Inilah 4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel yang Mudah Dilakukan

Cara Transfer Pulsa Telkomsel

Pengguna internet di Indonesia bisa dibilang sangatlah banyak. Dengan adanya smartphone, kini kuota menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh semua orang. Maka dari itu, tak banyak orang yang membutuhkan pulsa. Akan tetapi, pulsa tetap menjadi salah satu pilihan untuk menghubungi seseorang. Misal saat kuota tiba-tiba habis, atau Anda berada di tempat terpencil yang susah mendapat sinyal internet. Jika sudah begitu, Anda tentu bisa kesulitan untuk menghubungi banyak orang. Apalagi saat ada hal-hal penting yang harus segera dibicarakan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meminta transfer pulsa dari teman. Nah, bagaimana cara transfer pulsa Telkomsel? Jika ingin tahu, simak ulasan berikut ya.

 

Transfer Pulsa dengan Panggilan USSD *858*

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mentransfer pulsa adalah dengan kode USSD. Adapun cara ini bisa dilakukan untuk mentransfer pulsa sesama nomor Telkomsel. Jadi tidak bisa dilakukan untuk mengirim pulsa dengan nomor tujuan beda kartu. Nah, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengirim pulsa dengan kode USSD:

  1. Pertama, bukalah menu telepon pada smartphone Anda
  2. Kedua, gunakanlah kode berikut ini : *858*nomor Telkomsel tujuan transfer pulsa*nominal pulsa yang hendak dikirim#. Misal, Anda ingin mengirimkan pulsa sebesar 20 ribu rupiah ke nomor 082260686867. Maka masukkan *858*082260686867*20.000#
  3. Setelah selesai memasukkan seperti contoh di atas, akan ada konfirmasi pop-up yang muncul di HP Anda. Biasanya, Anda akan diminta mengklik angka 1 untuk menyatakan persetujuan. Jika sudah di klik angka 1, selanjutnya tunggulah beberapa saat sampai ada SMS.
  4. Terakhir Anda akan mendapatkan pesan atau SMS dari 858 yang menyatakan bahwa transfer pulsa sesama Telkomsel telah berhasil.

Jika sudah ada SMS seperti itu, artinya pengiriman pulsa pun telah berhasil dilakukan.

Baca Juga:  4 Cara Melacak HP yang Hilang dengan Mudah

 

Transfer Pulsa dengan Aplikasi MyTelkomsel

Melalui aplikasi Mytelkomsel ini, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Jika Anda adalah pengguna setia Telkomsel jangan lupa untuk mendownload aplikasi ini supaya lebih mudah dalam melakukan banyak hal. Seperti melihat penggunaan data, mencari Grapari, membeli paket internet, mengetahui jumlah poin, menukar poin, termasuk pula untuk mentransfer pulsa ke sesama pengguna Telkomsel. Nah, untuk transfer pulsa dengan aplikasi ini, berikut adalah cara transfer pulsa Telkomsel melalui aplikasi:

  1. Jika belum memiliki aplikasinya, download dan instal lebih dulu. Jika sudah, bukalah aplikasi My Telkomsel.
  2. Cari dan pilihlah menu Gift atau Hadiah di layar utama.
  3. Jika sudah dipilih, masukkan nomor tujuan yang hendak Anda kirimi pulsa.
  4. Cek kembali dan pastikan nomornya sudah tepat.
  5. Klik Credit Transfer atau Transfer Pulsa.
  6. Akan ada beberapa pilihan untuk melakukan pembayaran. Pilihlah salah satu metode pembayarannya.
  7. Periksa HP Anda karena akan ada kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Jika sudah ada, masukkan kode tersebut.
  8. Nah, setelah selesai, akan ada notifikasi pemberitahuan. Jadi cobalah untuk mengecek apakah sudah pemberitahuan tentang berhasilnya pengiriman pulsa atau belum. Jika sudah, maka pengiriman pun telah sukses dilakukan.

