Cara Screenshot di Laptop Berbagai Merk

cara screenshot di laptop

Screenshot menjadi salah satu fitur yang penting dalam dunia digital. Maka tak heran, selain di HP, laptop juga memiliki fitur untuk melakukan screenshot dengan mudah. Adapun cara screenshot di laptop umumnya berbeda-beda, bergantung apa merk laptop yang kalian pakai. Meski begitu, tak menutup kemungkinan beberapa laptop juga memiliki cara yang sama.  Kalian mungkin sudah sering melakukan tangkap layar melalui HP, namun tidak di laptop. Maka dari itu, untuk mengetahui cara mudah screenshot di laptop, simak artikel di bawah ini dengan seksama ya.

 

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk Lenovo

Jika kalian memiliki laptop Lenovo, kalian bisa melakukan screenshot dengan cukup mudah. Caranya adalah sebagai berikut

1. Screenshot menggunakan tombol PrtSc

Cara pertama bisa kalian lakukan dengan menggunakan tombol PrtSc. Setelah kalian menyiapkan layar yang hendak di screenshot, selanjutnya tekanlah tombol PrtSc. Tombol tersebut biasanya ada di bagian kanan keyboard laptop Lenovo. Jika sudah ditekan, berikutnya kalian perlu memakai aplikasi Paint. Di laptop kalian pasti ada karena ini merupakan aplikasi bawaan.

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk Lenovo

Apabila sudah membuka aplikasi Paint, kalian bisa menekan tombol Ctrl+ V secara bersamaan guna mempaste tangkapan layar di laptop.

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk Lenovo

Jika hendak mengedit lebih dulu, baik itu memotong atau menambahkan tanda/kata, kalian bisa menggunakan aplikasi Paint. Setelah selesai mengedit, simpan dengan cara menekan Ctrl + S secara bersamaan. Jika sudah, tinggal pilih format gambar dan tempat kalian ingin menyimpannya.

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk Lenovo

2. Screenshot menggunakan Snipping Tool

Cara screenshot di laptop Lenovo berikutnya adalah melalui aplikasi snipping tools. Pertama, siapkan layar yang ingin discreenshot.  Jika sudah, cobalah mengetikkan Snipping Tool pada menu start di laptop. Lalu pilih menu New pada layar yang muncul. Lakukanlah screenshot dan segera simpan di folder yang kalian inginkan. Cara ini mungkin lebih mudah kalian lakukan untuk melakukan screenshot.

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk Lenovo

Baca Juga:  Cara Mengubah PDF ke Word Gratis

 

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk Asus

Laptop Asus menjadi salah satu laptop yang pamornya kian naik di tengah masyarakat digital. Hal ini tentu dibarengi dengan inovasi-inovasi yang sering dilakukan oleh perusahaan Asus, sehingga fitur dan layanan laptopnya pun terus diupgrade dan tak pernah ketinggalan. Jadi, untuk masalah screenshot, tentu Asus memiliki cara sendiri yang bisa memudahkan penggunanya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian ikuti.

1. Gunakan Tombol Windows + PrtSc

Cara yang bisa kalian pakai untuk screenshot di Asus yang pertama adalah dengan kombinasi Windows + PrtSc. Jika kalian hanya ingin melakukan screenshot, kalian cukup menekan tombbol PrtSc. Akan tetapi, jika tombol tersebut ditekan bersamaan dengan tombol Windows, tangkapan layar yang kalian ambil sudah pasti tersimpan dengan baik. Jika kalian menekan tombol tersebut bersamaan, layar akan berkedip. Hal tersebut menandakan bahwa screenshot telah berhasil dilakukan.

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk Asus

2.Gunakan Kombinasi Tombol Fn + PrtSc

Kombinasi tombol berikutnya yang bisa kalian pakai adalah Fn + PrtSc. Caranya sama dengan cara nomor 1. Kalian hanya perlu menekan tombol secara bersamaan. Jika sudah, kalian bisa membuka aplikasi edit gambar apapun yang ada di Asus, misal Photoshop, Paint, atau Ms Word. Setelah membuka aplikasi, kalian bisa menekan tombol Ctrl + V untuk mem-paste hasil tangkapan layar. Nah, setelah itu barulah kalian bisa menyimpan hasilnya dengan menekan Ctrl + S.

