Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama dan Operator Lain

cara transfer pulsa Indosat

Kuota internet saat ini menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setiap pengguna smartphone. Namun di sisi lain, pulsa juga tetap menjadi andalan utama yang memungkinkan Anda untuk berhubungan dengan orang lain. Apalagi saat sinyal sedang cukup susah untuk mengakses internet. Tentu Anda akan membutuhkan pulsa, apalagi saat harus dengan segera menghubungi seseorang. Nah, apabila Anda adalah pengguna kartu perdana Indosat dan ingin mentransfer pulsa ke teman atau saudara, berikut akan Kami jelaskan cara transfer pulsa Indosat ke sesama operator dan operator lainnya.

 

Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama Pengguna Indosat

Ketika Anda dalam posisi genting dan harus segera berkomunikasi dengan orang lain, maka pulsa adalah solusi utama. Dengan telepon menggunakan pulsa, sambungan telepon biasanya akan lebih bagus dibanding telepon menggunakan kuota internet. Maka dari itu, selain memiliki kuota, Anda juga perlu memiliki pulsa sebagai cadangan. Jika terpaksa pulsa Indosat yang Anda miliki habis dan hendak meminta transfer dari teman atau saudara, berikut adalah cara mentransfernya.

Baca Juga:  4 Cara Menambahkan Font ke Photoshop yang Bisa Dilakukan Siapa Saja

 

Cara Transfer ke Sesama Indosat melalui Kode USSD

  1. Jika hendak mengirimkan pulsa dengan USSD, bukalah menu panggilan di smartphone yang Anda punya
  2. Apabila Anda memakai kartu Indosat Prabayar, yaitu IM3 Ooredoo dan atau Mentari Ooredo, maka tekan *123*151#. Lalu kliklah tombol panggilan atau OK/YES.
  3. Jika sudah, akan ada beberapa instruksi yang muncul di layar. Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang ada sampai pulsa tertransfer dengan tepat.
  4. Akan tetapi, apabila Anda memakai kartu Indosat Pascabayar, kode yang dipakai berbeda dengan Prabayar. Untuk Pascabayar, kliklah *123*7*1*6*1#. Setelah itu klik OK/ Call. Jika sudah, ikutilah instruksi yang muncul sampai transferan bisa dilakukan dengan sukses.

 

Cara Transfer ke Sesama Indosat melalui SMS

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi SMS seperti ketika hendak berkirim pesan melalui smartphone.
  2. Buatlah pesan dengan format sebagai berikut:
    Transferpulsa (spasi) Nomor Tujuan (spasi) Nominal Pulsa yang hendak dikirim
    Sebagai contoh adalah sebagai berikut:
    Transferpulsa 082260606767 10000
  3. Jika format pesannya sudah benar seperti contoh di atas, Anda tinggal mengirimkannya ke 151
  4. Setelah terkirim, akan ada nomor token ang dikirim ke nomor HP Anda. Bukalah nomor token tersebut, kemudian balas pesan dengan format OK (spasi) Nomor Token
    Contoh : OK 1234
    Kirimlah format tersebut ke 151
  5. Setelah proses di atas selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan pesan pemberitahuan. Pesan tersebut lah yang akan menentukan apakah pulsa berhasil terkirim dengan sukses ataukah gagal. Ohya, selain itu, Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan mengenai jumlah pulsa yang terpotong untuk biaya mengirimkan pulsa.

 

Cara Transfer Pulsa Indosat ke Telkomsel atau Operator Lain

Jika Anda adalah pengguna Indosat, maka salah satu keuntungannya adalah ada layanan untuk mengirimkan pulsa ke pengguna operator lain. Jadi ketika sahabat atau saudara Anda memakai kartu selain Indosat dan sedang sangat membutuhkan pulsa, Anda bisa menolongnya dengan mengirimkan pulsa. Bagaimana caranya? berikut adalah cara transfer pulsa Indosat ke operator lain:

Cara Transfer Pulsa ke Pengguna Telkomsel

  1. Cara pertama untuk transfer ke Telkomsel adalah dengan membuka menu panggilan di smartphone.
  2. Setelah itu, klik *123*5*8*3*3*1#.
  3. Pastikan kode yang Anda masukkan sudah tepat seperti di atas, lalu klik Call/OK.
  4. Setelah itu akan muncul beberapa instruksi untuk mentransfer pulsa di layar Anda. Selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang telah diberikan.

