Cara Menyembuhkan Amandel Secara Alami Tanpa Harus Operasi, Intip Yuk !

cara menyembuhkan amandel

Radang amandel merupakan sebuah penyakit yang dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit ini merupakan peradangan yang terjadi pada amandel yang bisa disebabkan oleh virus influenza maupun bakteri Streptococcus.

Radang amandel biasanya akan terasa nyeri, namun tidak menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Peradangan pada amandel biasanya ditandai dengan gejala sakit tenggorokan, sulit menelan, demam, serta amandel yang membesar dan berwarna kemerahan. Adapun cara menyembuhkan amandel yang paling umum yaitu dengan cara melakukan operasi.

Namun nyatanya tidak semua orang yang terkena radang amandel perlu melakukan operasi. Terkadang radang amandel pun dapat sembuh sendiri selama daya tahan yang menderita cukup baik. Operasi ini merupakan cara terakhir apabila radang amandel menyebabkan sulit nafas pada penderita, atau sudah terjadi radang amandel secara berulang kali.

Nah selain operasi, lalu apa saja cara menyembuhkan amandel yang bisa kita lakukan lainnya ? ternyata terdapat cara  menyembuhkan amandel secara alami loh. Selain menghemat tenaga dan biaya, cara menyembuhkan amandel tanpa operasi ini juga cukup efisien. Nah yuk kita simak bersama cara menyembuhkan amandel dibawah ini, cara-cara ini bisa kalian coba di rumah ya.

Kumur dengan air garam

Kumur dengan air garam merupakan salah satu cara menyembuhkan amandel yang bisa kita lakukan di rumah. Berkumur dengan air garam ini ternyata dapat meredakan peradangan dan rasa nyeri di tenggorokan karena amandel yang membengkak.

Adapun caranya yaitu dengan berkumur-kumur dengan garam yang sudah dilarutkan menggunakan air hangat. Kumur-kumur ini dilakukan dengan cara mendongak selama kurang lebih 30 detik ya. lalu buang airnya. Hal ini bisa dilakukan ketika tenggorokan kalian terasa sakit, dan lakukan dua kali sehari ya.

Baca Juga:  Ini Dia 5 Cara Menyembuhkan Asma Agar Tidak Kambuh Lagi

cara menyembuhkan amandel

 

Konsumsilah makanan yang lembut dan dingin

Cara menyembuhkan amandel secara alami selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dingin. Hal ini karena makanan dingin dapat menjadi solusi untuk mengatasi rasa panas akibat terjadinya peradangan pada amandel. Makanan yang lembut dan dingin yang bisa coba kalian konsumsi, seperti, es krim, puding, jus, yogurt, dan juga smoothies ya teman.

Istirahat secara cukup

Ketika radang amandel menyerang, disarankan untuk kita beristirahat secara cukup di rumah. Istirahat yang cukup ternyata dapat mempercepat proses penyembuhan. Saat tubuh kita sedang mengalami infeksi akibat bakteri maka tubuh kita membutuhkan banyak energi untuk melawannya. Oleh karenanya disarankan untuk kita mengurangi aktivitas, dan melakukan istirahat yang cukup.

Banyak minum air putih

Cara selanjutnya untuk menyembuhkan amandel adalah dengan mengkonsumsi air putih yang banyak. Hal ini agar amandel kita tetap lembab dan tidak kering. Saat terjadi peradangan, amandel yang kering akan menyebabkan rasa yang semakin perih. Oleh karenanya disarankan untuk kalian yang sedang mengalami peradangan pada amandel untuk selalu minum air putih ya teman, air putih yang bisa kalian konsumsi bisa yang hangat maupun yang dingin.

Memasang humidifier di rumah

Kondisi rumah dan ruangan yang lembab dapat membantu menghilangkan virus maupun bakteri penyebab radang amandel. Selain itu, udara yang lembab juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan yang sedang kalian alami, serta dapat meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan saat terjadinya peradangan pada amandel. Oleh karenanya, jika rumah kalian kering disarankan untuk menggunakan humidifier.

Selain beberapa cara diatas, tidak merokok atau menghindari asap rokok ternyata juga dapat membantu kita dalam mengurangi rasa nyeri akibat radang amandel loh.

Baca Juga:  Cara Mengecilkan Perut Dengan Cepat Tanpa Diet Dan Olahraga