Panduan Lengkap Cara Membuat Google Form

Panduan Lengkap Cara Membuat Google Form

Google Form atau Google Formulir merupakan software administrasi survei yang termasuk dalam rangkaian penyuntingan Google Dokumen. Website ini dapat anda gunakan secara gratis. Fleksibilitas penggunaannya juga luar biasa. Anda dapat menambahkan Dokumen, Spreadsheet, dan Slide untuk memperjelas Google Form anda. Cara membuat Google Form pun sangat mudah. Mulai dari generasi lanjut hingga generasi muda bisa melakukannya.

Google Form Formulir Serbaguna

Google Form Formulir Serbaguna

Sebelum anda mulai membuat Google Form, anda perlu tahu potensi luar biasa yang dimiliki website gratis ini. Nama Google Form identik dengan formulir pendaftaran. Dan memang benar bahwa Google Form sering digunakan sebagai formulir pendaftaran online. Seiring dengan kreativitas manusia dan bertambahnya fitur-fitur yang bisa digabungkan di Google Form, penggunaannya pun makin meluas. Mulai dari individu hingga institusi resmi, semua menggunakan Google Form sekreatif mungkin sesuai keperluan mereka. Google Form sudah banyak digunakan untuk ujian online mulai dari ujian sekolah, universitas, ujian kefasihan bahasa secara umum, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, banyak guru-guru yang sudah menggunakan Google Form secara aktif. Bahkan, anda juga bisa membuat permainan dengan Google Form. Luar biasa serbaguna bukan? Batas implementasi website ini adalah kreativitas anda. Improvisasikan inovasi anda setelah anda mengetahui cara membuat Google Form dari artikel ini!

Cara Membuat Google Form

Google telah memberikan arahan secara detail dengan bahasa yang efisien dan efektif melalui laman Google Support. Walaupun begitu ternyata masih banyak rekan-rekan kita yang kesulitan mencerna informasinya. Kami akan membantu menjabarkan cara membuat Google Form sesuai panduan Google Support dengan bahasa yang lebih komunikatif.

Berikut kami sediakan dasar-dasar tahap yang perlu anda coba terlebih dahulu untuk membuat Google Form. Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Baca Juga:  6 Cara Download Video di Facebook lewat HP Android

1. Cara Menyiapkan Google Form Baru

  • Siapkan perangkat anda, baik itu Android, PC (Personal Computer), iPhone atau iPad.
  • Ketikkan alamat docs.google.com/forms
  • Setelah anda menuju alamat tersebut, akan muncul tampilan Google Form.
  • Jika anda sudah log-in di Google, anda akan langsung masuk ke akun Google Form anda. Pola ini biasa terjadi di Chrome browser. Kami merekomendasikan anda untuk menggunakan Chrome browser saja karena lebih didukung Google dan mudah aksesnya. Jika belum maka anda perlu log in dulu menggunakan akun Google anda. Jika anda sudah login dengan beberapa akun anda bisa switch ke akun lain jika ingin membuat Google Form atas nama email lain. Jika anda sangat pemula dan bahkan belum memiliki akun Gmail maka anda perlu membuat alamat email Gmail terlebih dahulu di gmail.com.

2. Cara Mengedit Format Google Form

a. Mengedit Formulir

Cara Edit Google Form

Anda dapat mengedit formulir hingga 300 konten, lho. Hal-hal yang dapat anda lakukan ketika mengedit formulir adalah sebagai berikut (beserta caranya)

  • Menambahkan pertanyaan, header, dan bagian-bagian
    1. Klik Tambahkan.
    2. Di sebelah kanan judul pertanyaan, pilih Jenis pertanyaan.
    3. Ketik jawaban yang ingin anda jadikan pilihan. Aktifkan Wajib apabila pertanyaan tersebut wajib diisi.
  • Menambahkan gambar atau video
    1. Anda dapat menambahkan video di pertanyaan atau jawaban, atau sebelum/sesudah jawaban. Jika gambar menjadi satu dengan pertanyaan/ jawaban makan klik pertanyaan dulu, lalu klik Tambahkan gambar, lalu pilih file.
    2. Jika gambar atau video tidak menyatu dengan pertanyaan/jawaban klik langsung Tambahkan gambar atau video, lalu pilih file.
  • Menambahkan bagian baru
    1. Aga daftar formulir anda lebih rapi sesuai topik bahasan, pisahkan bagian satu dengan yang lainnya (part 1, part 2, dst) dengan cara klik Tambahkan bagian.
    2. Beri nama bagian tersebut.
  • Menggandakan pertanyaan, gambar, atau bagian
    1. Anda tidak perlu mengetik ulang pertanyaan, apalagi ketika membuat soal yang formatnya mirip. Cukup klik pertanyaan atau gambar, klik Gandakan (untuk menggandakan gambar)
    2. Untuk menggandakan bagian, klik header bagian, kemudian klik Lainnya yang memiliki 3 titik. Pilih Gandakan bagian.
  • Menggunakan kembali pertanyaan pada formulir sebelumnya
    1. Klik Tambahkan, pilih Impor pertanyaan
    2. Klik formulir yang ingin anda gunakan pertanyaannya, klik Pilih
    3. Untuk memilih pertanyaan mana saja, tandai kotak yang ada di sampingnya
Baca Juga:  Cara Mudah Mailing Excel ke Word