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk Asus

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk HP

Seperti yang sudah dituliskan di atas, beberapa laptop kini telah memiliki fitur untuk melakukan tangkapan layar. Begitu juga dengan laptop HP. Ada beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk melakukan screenshot di laptop merk ini. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Gunakan Kombinasi Tombol Windows + G

Nah, cara pertama yang bisa kalian pakai adalah dengan menekan tombol Windows + G secara bersamaan. Setelah kalian membuka layar yang akan di screenshot dan menekan tombolnya secara bersama, akan muncul menu dari Game Bar secara otomatis. Di sana kalian dapat memilih fitur capture. Lalu pilihlah ikon kamera untuk melakukan screenshot. Hasil screenshot yang kalian lakukan akan ada di galery. Atau jika kalian ingin melihat lokasi tersimpannya file, kalian bisa juga memakai menu Open File Location. Menu tersebut biasanya ada di pojok bawah bagian kanan.

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk HP

 

2. Gunakan Tombol Windows + Volume Down

Nah, di Laptop HP, kalian juga bisa melakukan screenshot dengan cara menekan tombol Windows dengan Volume Down bersama-sama. Jika sudah, kalian tak perlu repot-repot menyimpannya. File hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan di folder Screesshot yang dibuat secara otomatis melalui sistem. Akan tetapi, cara ini hanya bisa dipakai oleh mereka yang memakai Windows Surface.

3. Gunakan Tombol PrtSc

Cara screenshot di laptop HP yang cukup mudah juga bisa kalian lakukan dengan menekan tombol Prt Sc. Kalian hanya perlu menekan tombol yang biasanya ada di pojok kanan bagian atas ini. Setelah layar yang ingin diambil tangkapannya siap, kalian bisa menekan tombol itu. Kemudian, bukalah aplikasi yang bisa untuk mengedit foto. Baik itu Ms Word, Paint, atau Potoshop. Pakai saja aplikasi yang ada di laptop, jadi kalian tak perlu mendownloadnya lebih dulu.

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk HP

Jika sudah dibuka, kalian bisa menekan Ctrl + V. Jika ditekan bersamaan, artinya kalian sedang mem-paste hasil screenshot yang telah dilakukan. Jika kalian ingin mengedit, kalian bisa langsung mengedit di aplikasi tersebut. Lalu setelah selesai lakukan penyimpanan dengan menekan Strl + S bersama-sama.

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk HP

 

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk Acer

Berikutnya adalah cara melakukan screenshot di laptop Acer. Cara-caranya pun tak jauh beda dengan laptop lain yang sudah disebutkan di atas. Untuk mengetahui caranya, simak ulasannya berikut ini.

1. Memakai Snipping Tool

Cara pertama yang bisa kalian coba adalah dengan aplikasi snipping tool. Langkah pertama, bukalah aplikasi Snipping Tool. Setelah itu, kalian bisa memilih bentus tangkapan layar yang diinginkan. Aplikasi lain di laptop kalian pun nantinya akan meredup. Nah, untuk melakukan screenshot, seret dan pilihlah halamannya. Jika sudah, halaman tersebut pun akan secara otomatis ter-capture. Jika hendak mengedit lebih dulu, kalian bisa memakai aplikasi ini. Setelah selesai, tekanlah tombol Ctrl + S untuk menyimpannya.

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk Acer

2. Gunakan Snapgit

Cara kedua ini mengharuskan kalian mendownload aplikasi Snapgit lebih dulu. Namun kelebihannya, kalian bisa melakukan screenshot pada video. Caranya pun cukup mudah, bukalah aplikasi Snapgit yang sudah didownload. Lalu pilih ikon tangkap layar yang muncul di sana. Setelah itu, pilihlah halaman yang ingin kalian screenshot. Jika sudah, pilih tombol kamera untuk menyimpan hasil screenshotan kalian.

Cara Screenshot di Laptop dengan Merk Acer

Baca Juga:  Bagaimana Cara Membuat Tulisan Melengkung di Word dengan Praktis dan Mudah

 

Nah, itulah tadi beberapa cara screenshot di laptop berbagai merk yang mudah dan praktis. Setiap laptop memang memiliki cara yang berbeda-beda. Karena kebutuhan screenshot saat ini sudah semakin banyak, maka tak heran jika di laptop pun kalian bisa melakukan tangkapan layar. Jadi, jika hendak melakukan tangkapan layar, perhatikan merk laptop kalian ya. Dengan begitu, kalian tak akan salah ketika melakukan screenshot.