Cara Menanam Kacang Hijau

cara menanam kacang hijau

Kacang hijau merupakan tanaman yang memiliki protein nabati yang sangat tinggi, oleh karena itu sangat baik jika Anda bisa mengkonsumsi kacang hijau dengan rutin. Apalagi Anda suka mengolah kacang hijau menjadi berbagai makanan, bagaimana jika Anda belajar cara menanam kacang hijau?

Karena cara menanam kacang hijau ini tidaklah susah dan kacang hijau bisa dipanen dalam waktu 60 hingga 80 hari. Tidak terlalu lama bukan? Selain itu kacang hijau ini sangat mudah ditanam di Indonesia karena memang merupakan tumbuhan tropis.

Oleh karena itu jika Anda bisa mempraktekkan cara menanam kacang hijau dengan baik maka pastinya Anda bisa mendapatkan hasil kacang hijau yang baik pula. Berikut ini beberapa cara yang harus Anda lakukan :

Siapkan Lahan Untuk Menanam

Jika Anda memiliki kelebihan lahan maka Anda pasti bisa melakukan cara menanam kacang hijau dengan baik. Namun pastikan bahwa lahan tanah yang akan Anda gunakan untuk menanam tanaman kacang hijau itu haruslah subur dan memiliki unsur hara yang banyak. Maka dari itu saat menyiapkan lahan, Anda bisa memulai dengan mencangkul tanah tersebut agar gembur, setelah itu berilah pupuk kandang dan ratakan di seluruh lahan.

Buatlah bedengan atau gundukan dengan tinggi  sekitar 30 cm dan nantinya pada gundukan tersebut dibuat lubang-lubang mata tiga, mata lubang pertama dibuat lubang untuk benih kacang hijau dengan kedalaman 4 cm sementara 2 lubang lainnya diberi kedalaman antara 8-10 cm untuk diisi pupuk.

cara menanam kacang hijau

Penyemaian Bibit 

Selanjutnya cara menanam kacang hijau yang harus Anda lakukan berkaitan dengan penyemaian bibit kacang hijau tersebut. Semailah bibit atau biji kacang hijau dengan metode inokulasi, yaitu dengan cara basahi bibitnya dan angin-anginkan selama kurang lebih 4 jam hingga akhirnya muncul kecambah pada bibit yang Anda semai. Setelah itu nantinya bibit kacang hijau tersebut akan bisa ditanam.

Baca Juga:  Cara Menanam Jahe Di Polybag Solusi Tepat Untuk Budidaya

Penanaman Bibit Kacang Hijau

Setelah Anda yakin bahwa semua bibit kacang hijau sudah disemai dengan baik dan muncul kecambahnya maka tahap selanjutnya dalam cara menanam kacang hijau adalah melakukan penanaman pada lubang-lubang yang ada di lahan yang sudah Anda siapkan.

Pada tiap lubang yang telah disiapkan, bisa dimasukkan 2 bibit kacang hijau sekaligus, pastikan bahwa kondisi bibit kacang hijau yang sudah berkecambah itu dalam kondisi yang baik.

Namun apabila Anda ingin memastikan bibit tumbuh dengan baik, bisa juga Anda tanam dalam pot terlebih dulu sebelum nantinya dipindahkan pada lahan yang sudah tersedia.

Untuk penyiramannya, sebaiknya dilakukan sekali sehari untuk memastikan tanah tetap lembab, namun jika tanah yang Anda gunakan untuk menanam sedikit kering, maka Anda bisa lakukan penyiraman sebanyak 2 kali dalam sehari.

Penyulaman dan Penyiangan

Setelah 15- 20 hari semenjak penanaman bibit maka biasanya bibit tersebut akan semakin meninggi dan muncul helai-helai daun yang kecil.

Pada saat ini, cara menanam kacang hijau selanjutnya yang harus Anda laksanakan adalah penyulaman, dimana Anda bisa menyortir bibit – bibit yang tidak tumbuh dengan baik. Sebaiknya bibit yang tidak tumbuh dengan baik disortir dan diganti dengan yang baru.

Jika Anda menanam bibit awal pada pot, maka pada saat ini jugalah Anda bisa memindahkannya ke lahan yang lebih luas. Anda juga harus rajin dalam menyiangi tanaman kacang hijau tersebut agar tidak ada tumbuhan liar yang mengganggu perkembangannya.