 

Transfer Pulsa Telkomsel via SMS

Selain dua cara di atas, masih ada cara lain untuk melakukan transfer pulsa. Anda bisa melakukan transfer ke sesama pengguna Telkomsel melalui SMS. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah menu pesan seperti ketika Anda  hendak mengirimkan pesan ke seseorang.
  2. Di badan pesan ketikkan SMS seperti berikut ini, “TPULSA (spasi) nominal pulsa yang ingin ditransfer”.  Contohnya yaitu : TPULSA 20000
  3. Jika sudah, lihat ke kolom penerima. Masukkan nomor pengguna Telkomsel yang ingin Anda kirimi pulsa.
  4. Setelah itu, kirimkan pesan tersebut dan pastikan pesannya terkirim dan diterima dengan baik.
  5. Apabila pengiriman pulsa sukses dilakukan, akan ada SMS pemberitahuan. Dari sana, Anda akan tahu apakah pengiriman sudah berhasil dilakukan atau belum.
Baca Juga:  Cara Mengubah JPG Ke PDF dengan Simpel dan Cepat

 

Transfer Pulsa Telkomsel dengan menu USSD *858#

Nah, ini adalah cara terakhir yang bisa Anda coba untuk mengirimkan pulsa ke pengguna Telkomsel lainnya. Jika cara-cara di atas gagal atau tidak bisa Anda lakukan, cobalah untuk melakukan transfer pulsa dengan cara berikut ini:

  1. Bukalah menu telepon di HP Anda
  2. Ketikkan *858# kemudian ketuk tombol untuk memanggil
  3. Jika sudah, nantinya akan muncul pop-up di HP. Di sana akan ada beberapa pilihan untuk dilakukan. Ketikkan angka 1 karena biasanya Transfer Pulsa atau Credit Transfer ada di angka 1.
  4. Setelah itu masukkanlah nomor tujuan yang ingin Anda transferi pulsa. Sertakan pula jumlah nominal yang ingin dikirimkan.
  5. Setelah itu klik angka 1 kembali untuk menyatakan persetujuan Anda. Jika sudah, transfer pulsa pun selesai dilakukan. Tanda jika pengiriman pulsa telah berhasil dilakukan adalah adanya SMS pemberitahuan setelah langkah terakhir dilakukan. Jika sudah mendapat SMS, artinya pengiriman pun telah sukses.

 

Syarat dan Ketentuan Pengiriman Pulsa

Telkomsel memang memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Salah satunya untuk melakukan transfer pulsa ke sesama. Namun sayangnya, memang belum ada fitur untuk Anda bisa mengirimkan pulsa ke pengguna dengan kartu lain. Untuk transfer pulsa Telkomsel ini bisa Anda lakukan ke sesama pengguna Telkomsel, seperti Simpati, Kartu AS maupun kartu Simpati Loop. Akan tetapi, ada beberapa syarat dan ketentuan pula yang harus dipenuhi supaya dapat mengirimkan pulsa. Nah, berikut adalah syarat dan ketentuannya:

  • Jumlah nominal pulsa yang dikirimkan ke pengguna Telkomsel lain adalah sebesar Rp 5.000
  • Biaya untuk sekali transfer adalah sebesar Rp 1.500 dan akan dikenakan atau dipotong dari pulsa si pengirim
  • Anda bisa melakukan transfer pulsa sebanyak 100 kali dalam waktu satu hari. Adapun akumulasi jumlahnya maksimal adalah sebesar Rp 1.000.000
  • Syarat berikutnya, baik nomor pengirim maupun yang dikirimi pulsa harus sama-sama aktif. Jadi ketika hendak mengirim pulsa, pastikan dulu nomor penerima sudah aktif. Pastikan pula sinyal di penerima maupun pengirim lancar dan bagus.
  • Apabila nomor penerima sedang dalam masa isi ulang atau grace period, maka pastikan dulu untuk segera menyelesaikan masalah tersebut
  • Setelah melakukan pengisian pulsa ke nomor Telkomsel lainnya, sisa pulsa pengirim minimal adalah Rp 5.000. Jadi, jika hendak mengirimkan pulsa ke nomor lain, setidaknya Anda harus memiliki pulsa di HP sejumlah Rp 11.500. Dengan begitu, pengiriman pun bisa dilakukan dengan sukses.
Baca Juga:  Cara Registrasi Kartu Telkomsel Anti Ribet

 

Nah, itulah tadi cara transfer pulsa Telkomsel yang sangat mudah dilakukan. Jika kesulitan dengan satu cara, Anda bisa mencoba cara lainnya. Ada 4 cara yang bisa Anda pakai untuk mengirimkan pulsa ke sesama pengguna Telkomsel. Jika ingin mentransfer pulsa, Anda juga harus mengetahui syarat dan ketentuannya ya. Karena jika pulsa pengirim tidak mencukupi, maka pengiriman pulsa pun tidak dapat dilakukan. Jadi pastikan dulu jika syarat yang sudah disebutkan di atas telah terpenuhi.