Cara Menanam Terong Dengan Benar

cara menanam terong

Terong adalah salah satu buah dari tanaman yang berasal dari India dan Srilangka. Namun ada juga yang mengatakan bahwa terong berasal dari Indonesia karena memang sudah lama ada di Indonesia. Ada beberapa macam terong yang sering digunakan saat memasak, yaitu terong bulat dan juga terong ungu.

Biasanya terong bulat digunakan dan dicampur dalam sambal, sedangkan terong ungu lebih banyak bisa dikreasikan seperti misalnya digoreng, dimasak menjadi sayur dan direbus.

Bagaimana pun cara Anda mengolahnya, terong tetap enak dimakan, selain itu pun memiliki banyak manfaat. Terong ungu baik untuk tulang, bisa digunakan untuk mencegah diabetes, menutrisi otak, menjaga tekanan darah Anda tetap stabil, melancarkan pencernaan dan masih banyak lainnya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi terong ungu.

Jika Anda tertarik untuk menanam terong sendiri di rumah, maka sebaiknya Anda mencari tahu tentang cara menanam terong yang benar. Sehingga dengan demikian setelah Anda mengetahui bagaimana cara menanam terong dengan mudah Anda bisa segera mempraktekkannya di rumah.

Kedepannya jika Anda berhasil mempraktekkan cara menanam terong maka Anda bisa memetik sendiri terong hasil berkebun Anda dan tidak perlu membelinya lagi.

Memilih Bibit Terong Yang Berkualitas

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memilih bibit terong yang berkualitas. Pertama, Anda harus pastikan bahwa kondisi bibit yang Anda beli itu bersih dan bahkan terlihat mengkilat. Akan lebih baik jika warna bibit terong itu sama tidak ada yang berbeda.

Begitu juga dengan ukurannya, terong ungu yang berkualitas saat dibeli bibitnya biasanya memiliki ukuran dan bentuk yang serupa. Jika Anda memilih bibit terong ungu dengan cara itu maka Anda bisa mendapatkan tanaman terong yang bisa menghasilkan terong yang berkualitas.

Baca Juga:  Yuk Mengetahui Cara Menanam Singkong Yang Baik Dan Benar

cara menanam terong

Mempersiapkan Lahan / Media Tanam

Selanjutnya Anda bisa mempersiapkan lahan atau media yang nantinya akan digunakan dalam menanam bibit terong yang sudah Anda pilih. Anda bisa mempersiapkan tanah yang gembur beserta padi sekam dan polybag untuk menanam bibit terong ungu itu pertama kalinya.

Sebaiknya jika Anda memang tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam maka Anda gunakan pot ataupun polybag yang berukuran besar agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Dengan menanam bibit terong ungu di media yang luas maka Anda bisa lebih mudah dalam melaksanakan cara menanam terong tersebut tanpa harus repot-repot memindahkannya.

Menyemai Bibit Terong

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam cara menanam terong dengan mudah adalah menyemai bibit terong tersebut. Agar bibit tersebut bisa tumbuh dengan baik maka sebaiknya Anda rendam dulu bibit terong yang akan disemai dalam air yang suhunya hangat selama kurang lebih 15 menit.

Setelah itu Anda bisa campurkan padi sekam dengan tanah dengan jumlah yang sama dan masukkan ke dalam pot atau polybag. Lalu buatlah lubang sedalam 1 cm dan masukkan bibit yang sudah selesai direndam ke dalamnya. Jangan lupa tutup kembali lubang yang sudah diisi bibit dan siram sebanyak 2 kali dalam sehari dengan air yang tidak usah terlalu banyak.

Agar bibit tersebut cepat tumbuh maka letakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Jika pada tunas bibit tersebut sudah muncul daun, lebih baik dipindahkan ke lahan yang lebih luas agar pertumbuhannya semakin baik. Begitulah cara menanam terong dengan benar.