Cara Menyembuhkan Jerawat

Hapus term: Cara Menyembuhkan Jerawat Cara Menyembuhkan Jerawat

Masalah kulit yang sering mengganggu penampilan wajah salah satunya adalah jerawat. Ada jenis jerawat yang akan hilang dengan sendirinya, ada pula jerawat yang membandel dan meninggalkan bekas pada wajah. Yang terakhir ini tentu sangat menjengkelkan dan dapat merusak kepercayaan diri seseorang.

Jerawat sendiri disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari perubahan hormon, kurang menjaga kebersihan, ataupun stress berlebih. Berikut adalah beberapa cara menyembuhkan jerawat yang bisa Anda terapkan.

Bersihkan wajah secara rutin

Cara menyembuhkan jerawat di hidung atau area wajah lain yang pertama adalah mulai dengan menjaga kebersihan wajah. Anda wajib membersihkan wajah minimal sekitar 2 kali sehari untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah.

Pilih sabun wajah yang cocok untuk kulit Anda. Jika kulit Anda termasuk kulit yang rentan berjerawat, maka sebaiknya gunakan sabun yang memiliki formula untuk menanggulangi jerawat. Bersihkan wajah Anda secara rutin, yaitu setelah bangun tidur, setelah beraktivitas di luar ruangan, setelah menggunakan riasan, dan juga sebelum tidur.

Hapus term: Cara Menyembuhkan Jerawat Cara Menyembuhkan Jerawat

Gunakan skin care untuk jerawat

Bagi Anda yang mengalami masalah jerawat, maka sebaiknya menggunakan skin care yang diformulasikan untuk jerawat pula. Meski demikian, jangan kemudian membeli semua produk yang memiliki label anti jerawat di kemasannya. Tidak semua produk akan sesuai dengan kulit Anda, bisa jadi malah menambah parah kondisi kulit wajah Anda.

Sebaliknya, Anda bisa menggunakan krim anti jerawat yang direkomendasikan oleh dokter kulit yang terpercaya.

Aplikasikan tabir surya

Paparan sinar matahari dapat membuat kondisi jerawat Anda semakin memburuk. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk mengaplikasikan tabir surya jika hendak bepergian ke luar ruangan. Aplikasikan tabir surya setelah mengaplikasikan skin care rutin Anda.

Baca Juga:  Metode dan Cara Menyembuhkan Mata Minus Menurut Islam

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan jenis tabir surya yang cocok dengan karakteristik kulit wajah Anda.

Perhatikan apa yang Anda konsumsi

Suatu penelitian dari ahli dermatologi di Amerika menyarankan bagi Anda yang mengalami masalah kulit berjerawat sebaiknya untuk menghindari produk-produk dairy, seperti susu, keju, dan sebagainya.

Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Selain mengatasi jerawat, kandungan antioksidan ini juga sangat baik untuk meregenerasi kulit dan mencegah munculnya gejala penuaan pada kulit. Beberapa makanan yang banyak mengandung antioksidan adalah buah dan sayur, sebagai contoh bayam, paprika, strawberry, blueberry, dan sebagainya.

Hindari stress berlebih

Cara menghilangkan jerawat pria maupun wanita selanjutnya adalah menghindari terjadinya stress berlebih. Stress bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah pekerjaan, sekolah, ataupun rumah tangga. Kenali penyebab stress supaya Anda bisa menemukan cara yang tepat dalam mengelola masalah Anda.

Lakukan hal-hal yang Anda sukai dan istirahat yang cukup. Jangan sampai masalah jerawat ini malah menambah stress Anda dan menurunkan rasa percaya diri.

Gunakan masker alami

Jika Anda memiliki masalah jerawat pada kulit wajah, maka Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk dijadikan sebagai masker. Masker ini tujuannya adalah untuk mengurangi iritasi pada wajah yang sering muncul akibat jerawat.

Beberapa contoh bahan masker alami adalah masker dari buah ataupun sayuran yang memiliki kandungan vitamin, seperti tomat dan timun. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan madu ataupun putih telur sebagai masker alami yang dapat membantu proses penyembuhan jerawat.

Sekian informasi mengenai cara menyembuhkan jerawat pada kulit wajah. Jangan lupa untuk menerapkan cara-cara tersebut secara rutin hingga masalah jerawat tuntas teratasi.

Baca Juga:  Cara Mengecilkan Perut Dengan Cepat Tanpa Diet Dan Olahraga