Cara Mengubah PDF ke Word Gratis

File dengan tipe pdf dan docx merupakan jenis file yang sering kita gunakan untuk dokumen-dokumen tertulis. Anda dapat mengetik di MS Word atau Google Doc lalu menyimpannya dalam bentuk pdf. Dengan kata lain menjadikan file docx ke pdf. Anda juga bisa melakukan yang sebaliknya. Ada berbagai cara mengubah pdf ke word, termasuk dengan software. Contohnya saja pada Adobe Reader yang biasa digunakan menjadi viewer dan editor pdf. Untuk mengonversi file seperti ini, anda perlu menggunakan versi Pro. Kalau melalui Adobe Reader Pro anda perlu membayar nilai tertentu. Tutorial kali ini tidak membahas tentang software konversi berbayar.

OCR vs NO OCR

Di tutorial cara mengubah pdf ke word di bawah anda akan menemukan istilah OCR. Sebelum lanjut, kenali dulu sedikit pengertiannya. OCR (Optical Character Recognition) atau Pengenalan Karakter Optik adalah software yang merubah teks dalam format berkas citra atau gambar  kedalam format teks yang bisa diedit dengan aplikasi komputer. Karakter-karakter tulisan akan seperti karakter di word. Jika ada gambar tertentu di pdf dengan font yang artistik, konversi tanpa OCR akan mengubahnya menjadi teks dengan font terdekat yang bisa ditemukan.

Singkatnya, kalau anda tidak menggunakan OCR ketika mengonversi, file word anda akan seperti file word pada umumnya ketika anda mengetik. Nah, jika menggunakan OCR, file word tampilannya akan seperti gambar original di pdf, namun bisa diedit. Bayangkan saja ada gambar yang bisa diedit. OCR dapat membuat file terlihat seperti original. Namun, biasanya konversi dengan OCR tidak gratis. Di website-website dibawah ini, untuk menggunakan OCR anda perlu berlangganan terlebih dahulu.

Cara Mengubah Pdf ke Word

Cara mengubah pdf ke word dengan gratis sangatlah mudah. Tanpa aplikasi, anda hanya perlu koneksi internet yang memadai dan menggunakan website-website ini. Ada dua wesbite yang kami rekomendasikan, smallpdf.com dan ilovepdf.com.

Baca Juga:  Cara Mengubah JPG Ke PDF dengan Simpel dan Cepat

1. Cara Mengubah Pdf ke Word dengan Smallpdf.com

PDF ke Word dengan smallpdf

Di smallpdf.com anda dapat menambahkan file yang ingin di convert dengan klik atau menyeret file dari folder (drag-and-drop). Tampilan smallpdf.com sangat user-friendly. Tanpa tutorial pun kami yakin anda sudah bisa menggunakannya. Seperti namanya, smallpdf.com memfokuskan diri di pdf. Rating Smallpdf 4,6 dari 5, lho. Cukup baik bukan?

Di smallpdf.com anda dapat mengompres, memisahkan, menggabungkan, bahkan mengedit pdf seperti memberi nomor halaman, menghapus halaman, dan mengorientasikan pdf (menjadi portrait atau landscape). Utamanya, anda dapat mengkonversikan pdf ke berbagai tipe file, atau berbagai tipe file ke pdf, baik itu dari Word, Excel, PPT, JPG, dan lain sebagainya. Anda bahkan dapat membubuhkan tanda tangan sampai membuka kunci atau melindungi file pdf anda.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, untuk mengkonversi pdf ke word, berikut tahapannya:

