Cara Membuat Whatsapp Bisnis Dengan Sangat Mudah

cara membuat whatsapp bisnis

Dengan kesuksesan whatsapp messengernya, akhirnya whatsapp juga mengeluarkan fitur whatsapp bisnis yang di khususkan untuk kamu para pebisnis. Cara membuat whatsapp bisnis kurang lebih sama dengan membuat akun whatsapp messenger pada umumnya. Perbedaannya hanya terdapat pada logo dan fitur yang menyesuaikan dengan konsep yang diusungnya.

Sebelum kita bahas bagaimana cara membuat whatsapp bisnis marilah kita cari tahu apa saja kelebihan whatsapp bisnis dibandingkan dengan whatsapp messenger.

Kelebihan Dari Whatsapp Bisnis

Format yang digunakan untuk dalam whatsapp bisnis memiliki bermacam kelebihan untuk para penggunanya yang memang diperuntukkan untuk kebutuhan dalam berbisnis, yang diantaranya adalah :

  1. Bisa digunakan untuk membuat katalog yang berfungsi untuk tampilkan produk dan layanan.
  2. Adanya fitur khusus yang digunakan untuk menyortir, mengotomatisasikan, dan dapat merespon sebuah pesan dengan cepat.
  3. Akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang berkaitan dengan produk yang kamu tawarkan.
  4. Bis terhubung dengan mereka yang berada di whatsapp dengan cara yang lebih sederhana, aman dan reliable.
  5. Aplikasi whatsapp bisnis juga sangat cocok digunakan untuk skala bisnis yang menengah maupun sudah bisnis dalam skala besar.

cara membuat whatsapp bisnis

Cara Membuat Whatsapp Bisnis Di Android

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi whatsapp bisnis dari Google PlayStore atau bisa juga melalui berbagai platform yang biasa kamu gunakan.
  2. Daftarlah dengan memakai nomor ponsel yang memang kamu khususkan untuk berbisnis dan masih aktif agar lebih mudah nantinya untuk melakukan proses verifikasi.
  3. Buat profil dari menu setting­čí¬ Business setting­čí¬ lalu profil. Namun kamu harus pastikan informasi yang tercantum memang benar-benar harus akurat, misalnya seperti nama bisnis, detail kontak, alamat dan lain sebagainya.
  4. Selanjutnya setelah kamu selesai membuat profil pada whatsapp bisnis kamu bisa untuk akses setting ­čí¬ business setting dan periksa opsi apa saja yang ada dalam menu.
  5. Dalam menu tersebut kamu akan menemukan opsi berupa Greeting Message, Away Massage dan Quick Replies. Kamu bisa atur semua opsi tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu.
  6. Kamu bisa atur pesan yang akan dikirimkan secara otomatis saat kamu sedang dalam perjalanan bisnis dan kamu sedang tidak dapat membalas pesan dari konsumen. Kami juga bisa mengatur waktu pengiriman pesan tersebut, baik untuk seluruh waktu, sedang ada jadwal khusus atau jika sudah berada diluar jam operasional.
Baca Juga:  Kemudahan Bertransaksi dengan Adanya ATM (Automated Teller Machine) BNI

Pesan yang apapun akan dikirimkan dengan otomatis pada saat konsumen kirimkan pesan untuk yang pertama kalinya setelah tidak aktif selama kurun waktu 14 hari.

Jika kamu ingin membalas dengan cepat, kamu bisa atur pesan yang dasar, lalu pilihlah jalan pintas, serta pilihlah kata kunci, meskipun opsi dalam kata kunci tersebut tidak harus dilakukan.

Itulah cara membuat Whatsapp bisnis yang akan lebih memudahkan kamu dalam menjalankan sebuah bisnis karena memang aplikasi whatsapp bisnis menyasar kepada para pebisnis. Jadi aplikasi ini bisa dijadikan hal wajib yang harus kamu miliki.

Dengan fitur-fitur yang juga dimilikinya kamu akan lebih dipermudah dalam mengontrol bisnis mulai dari menjaga komunikasi dengan pelanggan secara baik, dapat meninjau statistik pesan, dapat dikelompokan sebuah pesan dengan kriteria tertentu dan dapat pula untuk promosikan sebuah produk. Nah, bagaimana apakah kamu tertarik dalam menggunakan whatsapp bisnis tersebut yang akan semakin membuat bisnis yang kamu kelola lebih mudah dijalankan.