Cara Menggabungkan File PDF Online dan Offline Terbaik dan Terlengkap 2021

Cara Menggabungkan File PDF

Apakah Anda masih kesulitan melakukan cara menggabungkan file Pdf menjadi satu? Sebagian orang menganggap bahwa file Pdf adalah dokumen final yang sudah bisa dirubah-rubah lagi. Padahal Anda masih bisa mengubah, mengedit, bahkan menggabungkan file Pdf dengan file lain.

File Pdf adalah salah satu jenis dokumen yang paling banyak digunakan orang untuk menyimpan file mereka. Pdf dianggap memiliki keunggulan dibanding jenis file lainnya karena lebih aman, fleksibel, dan lumayan ringan. Itulah sebabnya kebutuhan terhadap file Pdf juga beragam.

Salah satu kebutuhan file Pdf yang paling dicari orang adalah menggabungkan beberapa  file Pdf menjadi satu. Cara menggabung file Pdf dapat Anda lakukan secara online maupun offline dengan mudah dan cepat. Berikut ini rangkuman lengkap bagaimana cara menggabungkan file Pdf secara online maupun offline.

 

Cara Menggabungkan File Pdf Online

1. SmallPdf

SmallPdf adalah situs khusus yang bisa Anda kunjungi untuk mengolah dokumen Pdf, salah satunya menggabungkan beberapa file Pdf menjadi satu. Selain menggabungkan file Pdf, situs SmallPdf juga menyediakan fitur lain yang tidak kalah populer, yakni memperkecil ukuran file Pdf. Berikut ini cara menggabungkan file Pdf dengan SmallPdf:

  • Buka situs SmallPdf, lalu pilih opsi Menggabungkan Pdf. Setelah itu klik tombol Pilihan File. Kemudian pilih file Pdf mana saja yang akan digabungkan menjadi satu file. Kemudian klik Open.

SmallPdf

SmallPdf

  • Klik opsi Gabungkan File, jika Anda ingin langsung menggabung semua file Pdf yang tadi Anda pilih. Semua halaman pada file gabungan ini nanti akan berisi sesuai urutan file yang Anda pilih.

SmallPdf

  • Klik opsi Gabungkan Halaman,jika Anda ingin menggabungkan halaman file Pdf tertentu saja. Nanti situs akan menampilkan file menjadi beberapa halaman. Untuk menghapus halaman yang tidak Anda perlukan, cukup arahkan kursor ke halaman lalu klik ikon silang.

SmallPdf

Baca Juga:  Bagaimana Cara Membuat Tulisan Melengkung di Word dengan Praktis dan Mudah

2. IlovePDF

Tidak jauh berbeda dengan SmallPdf, IlovePDF juga bisa Anda gunakan untuk menggabungkan beberapa file Pdf.  Namun pada situs ini Anda tidak bisa menghapus atau menggabungkan beberapa halaman tertentu layaknya SmallPdf. Berikut ini cara menggabungkan file Pdf dengan IlovePDF:

  • Buka situs IlovePDF, lalu klik opis Merge PDF. Setelah itu klik tombol Select PDF files. Kemudian pilih beberapa file df yang ingin Anda gabungkan. Lalu klik Open.

IlovePDF

IlovePDF

  • Tunggu sampai proses unggah file Pdf selesai. Setelah itu klik tombol MERGER PDF dan tunggu sampai proses penggabungan selesai.

IlovePDF

  • Setelah file Pdf selesai digabungkan, maka Anda sudah bisa mendownload file dengan klik pop up Download merged PDF.

IlovePDF

3. PDFJoiner

Serupa dengan IlovePDF, PDFJoinner juga hanya bisa digunakan untuk menggabungkan file pdf secara keseluruhan. Di situs PDFJoiner ini Anda bisa menggabungkan sampai 20 file Pdf sekaligus.Berikut ini cara menggabungkan file Pdf dengan PDFJoiner:

  • Buka situs PDFJoiner, klik tombol Upload File.Kemudian Pilih semua file Pdf yang ingin Anda gabungkan.

PDFJoiner

  • Tunggu sampai proses unggah file selesai. Setelah itu klik tombol JOIN FILE untuk menggabungkan file dan tunggu sampai proses penggabungan selesai.

PDFJoiner

  • Setelah selesai, Anda sudah bisa download hasil file gabungan dengan klik pop up download file.

4. PDFCandy

PDFCandy memiliki keistimewaan dari pada situs pengolah Pdf online lainnya. Yakni tidak adanya iklan yang muncul di website PDFCandy. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih nyaman menggunakan situs ini untuk kebutuhan file Pdf Anda.Berikut ini cara menggabungkan file Pdf dengan PDFCandy:

  • Buka situs PDFCandy, lalu pilih opsi Gabung PDF. Setelah itu klik tombol Tambah File. Kemudian pilih file Pdf mana saja yang ingin Anda gabungkan.