  • Buka smallpdf.com, atau googling ilovepdf
  • Pada menu pull-down Alat yang ada di kiri atas, pilih konversikan PDF ke word.
  • Anda dapat memilih file langsung dari folder maupun cloud. Untuk memilih file dari folder, klik PILIH FILE, cari file anda, klik Open atau tekan Enter setelah ditemukan.
  • Selain klik PILIH FILE, anda juga bisa langsung drag-and-drop file yang diinginkan. Buka folder anda, cari file yang diinginkan, lalu drag ke kotak biru yang bertuliskan atau seret PDF ke sini, drop file anda disitu.
  • Untuk memilih file dari cloud, klik tanda panah yang ada di samping kanan PILIH FILE. Anda dapat memasukkan file dari Dropbox atau Google Drive. Jika anda memiliki akun Smallpdf Pro, anda juga bisa menggunakannya.
  • Akan ada 2 pilihan, konversi gratis dan berbayar. Jika anda klik Konversikan ke Word (versi gratis), halaman yang dipindai akan tampil sebagai citra. Jika anda klik Konversikan ke Word dengan OCR (berbayar), halaman yang dipindai dikonversikan menjadi dokumen yang bisa diedit. Formatnya pun mungkin berubah. Ditambah lagi, anda perlu mendaftarkan akun pro smallpdf.com dulu. Setelah memiliki, klik Pilih Opsi.
  • File anda sudah diubah dari pdf ke docs dan siap diunduh. Klik Unduh untuk langsung menyimpannya di pc anda. Untuk menyimpannya di Dropbox, Google Drive, atau Smallpdf, klik panah kebawah yang ada di samping menu ini, pilih Simpan ke Dropbox, atau Simpan ke Google Drive, atau Simpan ke Smallpdf.
Baca Juga:  Cara Merekam Layar Laptop dan PC Termudah dan Terlengkap 2021

Seperti yang sudah disebutkan, smallpdf.com memiliki versi gratis dan berbayar (versi Pro). Buat akun dan masuk dulu untuk menggunakan fitur Pro. Dengan $9 per bulan anda sudah bisa mendapatkan akses fitur pro.

2. Cara Mengubah Pdf ke Word dengan Ilovepdf.com

PDF ke Word dengan ilovepdf

Ilovepdf.com didukung oleh Solid Documents. Solid Documents menjual software converter pdf. Beruntunglah anda mereka menyediakan versi gratisnya di website ilovepdf.com. Tampilan ilovepdf.com sangat komunikatif dan user-friendly.

Sama seperti di smallpdf.com anda dapat mengompres, memisahkan, menggabungkan, bahkan mengedit pdf seperti memberi nomor halaman, menghapus halaman, dan mengorientasikan pdf (menjadi portrait atau landscape). Utamanya, anda dapat mengkonversikan pdf ke berbagai tipe file, atau berbagai tipe file ke pdf, baik itu dari Word, Excel, PPT, JPG, dan lain sebagainya. Di website ini anda bahkan dapat mengkonversi HTML ke pdf.  Lengkap, bukan?Anda juga dapat membubuhkan tanda tangan sampai membuka kunci atau melindungi file pdf anda.

Cara menggunakannya pun sama sederhananya:

  • Buka ilovepdf.com, atau googling ilovepdf
  • Pada menu pull-down ALL PDF TOOLS yang ada di kiri atas, pilih PDF to WORD.
  • Anda dapat memilih file langsung dari folder maupun cloud. Untuk memilih file dari folder, klik Select PDF file, cari file anda, klik Open atau tekan Enter setelah ditemukan.
  • Selain klik Select PDF file, anda juga bisa langsung drag-and-drop file yang diinginkan. Buka folder anda, cari file yang diinginkan, lalu drag ke tulisan or drop PDF here, drop file anda disitu.
  • Untuk memilih file dari cloud, klik icon Google Drive atau Dropbox yang ada di sebelah kanan Select PDF file.
  • Akan ada 2 pilihan, konversi NO OCR dan OCR (Premium berbayar). Jika anda klik NO OCR (versi gratis), halaman yang dipindai akan tampil sebagai citra. Jika anda klik OCR (berbayar), halaman yang dipindai dikonversikan menjadi dokumen yang bisa diedit. Anda perlu mendaftarkan akun Premium ilovepdf.com dulu untuk menggunakan pilihan OCR. Setelah memilih, klik Convert to Word di kanan bawah.
  • File anda sudah diubah dari pdf ke docs dan siap diunduh. Klik Download WORD untuk langsung menyimpannya di pc anda.
  • Untuk menyimpannya di Dropbox, Google Drive, klik ikon Google Drive atau Dropbox di sebelah kanan Download WORD.
  • Anda juga dapat membagikan link dokumen, klik ikon link yang ada di sebelah kanan Download WORD.
  • Untuk menghapus file, klik ikon tong sampah yang ada di bawah ikon link.
Baca Juga:  Cara Menggabungkan File PDF Online dan Offline Terbaik dan Terlengkap 2021

Seperti yang sudah disebutkan, ilovepdf.com juga memiliki fitur Premium yang berbayar. Anda dapat Sign Up untuk membuat akun ilovepdf terlebih dahulu. Cukup dengan Rp 24.400/ bulan, ada sudah bisa mendapatkan akses Premium. Selamat mengonversi, semoga tutorial kali ini membantu.