Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Mudah

cara menghitung berat badan ideal

Memiliki badan dengan berat yang ideal tentunya adalah dambaan setiap orang. Tak heran, jika banyak orang yang bersusah payah untuk mencapai berat yang ideal. Namun, sebelum Anda memulai usaha untuk mencapai berat badan ideal, apakah Anda sudah paham mengenai cara menghitung berat badan ideal?

Apa itu berat badan ideal?

Berat badan ideal adalah berat badan seseorang yang dianggap paling sehat dengan berpatokan pada tinggi badan yang dimiliki. Dengan kata lain, dengan berat badan ini seseorang akan memiliki angka harapan hidung yang paling tinggi.

Meskipun patokan utama untuk mengukur berat badan ideal seseorang adalah tinggi badan, namun perlu juga diperhatikan faktor lainnya yang juga menjadi penilaian berat badan termasuk sehat atau tidak. Faktor tersebut diantaranya adalah jenis kelamin, usia, bentuk tubuh, dan massa otot.

Dengan melakukan perhitungan berat badan ideal tentunya seseorang bisa membuat tubuhnya tetap sehat secara keseluruhan. Hal ini juga adalah salah satu cara yang digunakan untuk melakukan pencegahan terhadap berbagai macam penyakit.

Kelebihan berat badan bisa membuat seseorang lebih rentan untuk terkena berbagai macam penyakit serius, misalnya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes melitus. Selain itu, berat badan yang terlalu rendah juga bisa meningkatkan resiko terkena anemia, osteoporosis, dan gangguan pertumbuhan.

Setiap orang memiliki berat badan ideal yang berbeda-beda. Misalnya untuk orang yang tingginya 150 cm tentunya akan memiliki berat badan ideal dengan orang yang memiliki tinggi 170 cm.

Cara menghitung berat badan ideal

Bagi Anda yang ingin tahu berapa berat badan idealnya, silahkan lakukan perbandingan dengan tinggi badan yang Anda miliki. Maka dari itu,sebelum memulai untuk menghitung berat badan ideal, sebaiknya Anda harus mengetahui dulu tinggi badan yang dimiliki.

Cara yang paling mudah digunakan untuk mengetahui berapa berat badan ideal yakni menggunakan rumus berat badan ideal dari seorang dokter bedah Prancis, Pierre Paul Broca. Adapun rumus tersebut dikenal sebagai rumus Broca sebagai berikut.

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Misalnya Anda memiliki tinggi badan 170 cm, maka berat badan ideal yang Anda miliki adalah 70 kg. Namun, rumus ini tidak mempertimbangkan jenis kelami dan hanya bisa digunakan bagi orang yang memiliki tinggi badan kurang dari 165 cm.

Berat badan ideal yang dimiliki oleh seorang pria tentunya berbeda dengan wanita. Perbedaan ini terjadi karena pria memiliki lebih banyak massa otot dibandingkan wanita, sedangkan wanita punya lebih banyak komposisi lemak. Hal inilah yang membuat wanita lebih cepat gemuk.

Berat badan ideal pria berbeda dengan wanita. Pasalnya, pria lebih banyak memiliki massa otot dibandingkan wanita, sedangkan wanita lebih banyak memiliki komposisi lemak dalam tubuh. Ini pula yang membuat wanita lebih cepat gemuk. Hal inilah yang membuat rumus Broca untuk menghitung berat badan ideal antara pria dan wanita berbeda. Berikut rumus yang digunakan.

Pria: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Wanita: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Contohnya, jika Anda merupakan seorang wanita yang memiliki tinggi badan 158 cm, maka berat badan ideal Anda yakni 58 – 8,7 = 49,3 kg. Sementara itu, jika Anda adalah seorang pria yang memiliki tinggi 170 cm, maka berat badan ideal Anda yakni 70 -7 = 63 kg.

Menghitung indeks massa tubuh (IMT)

Cara selanjutnya yang juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui berapa berat badan ideal yang dimiliki adalah menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT merupakan pengukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan yang bisa digunakan pada pria dan wanita.

Untuk melakukan pengukuran menggunakan IMT, yang harus dilakukan adalah membagi berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan kuadrat (dalam sentimeter). Hasil pengukuran IMT nantinya akan memperlihatkan apakah berat badan yang dimiliki masuk pada rentang ideal.

Berikut rumus untuk menghitung IMT:

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Setelah Anda memperoleh hasil hitungan dari IMT, Anda tinggal melihat apakah berat badan Anda termasuk ideal, dengan melihat pada kategori di bawah ini (kg/m2).

  • Kurus: IMT kurang dari 18,5
  • Normal: 18,5 – 22,9
  • Overweight (kelebihan berat badan): 23 – 27,5
  • Obesitas: IMT lebih dari 27,5

Misalnya, Anda memiliki tinggi badan 163 cm dan berat badan 56 kg. Dengan rumus tersebut, maka IMT Anda adalah 21,07 kg/m2. Ini berarti IMT Anda masuk kedalam kategori normal berarti berat badan Anda termasuk ideal.

Cara untuk mendapatkan berat badan ideal

Setelah mengetahui bagaimana cara untuk menghitung berat badan ideal, Anda tentunya harus mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Kunci untuk memulainya adalah mengetahui jumlah asupan kalori makanan yang masuk dan keluar. Cara yang paling tepat adalah dengan melakukan diet sehat dan menghitung kalori yang masuk, namun kedua hal tersebut bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan. Ada beberapa hal yang juga bisa dilakukan diantaranya sebagai berikut.

  1. Mengatur porsi makan.
  2. Mengikuti pola makan dengan konsisten.
  3. Rutin sarapan.
  4. Memakan sayur dan buah.
  5. Usahakan untuk selalu memakan makanan alami.
  6. Rutin melakukan Olahraga.

Akhir Kata

Cara menghitung berat badan ideal merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui apakah berat badan Anda masuk dalam kategori normal dan apakah Anda memiliki resiko mengalami gangguan kesehatan yang terjadi karena masalah berat badan.

 

Baca Juga:  4 Cara Menyembuhkan Gigi Sakit dengan Bahan-bahan yang Ada di Rumah

Cara yang cukup mudah dilakukan agar bisa menjaga tubuh tetap berada pada berat badan ideal adalah mengikuti pola makan sehat dan rutin berolahraga. Jika cara ini belum berhasil Anda lakukan, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui penyebabnya.