PDFCandy

PDFCandy

  • Tunggu sampai semua file Pdf terunggah. Setelah itu Klik Gabungkan 2 File. Dalam situs ini Anda hanya dapat menggabungkan 2 file Pdf saja.

PDFCandy

  • Tunggu sampai proses penggabungan selesai. Setelah itu Anda sudah bisa mendownload file gabungan dengan klik tombol Unduh File PDF.

5. PDFio

Pada situs PDFIO Anda bisa menggabungkan file pdf sesuai kebutuhan halaman dan mengatur urutan halaman sesuai keinginan Anda. Berikut ini cara menggabungkan file Pdf dengan PDFio:

  • Buka situs PDFio, lalu pilih opsi Setelah itu klik tombol dari Komputer pada pilihan PDF (s). Kemudian pilih file Pdf yang ingin Anda gabungkan.

PDFio

PDFio

  • Tunggu sampai semua file Pdf terunggah. Maka setelah itu akan muncul tombol GABUNGKAN di bawah file yang akan Anda gabungkan.

PDFio

  • Tunggu sampai proses penggabungannya selesai. setelah itu Anda sudah bisa mendownload hasil file Pdf gabungan dengan klik tombol DOWNLOAD.

PDFio

 

Baca Juga:  4 Cara Melacak HP yang Hilang dengan Mudah

Cara menggabungkan File Pdf Offline

1. PDFMate Free PDF Merger

Anda bisa menggunakan software PDFMate untuk menggabungkan file Pdf secara offline. Software ini juga memiliki fitur lain untuk kebutuhan file Pdf, seperti mengubah file PNG, JPG, menjadi Pdf. Software ini bisa Anda gunakan gratis dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu.Berikut ini cara menggabungkan file Pdf dengan PDFMate:

  • Buka software PDFMate (download disini), lalu klik Add Files. Kemudian pilih file Pdf mana saja yang akan Anda gabungkan.

PDFMate Free PDF Merger

  • Pada bagian Layout pilih opsi Setelah itu klik tombol Build. 

PDFMate Free PDF Merger

PDFMate Free PDF Merger

  • Tunggu sampai proses penggabungan file Pdf selesai. Setelah itu hasil penggabungan file akan langsung masuk ke folder Documents Anvsoft PDF Free Merger Output

2. PDFBinder

Hampir serupa dengan software PDFMate, PDFBinder juga dapat menggabungkan beberapa file Pdf. Namun software ini lebih ringan dari PDFMate yang hanya berukuran 1.68 MB saja. Berikut ini cara menggabungkan file Pdf dengan PDFBinder:

  • Buka aplikasi PDFBinder (download disini), lalu klik tombol Add File. Kemudian pilih file df yang ingin Anda gabungkan.

PDFBinder

  • Setelah file pdf sudah masuk PDFBinder, klik tombol Setelah itu akan muncul pop up save as untuk menyimpan hasil file gabungan.
  • Ketik nama file, lalu klik tombol Save.

3. PDF Split & Merge

Software ini dapat menggabungkan file Pdf sekaligus memisahkan halaman tertentu sesuai keinginan Anda. Sebelum menggunakannya Anda perlu mengunduh aplikasi dan melakukan instalasi seperti software lainnya. Berikut ini cara menggabungkan file Pdf dengan PDF Split & Merger:

  • Buka aplikasi PDF Split & Merge (download disini), lalu pilih Merge. Kemudian klik Add untuk menambahkan file Pdf yang ingin Anda gabungkan.

PDF Split & Merge

  • Setelah itu klik tombol Merge
  • Jika proses penggabungan sudah selesai, maka akan muncul pop up Merging Complete. Lalu klik File OK hasil penggabungan akan otomatis tersimpan dalam desktop.

4. MergePDFs

Software MergePDFs dapat Anda gunakan secara gratis untuk menggabungkan file Pdf. Aplikasi ini cukup sederhana hanya berguna untuk menggabungkan file Pdf saja. Berikut ini cara menggabungkan file Pdf dengan MergePDFs:

  • Buka aplikasi MergePDFs, lalu klik tombol ADD PDF FILE. Kemudian pilih file Pdf yang ingin Anda gabungkan. Setelah itu klik tombol

MergePDFs

  • Kemudian Anda bisa memilih lokasi penyimpanan file hasil penggabungan. Kemudian klik Merge Now untuk mengakhiri dan menyimpan file.
Baca Juga:  Ini Nih Cara Convert Excel Ke Pdf Dengan Mudah, Intip Yuk !

Nah, itu lah beberapa cara menggabungkan file Pdf melalui online maupun offline. Tidak sulit bukan? Jika Anda lebih menyukai jenis file Pdf dibandingkan yang lain, Anda perlu mengetahui cara ini. Barangkali Anda diharuskan menggabungkan beberapa file Pdf menjadi satu file. Tidak perlu panik, sekarang sudah tidak ada lagi alasan tidak bisa menggabungkan file Pdf menjadi satu file. Selamat mencoba.