Cara Menanam Kunyit Ala Rumahan Praktis Dan Anti Ribet

cara menanam kunyit

Indonesia terkenal dengan berbagai macam cara menanam kunyit yang mudah. Terutama bagi beberapa orang yang ingin menanam kunyit tidak perlu khawatir. Sebab dalam menanam kunyit hanya membutuhkan pemahaman saja.

Biasanya kunyit memang berguna sebagai salah satu bahan rempah-rempahan yang ampuh. Selain menjadi rempah, bumbu masakan ini terkenal dengan warna kuning yang alami. Tak heran banyak yang menggunakan si kuning alami ini. Berikut ini ada beberapa tahapan dalam penanamannya:

Melakukan Pembibitan

Sama seperti tanaman lainnya, jika ingin menanam kunyit maka harus melakukan pembibitan terlebih dahulu. Cara menanam kunyit di pot biasanya anda hanya membutuhkan rimpang kunyit tua dengan kondisi yang masih sehat.

Biasanya semakin tua rimpangnya maka semakin bagus untuk pertumbuhan tunasnya. Usahakan meletakkan rimpang di tanah lembab dengan suhu 25-28 derajat celcius. Dan jauhkan dari sinar matahari secara langsung dan bisa disiram setiap sore hari.

Setelah 30-45 hari, baru tunas akan kelihatan di bagian rimpang kunyit tersebut. Lalu anda bisa memotong rimpang kunyit setelah tunas mencapai tinggi 10 cm. Kemudian bibit ini yang akan dipindahkan ke media tanam.

cara menanam kunyit

Mempersiapkan Media Tanam

Jika anda ingin menanam kunyit di pot, bisa menggunakan pot yang berukuran sedang. Dengan memiliki ukuran pot diameter 20 cm dengan tinggi 40 cm. Biasanya di dalam pot akan diisi tanah, pupuk kompos dan pupuk kandang. Gunakan cara menanam kunyit putih dengan perbandingan 2:1:1.

Lalu masukkan hingga dengan tinggi 30 cm di dalam pot tersebut. Usahakan tanah yang digunakan terhindar dari berbagai hama, Hal ini penting agar hama tidak menganggu perkembangan kunyit nantinya.

Menanam Bibit Kunyit

Selanjutnya bisa langsung memindahkan bibit kunyit ke media tanam yang tersedia. Pertama, bisa membuat lubang sedalam 8 cm. Lalu masukan bibit kunyit ke lubang tersebut, pastikan satu lubang hanya diisi 1 kunyit saja. Kemudian tutup lubang dengan media tanam dan sirami air.

Baca Juga:  Mudahnya Cara Menanam Sirih Supaya Berdaun Lebat

Melakukan Penyiraman Dan Pemupukan

Setelah itu, biasanya anda harus melakukan penyiraman serta pemupukan secara rutin. Hal ini berguna agar kunyit bisa tumbuh dengan mudah. Usahakan melakukan penyiraman setiap 2-3 kali sehari saja berguna agar tanah tetap lembab.

Dalam menyiram air harus diperhatikan dengan baik, usahakan tidak ada air yang menggenang disana. Biasanya air yang menggenang mampu merusak perkembangan kunyit. Alhasil kunyit akan cepat mudah busuk nantinya.

Kemudian untuk pemupukan tanah bisa dilakukan sebulan sekali, caranya dengan mencampurkan tanah, pupuk kompos serta pupuk kandang. Anda bisa menggunakan perbandingan 1:1:1, usahakan tidak menggunakan pupuk kimia agar tanaman bisa bebas bahan kimia.

Memanen

Masa panen ini merupakan salah satu tahapan terakhir yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Untuk masa panennya sendiri berlangsung selama 8 bulan. Setelah 8 bulan, maka akan terlihat seperti apa bentuk kunyit.

Biasanya kunyit yang sudah panen memiliki hasil yang sehat dan memiliki berat seimbang. Usahakan anda bisa menyimpannya di tempat yang aman. Hal ini agar menghindari kunyit agar cepat busuk sehingga kunyit bisa tahan lebih lama.

Menanam kunyit bukan persoalan yang sulit, bahkan semua orang bisa memulai menanamnya sejak sekarang. Jangan lupa untuk mengikuti berbagai tahapan dengan benar agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga hasil tanam yang dilakukan bisa berbuah hasil dengan baik.