Cara Menyembuhkan Diabetes

cara menyembuhkan diabetes

Diabetes merupakan suatu penyakit dengan gejala kenaikan gula darah tinggi dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu terjadinya komplikasi dan dalam kasus parah dapat menyebabkan kematian.

Diabetes sendiri dibedakan menjadi dua tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Penyebab penyakit ini di antaranya adalah faktor genetik atau turunan, faktor geografi dimana orang yang tinggal jauh dari garis khatulistiwa akan lebih mudah terserang, faktor usia, ataupun gangguan kesehatan dari lahir.

Bagaimana cara menyembuhkan diabetes? Mari simak informasi berikut ini.

Rutin berolahraga

Orang yang menderita diabetes memiliki gula darah lebih tinggi di atas normal. Gula darah tersebut dapat diturunkan ketika Anda melakukan aktivitas fisik secara rutin. Orang yang obesitas akan lebih mudah terserang penyakit ini. Rutin-rutinlah berolahraga supaya Anda mendapatkan berat badan yang ideal.

Olahraga juga akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat. Kesehatan jantung Anda akan semakin baik dan tubuh akan lebih mudah merangsang pembentukan hormon insulin. Massa otot yang kuat karena olahraga rutin akan membantu mengontrol kenaikan gula darah dalam tubuh.

Anda bisa melakukan olahraga rutin 10-15 menit per hari dengan jalan kaki ataupun jogging, ataupun satu kali tiap pekan selama 1.5-2 jam dengan olahraga renang, bersepeda, aerobik, dan sebagainya.

Kurangi makanan tinggi gula

Cara menyembuhkan diabetes yang selanjutnya adalah Anda ahrus memperhatikan apa yang Anda konsumsi. Orang yang memiliki kadar gula tinggi dalam darahnya tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan gula.

Beberapa makanan yang menjadi pantangan penderita diabetes di antaranya adalah makanan dengan pemanis buatan, makanan dengan banyak kandungan gula refinasi, dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Baca Juga:  Metode dan Cara Menyembuhkan Mata Minus Menurut Islam

cara menyembuhkan diabetes

Perbanyak konsumsi serat

Serat menjadi kandungan makanan yang perlu diperbanyak oleh penderita diabetes. Serat akan membantu melancarkan pencernaan Anda dan juga meminimalkan terjadinya obesitas.

Makanan yang mengandung serat bisa Anda temukan pada sayuran hijau, buah-buahan, dan juga serat dari biji-bijian. Anda bisa mengganti makanan tinggi karbohidrat dengan makanan yang lebih banyak mengandung serat, sebagai contoh mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Hindari makanan tinggi lemak

Lemak yang dimaksud di sini adalah lemak jenuh. Pantangan diabetes adalah makanan yang mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi pada penderita diabetes. Ini dikarenakan konsumsi lemak jenuh akan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan hipertensi.

Lemak jenuh ini dapat dihindari dengan mengurangi makanan yang digoreng, makanan cepat saji, ataupun makanan yang mengandung banyak penyedap rasa. Kurangi konsumsi makanan tidak sehat tersebut jika Anda ingin gula darah turun.

Perbanyak minum air putih

Air putih dapat menurunkan kadar gula dalam darah jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat. Bagi orang yang sakit akan lebih mudah terkena dehidrasi, oleh karena itu, memperbanyak air putih akan membantu Anda untuk tetap terjaga kebugarannya.

Air putih akan membantu menetralisir kelebihan kada gula dalam darah dan kemudian membuangnya dalam bentuk urine. Orang yang terus-terusan buang air kecil akan membutuhkan minum karena akan mengalami dehidrasi.

Cara-cara merawat diabetes tanpa obat tersebut dapat diterapkan jika kondisi Anda termasuk yang ringan. Tentu saja anjuran yang paling baik adalah dengan mendatangi dokter dan tenaga kesehatan terkait. Jangan lupa untuk melakukan kontrol dan cek kadar gula darah secara rutin untuk mengetahui pada tahap mana Anda berada dan penanganan apa yang perlu dilakukan.

Baca Juga:  4 Cara Menyembuhkan Cegukan yang Ampuh dan Cepat