Cara Mentransfer Uang di ATM Paling Mudah Sesama dan Beda Bank

cara mentransfer uang di atm

cara mentransfer uang di atm

Walaupun mudah, tetapi cara mentransfer uang di ATM ternyata masih belum diketahui oleh sebagian besar orang. Hal tersebut disebabkan karena mereka takut salah ketika melakukannya ataupun kurangnya informasi yang didapatkan. Untuk itulah, jika anda penasaran maka wajib buat menyimak ulasan berikut terus.

Kegiatan transfer uang memang sudah menjadi salah satu kegiatan sehari-hari oleh masyarakat. Tidak heran jika hampir semua mesin ATM sering kali mempunyai pengunjung yang ramai. Terlebih lagi di jam sibuk, seseorang akan rela mengantre dalam waktu yang lama.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mentransfer uang melalui ATM sebenarnya sangat gampang. Terlebih lagi sudah ada banyak mesin ATM di berbagai macam area sehingga akan lebih mudah untuk dijangkau oleh para nasabah. Tidak seperti beberapa tahun lalu dimana mesin ini hanya terdapat di perkotaan saja.

Cara Mentransfer Uang di ATM dengan Mudah

Walaupun keberadaan mesin ATM sudah bisa ditemukan di hampir setiap sudut daerah tetapi masih banyak orang kebingungan bagaimanakah mengirimkan uang via ATM. Untuk membantu anda agar tidak bingung lagi, berikut ini kami berikan ulasan mengenai cara melakukannya.

  1. Datang Ke ATM Terdekat

Pertama, anda bisa datang ke ATM terdekat di lokasi anda. Apabila anda akan melakukan transfer uang, maka sangat disarankan untuk menggunakan mesin ATM dari bank bersangkutan milik anda ataupun ATM link bersama. Tenang saja! Hampir setiap kota sudah mempunyai fasilitas perbankan lengkap.

  1. Masukkan kartu ATM ke Tempatnya

Jika sudah, maka anda bisa langsung memasukkan kartu ATM ke tempatnya di mesin. Perhatikan jangan sampai salah posisi ataupun terbalik ketika memasukkannya. Bagian yang terdapat nama serta kartu biasanya menghadap ke atas.

Baca Juga:  Mau Tahu Cara Menarik Uang di Dana lewat Alfamart dan Rekening? Simak Hanya di Sini!

Selain itu, pastikan apabila mesin ATM yang anda gunakan dalam kondisi baik atau tidak dalam kerusakan. Jika ternyata slot mesinnya terdapat hal yang mencurigakan seperti terlihat mengganjal, sebaiknya jangan gunakan mesin tersebut.

  1. Memilih Bahasa dan Memasukkan PIN

Cara transfer uang dari ATM berikutnya adalah dengan memilih bahasa apabila kartu anda sudah berhasil dimasukkan. Adapun pilihan bahasanya yakni Indonesia dan Inggris. Pilih yang sesuai kebutuhan.

Berikutnya, anda bisa langsung memasukkan nomor PIN. Demi keamanan cobalah menutupi tombol-tombol yang ditekan sehingga tidak akan ada orang lain yang melihat pin ATM anda. Pastikan anda juga melakukan penggantian nomor PIN secara berkala demi keamanan.

 

  1. Cari Menu Transfer

Karena disini, anda akan melakukan transfer uang maka bisa langsung memilih menu transfer. Setelah masuk ke halaman utama, maka anda akan menemukan adanya beberapa pilihan menu dan di sinilah anda bisa langsung masuk ke menu transfer.

  1. Pilih Bank Tujuan Transfer

Berikutnya, anda bisa langsung memilih bank tujuan transfer. Biasanya akan muncul transfer ke pengguna sesame ataupun antar bank. Jangan lupa buat memasukkan  kode bank terlebih dahulu sebelum nomor rekening penerima. Namun jika ke sesama bank, anda tidak perlu memasukkan kode bank terlebih dahulu.

  1. Masukkan Jumlah Transfer

 

cara mentransfer uang di atm

Apabila sudah memasukkan nomor rekening, anda bisa melanjutkan untuk memasukkan nominal yang ingin dikirim. Periksa kembali jumlah nominalnya agar tidak terjadi kesalahan dan tekan tombol benar. Selamat transaksi anda sudah berhasil diproses.

Melakukan kegiatan transfer melalui ATM memang sudah menjadi salah satu kegiatan sehari-hari oleh sebagian besar orang. Mudah bukan cara menstransfer uang di ATM, nah sekarang anda tidak perlu takut lagi melakukannya.

Baca Juga:  Kemudahan Bertransaksi dengan Adanya ATM (Automated Teller Machine) BNI