b. Menghapus atau mengedit item

  • Menghapus pertanyaan, gambar, atau bagian
    1. Khusus untuk pertanyaan atau gambar, klik pertanyaan atau gambar yang dimaksud, klik Hapus
    2. Untuk bagian, klik header bagian, klik Lainnya yang berupa titik 3, klik Hapus bagian
  • Menyusun ulang bagian
    1. Jika bagian anda lebih dari satu, anda dapat mengurutkan bagian-bagian tersebut. Klik menu Lainnya yang iconnya 3 titik.
    2. Klik Pindahkan bagian, pilih Atas atau Bawah
  • Mengurungkan tindakan
    1. Mengurungkan tindakan disebut juga meng-undo. Di kanan atas formulir, klik Lainnya yang iconnya 3 titik
    2. Klik icon Undo/ Urungkan

c. Mengurutkan pertanyaan dan jawaban secara acak

  • Mengacak urutan pertanyaan
    1. Cocok digunakan untuk ujian, di bagian atas, klik Setelan
    2. Klik Presentasi, pilih Acak urutan pertanyaan
  • Mengacak urutan pertanyaan
    1. Cocok digunakan untuk ujian, di bagian atas, klik Setelan
    2. Klik Presentasi, pilih Acak urutan pilihan

d. Mengubah setelan default

Google Form memiliki setelan standar bawaan Google yang disebut setelan default. Anda dapat menggunakan setelan anda sendiri untuk setiap Google Form yang akan dibuat, caranya, di bagian atas Google Form klik Lainnya yang iconnya 3 titik, pilih Preferensi.

3. Cara Menampilkan Pertanyaan Berdasarkan Jawaban

Anda dapat membuat pertanyaan yang merujuk pada bagian berbeda ketika orang menjawab pertanyaan dengan berbeda. Fitur ini dapat digunakan di asesmen psikologi lewat Google Form atau asesmen lainnya, caranya:

  1. Di Google Form bagian kanan bawah, klik Lainnya yang iconnya 3 titik, pilih Buka bagian berdasarkan jawaban. Jika anda ingin formulir berakhir pada jawaban tertentu, anda dapat memiliki Kirim formulir
  2. Arahkan jawaban-jawaban tersebut ke bagian-bagian tertentu

4. Cara Mengirim Google Form Anda ke Orang Lain

Google Form yang anda buat bisa dibagikan ke orang lain untuk diisi, caranya pada Google Form klik Kirim yang ada di pojok kanan atas. Anda akan memiliki beberapa alternatif:

  1. Mengirim form ke email
  2. Mendapatkan link yang dapat anda copy-paste ke berbagai tempat
  3. Membagikan Google Form ke media sosial
  4. Mengirimkan Google Form yang jawabannya sudah diisi beberapa
  5. Meng-embedkan Google Form ke Website atau Blog
Baca Juga:  Bagaimana Cara Membuat Tulisan Melengkung di Word dengan Praktis dan Mudah

5. Cara Berbagi Formulir dengan Kolaborator

Anda dapat mengerjakan formulir bersama kolaborator, dalam artian orang lain yang telah anda beri izin akses Google Form. Dengan fitur ini tim anda dapat bekerja sama membuat Google Form tanpa terhalang jarak. Cara mengirimnya adalah:

  1. Di Google Form bagian kanan atas, klik Lainnya yang iconnya 3 titik
  2. Pilih Tambahkan kolaborator
  3. Klik Undang orang
  4. Di jendela pengaturan, klik Tambahkan editor, kemudian tambahkan alamat email kolaborator. Jika anda tidak ingin kolaborator mengedit, melainkan melihat saja, pengaturan dapat diubah melalui ikon pensil, mirip yang ada pada Google Drive
  5. Klik Kirim

Dengan dasar-dasar cara membuat Google Form diatas, anda dapat mengembangkannya sesuai kreasi dan keperluan. Jika menurut anda Panduan Lengkap Cara Membuat Google Form ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman kalian yang sekiranya membutuhkan. Terimakasih dan Selamat mencoba!