Cara Menyembuhkan Bisul Dirumah Yang Efektif

cara menyembuhkan bisul

Bisul memang merupakan salah satu penyakit yang tergolong berat. Akan tetapi apabila bisul ini muncul di badan anda, maka hal tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas anda. Oleh karena itu, jangan tunggu hingga rasa ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh bisul semakin mengganggu anda. Anda bisa mengobati bisul yang anda alami dari rumah. Bagaimana caranya? Yuk, simak informasi lengkapnya tentang cara menyembuhkan bisul dirumah yang efektif di bawah ini! 

 

Menggunakan kompres air hangat sebagai cara menyembuhkan bisul

Cara menyembuhkan bisul yang pertama bisa anda coba adalah dengan menggunakan kompres air panas. Pastikan anda menggunakan handuk bersih untuk mengompres bisul tersebut. Kompres air hangat efektif untuk menyembuhkan bisul karena air hangat bisa membantu sel-sel darah putih dan juga antibodi menuju ke daerah bisul timbul untuk melawan infeksi karena aliran darah akan menjadi lebih lancar yang terjadi karena suhu panas. Anda bisa melakukan cara tersebut setiap hari kurang lebih selama sepuluh hingga lima belas menit. 

cara menyembuhkan bisul

 

Menjaga kebersihan tubuh sebagai cara menyembuhkan bisul

Hal paling ampuh selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk segera mengobati bisulan di rumah adalah dengan cara menjaga kebersihan tubuh. Anda harus memastikan bahwa anda mandi secara rutin dua kali sehari terlebih lagi setelah anda melakukan aktivitas seharian. Selain itu, anda juga harus rutin dan rajin mencuci handuk, sarung bantal, selimut dan juga sprei paling tidak setiap satu minggu sekali. Hal lain yang tak kalah penting anda lakukan untuk memerangi bisul adalah dengan menjaga kebersihan area rumah anda sehingga bisa mencegah timbulnya bakteri. 

 

Mengolesi minyak sebagai cara menyembuhkan bisul

Cara menyembuhkan bisul selanjutnya yang bisa anda coba dirumah adalah dengan mengolesi minyak tertentu pada area yang ada bisulnya. Salah satu jenis minyak yang bisa anda gunakan untuk mengobati bisul adalah tea tree oil. Minyak oles yang satu ini memiliki sifat antibakteri dan juga termasuk kedalam golongan antiseptik yang terbukti ampuh untuk mengobati infeksi karena bakteri. Akan tetapi, anda tidak bisa langsung begitu saja mengoleskan tea tree oil pada area yang bisulan. Karena jika anda langsung mengoleskannya begitu saja pada area yang ada bisulnya bisa menimbulkan rasa terbakar pada kulit. 

Nah, apabila anda ingin mengolesi bisul anda dengan tea tree oil ini maka bisa mencampurkan tea tree oil sebanyak Lima tetes dengan satu sendok teh olive oil atau coconut oil. Setelah itu, gunakan kapas untuk mengoleskannya pada area yang ada bisulnya sebanyak tiga kali sehari. Lakukan terus cara ini hingga bisul pecah dan sembuh. Jenis minyak lain yang bisa anda gunakan adalah minyak neem dan minyak jarak.

 

Baca Juga:  Atur Pola Hidup Sehat : Ini, Cara Menyembuhkan Varises

Menggunakan bubuk kunyit sebagai cara menyembuhkan bisul 

Sudah bukan rahasia lagi jika kunyit dikenal ampuh untuk melawan bakteri dan juga sebagai anti inflamasi. Jadi, tidak mengherankan jika kunyit atau bubuk kunyit digunakan sebagai bahan untuk membantu menghilangkan bisul. Apabila anda tertarik dengan bubuk kunyit untuk menyembuhkan bisul maka anda bisa menggunakannya dengan dua cara, yaitu dengan meminumnya atau dengan mengolesnya ke area yang ada bisulnya. 

Jika untuk diminum, maka anda harus merebus satu sendok teh bubuk kunyit dengan air, kemudian tunggu hingga mendidih. Setelah itu minum air rebusan tersebut ketika sudah dingin. Anda bisa meminum air rebusan bubuk kunyit tersebut sebanyak tiga kali sehari selama bisul belum sembuh. Apabila anda ingin menggunakan bubuk kunyit ini sebagai olesan, maka anda perlu mencampur satu sendok bubuk kunyit dengan air putih hingga larutan menjadi kental dan jangan lupa juga tambahkan jahe. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada area yang ada bisulnya sebanyak dua kali sehari selama bisul belum sembuh. 

Demikianlah cara menyembuhkan bisul di rumah yang bisa anda coba. Beberapa cara diatas begitu praktis dan mudah dilakukan, jadi anda tidak perlu ragu melakukannya. Selamat mencoba!