Cara Menghilangkan Komedo Membandel Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Komedo Membandel Dengan Bahan Alami

Siapa nih yang mudah terganggu dengan munculnya komedo di wajah? Komedo sendiri biasanya ditandai dengan munculnya bintik putih atau hitam di beberapa bagian wajah, dada, punggung, ataupun leher. Namun umumnya komedo sering muncul di bagian hidung dan beberapa bagian wajah lain. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara menghilangkan komedo dengan cara yang alami dan aman.

 

Apa Itu Komedo?

apa itu komedo

Komedo merupakan salah satu tanda munculnya jerawat di wajah. Walaupun tergolong jerawat ringan, namun komedo juga bisa menimbulkan peradangan jika tidak diatasi dengan benar. Munculnya komedo biasanya disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Mulai dari debu, kotoran, make up, perubahan hormon, hingga stress.

Jika pori-pori sudah tersumbat, maka sel kulit mati serta minyak berlebih yang ada di wajah tidak bisa keluar. Sehingga hal tersebut menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran di dalam pori-pori. Kemudian pada akhirnya akan muncul benjolan berwarna putih atau hitam yang disebut dengan komedo.

 

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Alami

cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

Memang ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo. Namun Anda harus melakukannya dengan rutin dan konsisten agar hasilnya maksimal. Adapun cara alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yang mudah didapatkan.

  1. Lemon

Lemon merupakan salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo membandel. Perasan lemon mengandung astringent yang efektif untuk mengatasi komedo. Walaupun efektif menghilangkan komedo, tapi Anda tetap harus hati-hati karena lemon mempunyai sifat pemutih yang dapat mencerahkan kulit sementara. Hal ini juga akan membuat kulit Anda sedikit lebih sensitif. Sehingga Anda perlu menggunakan sunscreen setiap kali keluar rumah saat siang hari.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya memang salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya yaitu menghilangkan komedo membandel. Faktanya, lidah buaya memang memberikan dampak yang tidak instan. Namun bahan alami ini bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat dan membuatnya terasa lebih lembut dan mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

  1. Bubuk Kopi

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan bubuk kopi. Apabila Anda ingin memiliki wajah yang bebas dari komedo, maka Anda perlu menyiapkan bubuk biji kopi dan juga minyak kelapa. Kemudian campur kedua bahan tersebut di wadah yang bersih dan aduk hingga tercampur rata. Setelah itu aplikasikan ke wajah Anda ataupun bagian wajah yang berkomedo. Lalu pijat secara perlahan dengan gerakan memutar. Diamkan selama lima menit saja, setelah itu bilas dengan air yang dingin. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Putih Telur

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan putih telur. Kandungan protein yang ada di dalam putih telur dinilai mampu untuk menghilangkan komedo yang membandel. Selain itu, putih telur juga bisa membuat kulit Anda menjadi lebih putih cerah.

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur yaitu, tuang putih telur ke dalam wadah dan tambahkan beberapa tetes perasan lemon. Aduk hingga keduanya tercampur rata. Setelah itu, oleskan racikan tersebut ke wajah Anda atau di bagian-bagian yang ada komedonya. Diamkan selama lima menit hingga mengering. Setelah kering, pijat perlahan wajah Anda hingga  olesan tadi rontok. Kemudian bilas wajah Anda dengan air bersih. Ulangi perawatan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Jeruk Nipis yang Dibekukan

Mungkin Anda tidak terlalu familiar dengan cara yang satu ini. Namun cara ini dapat Anda coba di rumah. Caranya, rebus perasaan jeruk nipis kemudian setelah dingin masukkan ke dalam freezer. Tunggu hingga perasan jeruk nipis menjadi es batu. Kemudian gunakan es batu tersebut untuk menekan-nekan daerah yang berkomedo. Namun sebelum melakukan perawatan ini, pastikan wajah Anda sudah bersih dari debu dan kotoran.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo. Tekstur oatmeal sendiri hampir sama seperti scrub. Sehingga dapat menjadi cara alternatif untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Anda bisa mencampurkan oatmeal dengan yogurt, kemudian mengoleskannya ke seluruh wajah. Diamkan selama 10 menit hingga kering, setelah itu bilas dengan air bersih.

  1. Teh Hijau

Seperti yang kita ketahui bahwa teh hijau memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk mengurangi peradangan pada wajah dan juga membersihkan komedo. Cara mudah sekali, Anda cukup seduh teh hijau kemudian diamkan sampai dingin. Anda bisa menggunakan air rendaman teh hijau untuk face mist atau toner wajah.

  1. Kulit Jeruk

Selain daging buahnya, kulit jeruk juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan loh. Salah satunya yaitu sebagai bahan alami untuk menghilangkan komedo. Kandungan vitamin C di dalam kulit jeruk lebih banyak dibandingkan buahnya. Anda bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk memperbaiki kulit yang rusak yang diakibatkan oleh radikal bebas.

  1. Pepaya

Kandungan vitamin E, A, dan C yang ada pada buah pepaya mampu meregenerasi kulit, melembabkan, dan menutrisi kulit wajah secara alami. Maka tak heran jika buah yang satu ini sering dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran yang menempel di wajah dan menghilangkan komedo.

Baca Juga:  Simak Cara Menyembuhkan Mata Minus Parah Secara Alami

 

Mengenal Jenis-jenis Komedo

  1. Komedo Putih

komedo putih

Komedo putih atau dikenal sebagai whitehead merupakan salah satu jenis komedo yang terbentuk akibat penumpukan sel kulit mati, minyak, serta bakteri yang terjebak di pori-pori. Siapapun dapat memiliki komedo jenis ini akibat dari pola hidup sehari-hari. Adapun beberapa faktor pemicunya yaitu, Anda memiliki jenis kulit berminyak, sering terpapar bahan kimia dari kosmetik, kebiasaan memencet jerawat, mencuci muka secara berlebihan, dan juga melakukan peeling menggunakan bahan kimia.

Walaupun komedo merupakan masalah kulit yang cukup ringan. Namun jika Anda tidak mengatasinya dengan benar, hal tersebut bisa menyebabkan komplikasi. Mulai dari iritasi ataupun infeksi pada kulit. Infeksi dan iritasi yang terjadi mampu mempengaruhi kondisi kesehatan kulit hingga memicu munculnya jaringan parut pada kulit wajah.

  1. Komedo Hitam

komedo hitam

Komedo hitam biasanya dikenal sebagai blackhead. Komedo jenis ini biasanya muncul di area hidung. Selain itu, komedo hitam juga bisa muncul di bagian tubuh lain seperti punggung, leher, dada, bahkan lengan dan bahu.

Biasanya bagian tubuh yang memiliki komedo hitam akan cenderung terasa kasar saat diraba. Kemudian pada area yang muncul komedo hitam biasanya akan terlihat bintik-bintik hitam yang menonjol. Penyebab muncul komedo hitam hampir mirip dengan komedo putih. Namun bedanya, permukaan komedo hitam tidak tertutup kulit, sehingga membuat komedo menjadi berwarna hitam akibat dari oksidasi.

Adapun beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya komedo hitam yaitu produksi keringat yang berlebih, stres, PMS, dan lainnya. Selain itu, orang-orang yang malas membersihkan wajah juga rentang mengalami permasalahan ini.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah konsistensi. Jika Anda rutin dan tidak malah merawat wajah, maka permasalahan kulit di atas dapat Anda hindari dengan mudah. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel bermanfaat ini kepada teman dan kerabat anda ya!