Cara Menanam Pisang Ala Rumahan, Dijamin Cepat Berbuah

cara menanam pisang

Mau tahu cara menanam pisang yang anti gagal? Pada umumnya dalam menanam pohon pisang ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Sebab dengan mengetahui tahapan dengan baik, anda akan mendapatkan kemudahan pada saat menanamnya.

Dengan menanam pisang, anda tak perlu repot membeli pisang dengan harga mahal. Melainkan anda bisa langsung mengambilnya secara langsung. Ada baiknya anda menanam pohon pisang sendiri di rumah, berikut ini beberapa tahapannya:

Mengetahui Ciri-Ciri Pohon Pisang

Sebelum memutuskan untuk menanam pisang, ada baiknya memahami ciri-cirinya terlebih dahulu. Pada umumnya cara menanam pohon pisang kepok hanya bisa dilakukan di beberapa daerah saja. Contohnya seperti daerah tropis basah, panas hingga lembab.

Oleh karena itu, anda harus memperhatikan terlebih dahulu tempat penanamannya apakah cocok atau tidak. Jika anda menginginkan pohon pisang yang tumbuh subur tentu pemilik harus memperhatikan kandungan airnya.

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui seperti memastikan kondisi angin tidak terlalu kencang. Hal ini akan berakibat buruk karena daun pisang akan mudah rusak. Kemudian lihat curah hujannya biasanya agar pohon pisang tumbuh optimal minimal 1520-3800 mm/tahun.

Untuk cara menanamnya sendiri dibagi menjadi dua yaitu biji dan tunas. Menanam pohon pisang dengan tunas biasanya akan memakan waktu lebih lama. Bahkan harga tunasnya sendiri memang terbilang mahal dari belasan ribu hingga puluhan ribu.

 

cara menanam pisang

Memilih Bibit Anak

Dalam memilih bibit anak, usahakan memilih dengan tunas yang memiliki tinggi 1-1,5 m dengan diameter sekitar 15-20 cm. Selain itu, usahakan memilih bibit anak dari pohon pisang yang unggul dan memiliki kondisi kesehatan yang baik.

Pada umumnya ada 2 jenis bibit anak yaitu bibit anakan muda dan bibit anakan dewasa. Biasanya kalau bibit anakan dewasa ini yang siap tanam dibandingkan bibit anakan muda. Cara menanam pisang agar berbuah lebat tentu harus memahami beberapa cirinya.

Baca Juga:  Cara Menanam Kacang Hijau

Ada pula beberapa cirinya memiliki calon bunga, tunas pisang dengan bentuk tombak dan memiliki daun dengan bentuk pedang. Tak heran, banyak beberapa calon pemilik yang lebih memilih menggunakan bibit anakan dewasa ini.

Memilih Media Tanam

Dalam memilih media tanam tentu harus memilih media yang memiliki banyak kandungan humus dan kapur. Biasanya jika media memiliki banyak kandungan tersebut tentu berpengaruh baik agar pohon pisang bisa tumbuh dengan subur.

Selain itu, pohon pisang akan lebih mudah dalam menyerap nutrisi yang ada di dalam media tanamnya. Biasanya media tanam yang sesuai harus melalui berbagai ketentuan. Pertama, media tanam basah harus memiliki tinggi air sekitar 5-200 cm.

Kedua, media tanam yang memiliki setengah basah setidaknya membutuhkan ketinggian air sekitar 1-200 cm. Sedangkan untuk media tanam yang kering, membutuhkan air dengan tinggi sekitar 50-150 cm saja.

Pengolahan Yang Baik

Untuk pengolahannya sendiri, anda bisa membersihkan area sekitar media tanam. Dan pastikan area sudah terhindar dari berbagai hama yang menganggu. Kemudian barulah anda melakukan penggemburan tanah yang berguna mengalirkan udara dan membuang racun.

Setelah itu, media tanam harus dilengkapi dengan irigasi agar air bisa keluar dengan teratur. Dan hal ini tidak akan membuat pohon pisang mendapatkan air terlalu banyak. Berbeda kalau lahan yang dimiliki miring, maka anda bisa membuat media tanam di teras.

Dalam melakukan penanaman pisang memang harus dilakukan dengan baik. Hal ini agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan pohon pisang mudah berbuah. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi tentang penanaman pohon pisang.