Cara Transfer Pulsa ke Operator Lainnya

  1. Cara yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka menu panggilan.
  2. Lalu kemudian ketikkan *123*6*8*3*3#. Nah, kode inilah yang membedakan antara pengiriman pulsa ke pengguna Telkomsel dengan Operator lainnya. Jadi, usahakan untuk memasukkan kodenya dengan tepat ya, supaya Anda tidak salah dari awal.
  3. Setelah kode dimasukkan, klik tombol Panggil/OK.
  4. Jika Anda memasukkan kode dengan tepat, akan muncul instruksi lanjutan untuk mentransfer pulsa. Ikuti petunjuk atau instruksi tersebut untuk melanjutkan mengirim pulsa ke operator lainnya.

Cara Transfer Pulsa ke Opetator Lain melalui SMS

Nah, selain melalui kode-kode di atas, Anda juga bisa menggunakan SMS. Transfer pulsa melalui SMS ini juga bisa dilakukan untuk mengirim pulsa ke operator lain. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuklah ke menu SMS seperti biasanya.
  2. Anda akan mengirimkan SMS ke nomor 151 dengan format sebagai berikut:
    Transferpulsa (spasi) Nomor Ponsel Tujuan Pengiriman Pulsa (spasi) Nominal Pulsa yang akan dikirim.
    Contoh: Transferpulsa 082267686767 10000
  3. Setelah memasukkan format dengan tepat, kirim pesannya ke 151.
  4. Jika sudah, Anda hanya perlu mengikuti instruksi berikutnya yang akan dikirimkan melalui pesan di HP/ smartphone Anda.
Baca Juga:  2 Cara Membuka Password Excel dengan Mudah

 

Ketentuan Transfer Pulsa Indosat

Salah satu kelebihan menggunakan perdana Indosat memang Anda bisa mengirimkan pulsa ke sesama pengguna maupun ke pengguna lainnya, seperti Telkomsel dan yang lain. Akan tetapi, tentu tetap ada aturan tertentu yang perlu diperhatikan. Nah, apabila Anda ingin mengirimkan pulsa ke saudara atau teman, maka berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu:

  1. Syarat pertama adalah kedua nomor berada dalam keadaan aktif. Jadi, baik nomor pengirim maupun penerima pulsa harus sama-sama aktif dan memiliki sinyal yang bagus.
  2. Kedua, Anda tak perlu khawatir karena masa aktif kartu Anda tak akan berkurang meski mengirimkan pulsa ke nomor lain.
  3. Ketiga, untuk masa aktif tambahannya maksimal adalah selama 45 hari, yaitu mengambil masa aktif terpanjang (tidak bersifat akumulatif)
  4. Keempat, bagi si penerima pulsa, masa tenggangnya akan bertambah sebanyak 30 hari (ecuali untuk Matrix Ooredoo Auto)
  5. Adapun jumlah pulsa minimal yang harus dimiliki oleh pengirim pulsa adalah Rp. 5.000. Belum lagi, nanti harus ada sisa pulsa lagi yang dipakai untuk biaya kirim.
  6. Kemudian, pulsa yang dikirimkan akan diterima sebagai pulsa utama. Jadi, ketika akan melakukan perpindahan paket pulsa tidak akan hangus.
  7. Adapun ketentuan-ketentuan ini berlaku untuk beberapa operator Indosat, yaitu IM3 Ooredo, Mentari Ooredoo, dan Matrix Ooredoo. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang telah ada.

Nah, itulah tadi beberapa cara transfer pulsa Indosat yang bisa Anda coba.