Cara Menanam Kaktus dengan Mudah Selama Liburan di Rumah

Cara Menanam Kaktus

Menanam kaktus selama di rumah merupakan bagian yang menyenangkan. Tanaman kaktus pun saat ini sedang sangat digandrungi masyarakat, karena menanamnya dan merawatnya yang mudah. Apalagi, bagi para pemula cara menanam kaktus menjadi sesuatu hal yang baru. Nah lalu buat kalian yang baru akan menanam kaktus sudah tahu bagaimana cara menanam kaktus? Biar nggak bingung kita belajar bareng yuk.

Belajar Cara Menanam Kaktus

Karena kaktus merupakan tanaman yang berduri, maka kamu harus berhati-hati saat akan menanamnya. Berikut cara menanam kaktus yang dapat kamu lakukan:

  1. Mempersiapkan material serta media tanam terlebih dahulu

Sebelum kalian menanam kaktus, pastikan kalian harus sudah mempersiapkan material dan media tanam dulu ya. Berbagai perlengkapan yang harus kalian persiapkan, yaitu tanaman kaktus dan berbagai karakter kaktus lainnya. Kemudian pot dengan berdiameter 30 cm serta tinggi 20 cm, sarung tangan, penjepit, kerikil secukupnya, media tanam, satu sendok teh, serta hiasan dekoratif yang sesuai dengan tema yang kamu inginkan.

  1. Mencari tempat yang cocok untuk kaktus

Mencari tempat untuk menaruh pot perlu kamu lakukan agar kamu dapat menentukan berapa pot yang kamu butuhkan. Karena kaktus memiliki sifat yang sangat adaptif, maka kaktus bisa diletakan di dalam rumah tanpa terkena sinar matahari. Namun jika kamu menanam kaktus gurun maka kaktus tersebut perlu kamu letakkan di bawah sinar matahari. Dan jika kamu menanam kaktus hutan, maka perlu juga diletakkan dekat dengan matahari. Karena jenis kaktus hutan sangat suka dengan cahaya matahari.

  1. Masukkan media tanam ke dalam pot kamu

Yang harus kamu lakukan pertama yaitu siapkan pot, lalu letakkan kerikil di bagian paling bawah atau dasar pot, dengan tidak terlalu penuh. Karena kaktus memiliki akar yang dangkal, maka kamu hanya perlu menanam dengan komposisi 1/3 dari tingginya pot. Lalu siapkan lubang dengan diameter yang sama dengan kaktus yang akan kamu tanam. Agar kaktus tetap dalam keadaan hangat, kamu juga perlu menutup kaktus dengan plastik selama proses penanaman.

Baca Juga:  Manfaat Dan Cara Menanam Yang Tepat

Cara Menanam Kaktus

  1. Pindahkan kaktus ke dalam pot

Agar tetap steril dan bersih, saat proses pemindahan kamu perlu menyiapkan alas agar dapat mempermudah proses pemindahan. Setelah kaktus sudah diangkat dan bersih maka kaktus dijepit dan ditaruh pada lubang yang telah disediakan.

  1. Permukaan tanah dipadatkan

Setelah kaktus telah dimasukkan ke dalam tanah dengan rapi dan sempurna, maka kamu bisa menekan permukaan tanah. Kamu bisa menekannya menggunakan sendok teh yang telah disiapkan, dan rapikan pada bagian samping-samping pot.

  1. Menyemprot dengan air hangat

Cara yang selanjutnya yaitu menyemprot kaktus dengan air hangat. Caranya yaitu kamu hanya perlu menyemprotkan dengan sedikit air hangat pada permukaan tanah yang telah ditanam kaktus dan sukulen barusan. Kegunaan dari menyiram dengan air hangat ini bertujuan agar akar kaktus dapat bertahan menyimpan air dalam beberapa hari kedepan.

  1. Menambah hiasan dengan berbagai ornamen

Agar tanaman lebih menarik perhatian dan menjadi lebih indah, kamu dapat menambahkan ornamen-ornamen yang akan kamu tambahkan. Kamu bisa menempatkannya di teras halaman rumah dengan rapi agar berbeda dari yang lain. Atau kamu juga dapat menambahkan pasir putih agar terlihat seperti di gurun.

Beberapa cara menanam kaktus di atas mungkin dapat kamu praktikkan di rumah. Baik kaum pemula atau memang sudah hobi, cara ini dapat kamu gunakan di rumah ya!