang peringatan atau commemorative money). Uang peringatan adalah uang rupiah yang secara khusus dikeluarkan untuk memenuhi tujuan tertentu atau digunakan sebagai peringatan suatu peristiwa yang berskala nasional atau internasional.

Biasanya, uang rupiah diterbitkan secara rutin sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menyediakan alat pembayaran yang sah.

Sedangkan, commemorative money hanya diterbitkan dalam saat-saat tertentu saja. Sebelumnya, Indonesia pernah menerbitkan uang peringatan sebanyak 10x, 3 diantaranya diterbitkan untuk peringatan hari Kemerdekaan NKRI. Uang peringatan kali ini juga diterbitkan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 sebagai bentuk rasa syukur terhadap pencapaian hasil pembangunan Indonesia 75 tahun terakhir. Uang ini juga digunakan sebagai simbol untuk memperkuat kebhinekaan dan sikap optimis dalam menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik.

Syarat Penukaran

A. Individu

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Memiliki kartu identitas berupa KTP
  3. Membawa bukti pemesanan

B. Kolektif

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Memiliki kartu identitas berupa KTP
  3. Minimal membawa 17 orang
  4. Satu KTP yang dibawa dapat digunakan untuk menukar 1 lembar UPK 75 RI

Cara Tukar Uang 75rb

A. Penukaran Individu

Berikut adalah cara tukar uang 75rb yang benar secara individu:

  1. Pertama, kamu harus memilih tanggal dan lokasi penukaran UPK 75 Tahun  RI kemudian lakukan pengisian data pemesanan pada PINTAR. Data yang diminta meliputi nama lengkap, nomor identitas, jumlah yang akan ditukar, alamat email, nomor telepon, serta kode captcha.
  2. Setelah melakukan pengisian data pemesanan, kamu akan mendapatkan bukti pemesanan. Bukti pemesanan sebaiknya disimpan dalam bentuk cetak dan digital.
  3. Tukarkan UPK 75 secara langsung berdasarkan tanggal dan lokasi yang tertera pada bukti pemesanan.
  4. Jangan lupa membawa kartu identitas asli, bukti pemesanan, serta uang tunai yang akan ditukarkan.
  5. Dalam proses penukaran, tetap patuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.
  6. Penukaran ini dapat diwakilkan oleh orang lain dengan membawa surat kuasa bermaterai, kartu identitas asli, serta bukti pemesanan.
Baca Juga:  Cara Transfer Uang Ke Rekening Orang Tanpa Harus Menggunakan ATM

B. Penukaran Kolektif

Berikut adalah cara tukar uang 75rb yang benar secara kolektif

  1. Salah satu wakil penukar menyampaikan scan formulir permohonan penukaran dari seluruh daftar pemesan (minimal 17 orang) dalam bentuk file Microsoft Excel dan dikirimkan kepada BI melalui email.
  2. Selanjutnya BI melakukan verifikasi pemesanan tersebut dan memberikan bukti pemesanan melalui email.
  3. Penukaran UPK 75 dapat dilakukan secara langsung berdasarkan tanggal dan lokasi yang tertera pada bukti pemesanan.
  4. Jangan lupa membawa formulir permohonan penukaran yang asli, fotokopi kartu identitas dari semua pemesan, kartu identitas asli perwakilan, bukti pemesanan, serta uang tunai yang akan ditukar.
  5. Bagi setiap perwakilan, diharapkan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.
  6. Jika penukaran dilakukan tidak sesuai dengan tanggal dan lokasi yang tertera pada bukti pemesanan.

Nah, sekarang kamu telah mengetahui cara tukar uang 75rb yang benar beserta syaratnya. Banyak orang berbondong-bondong melakukan penukaran karena uang pecahan Rp 75.000 ini tidak diproduksi secara rutin, hanya pada waktu tertentu saja. Yuk, segera ikut menukarkan uang pecahan Rp 75.000 sebelum kamu kehabisan!