Cara Menanam Anggrek Di Pot

cara menanam anggrek di pot

Anggrek adalah tanaman dengan bunga yang sangat indah. Bunga anggrek memiliki ukuran yang cukup besar dengan warna warni yang bervariasi. Jika dibudidayakan dengan benar  maka tanaman anggrek ini bisa menjadi hiasan yang sangat indah di halaman rumah Anda.

Namun tanaman anggrek berbeda dengan tanaman lain dalam hal cara menanamnya. Anda sebaiknya mempelajari cara menanam anggrek di pot jika memang tertarik untuk membudidayakan bunga anggrek di rumah Anda. Tanaman anggrek ni memiliki harga yang bervariasi sesuai variannya.

Untuk anggrek yang langka harganya biasanya mahal, apalagi jika bunga anggrek tersebut memiliki warna atau corak yang unik, maka harganya bisa semakin mahal.

Berikut ini cara menanam anggrek di pot yang tepat :

Pemilihan Pot Dan Media Tanam Yang Tepat

Dalam cara menanam anggrek di pot maka Anda bisa memilih jenis pot dari bahan apa saja yang Anda sukai. Bisa jadi dari bahan tanah liat atau plastik. Saat ini pot dari bahan plastik pun sudah sangat menarik bentuk dan warnanya sehingga dengan demikian pasti cocok untuk digunakan menanam tanaman anggrek. Untuk media tanam bunga anggrek ini ada beberapa jenis yang bisa Anda pilih.

Pertama Anda bisa gunakan media tanam berupa serat pakis yang sudah disterilkan dan direbus. Bisa juga Anda gunakan media tanam dari kulit kayu yang sudah tidak ada getahnya lagi. Serabut kelapa juga sering digunakan sebagai media tanam bunga anggrek, namun serabut kelapa yang digunakan baiknya sudah direndam dengan pupuk organic terlebih dulu.

Ada juga yang menggunakan ijuk kelapa, arang kayu atau batu bata yang sudah pecah. Biasanya media tanam ini juga dicampurkan dengan tanah atau arang sekam untuk membuat tanaman anggrek bisa menjadi lebih subur saat ditanam.

Baca Juga:  Cara Menanam Sawi di Polybag Agar Tahan Hama

cara menanam anggrek di pot

Penanaman Tanaman Anggrek Dalam Pot

Selanjutnya Anda bisa lakukan cara menanam anggrek di pot yang tepat, pertama Anda perlu mencampurkan tanah dengan pupuk organic lalu masukkan ke dalam pot sampai menyisakan 1/3 bagian dari pot untuk ditambahkan media tanam lainnya yang akan Anda gunakan. Lalu letakkan media tanam yang Anda pilih di bagian atas tanah tersebut sampai pot penuh.

Setelah itu buat lubang pada bagian tengah pot tersebut, lalu masukkanlah bibit anggrek yang sudah Anda beli pada lubang tersebut, tutuplah bagian akar hingga sebatas batangnya dengan menggunakan media tanam yang ada dalam pot. Jangan lupa untuk menyiramnya dengan menggunakan air agar lebih segar.

Selain cara menanam anggrek di pot maka Anda tentunya harus mengetahui juga bagaimana caranya merawat anggrek tersebut, karena merawat anggrek butuh perhatian lebih, tidak sama dengan tanaman bunga yang lainnya.

Tips Merawat Tanaman Anggrek

Ada kalanya saat tanaman anggrek itu tumbuh subur maka muncul anakan pada batang anggrek yang Anda tanam, sebaiknya Anda pisahkan anakan tersebut dari induknya dan tanam di media lain agar pertumbuhannya bisa lebih baik. Jika tumbuh dengan berdesakan seperti itu bisa jadi pada akhirnya semua tanaman anggrek dalam pot tersebut mati.

Rajiin-rajinlah untuk menyiangi tanaman anggrek yang Anda tanam, karena gulma dan tanaman pengganggu lainnya bisa tumbuh dalam satu pot dan mengakibatkan gulma serta anggrek berebut unsur hara, jika dibiarkan terlalu lama, anggrek akan lama berbunga. Dengan mengetahui cara menanam anggrek di pot dan merawatnya maka Anda pasti bisa mendapatkan tanaman anggrek yang indah.