Cara Membuat Daftar Isi di Word dan Google Docs

cara membuat daftar isi

Kebingungan ketika mencari cara membuat daftar isi di word merupakan hal yang biasa dihadapi semua kalangan, utamanya kalangan akademisi. Mulai dari SMP, SMA, kuliah, hingga sudah bekerja pun memerlukan kemampuan dasar ini. Kadang orang sudah mencari tahu cara membuat daftar isinya, namun karena lama tidak digunakan, orang menjadi lupa lagi.

Hal yang sama juga terjadi pada Google Doc. Website editor teks gratis bawaan Google ini mulai ramai digunakan banyak orang. Dibandingkan dengan MS Word, menggunakan Google Doc termasuk membuat daftar isi di dalamnya lebih user-friendly. Walaupun begitu mungkin tetap akan sulit bagi anda yang belum terbiasa menggunakan teknologi.

Memang membuat daftar isi sedikit tricky.tenang saja, kami akan menyediakan panduan lengkap membuat daftar isi untuk anda. Sumber utama yang akan kami gunakan adalah Dukungan Office dari Microsoft Support. Tutorial untuk Google Doc jug akami seragamkan strukturnya dengan MS Word untuk memudahkan pengertian anda. Pada dasarnya memang konsepnya sangat mirip, kok. Selamat menyimak.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Magnet dengan Mudah dan Sederhana

 

Cara Membuat Daftar Isi di Word Secara Otomatis Dikutip dari Microsoft Support

1. Tata Format Judul Anda di MS Word

MS Word dan Google Doc memiliki kesamaan dalam hal menata format judul. Hal yang sering menyulitkan orang ketika membuat daftar isi adalah karena mereka tidak menata format judul dari awal ketika menulis. Alih-alih menata format judul, kebanyakan orang mengedit judul dan subjudul secara manual. Font secara manual diperbesar, diatur alineanya, dan ditebalkan. Hal yang sama juga terjadi pada subjudul. Anda mungkin akan mulai mencoba cara ini dari sekarang karena sangat menghemat waktu.

Menata format judul dari awal memungkinkan anda membuat daftar isi yang otomatis. MS Word dapat secara otomatis mendeteksi judul dan subjudul anda dan mengumpulkannya menjadi satu. Daftar isi merupakan kumpulan judul dan subjudul yang anda taruh di awal-awal halaman bukan?

Untuk menata format judul dari awal, ikuti langkah berikut:

  1. Ketik judul dan subjudul anda secara vertikal. Untuk melakukan ini berarti anda harus sudah tahu kerangka artikel secara keseluruhan.
  2. Aktifkan menu Home.
  3. Block frasa yang akan anda jadikan sebagai judul utama, pilih Styles, pilih Heading 1.
  4. Untuk membuat sub bab, caranya sama dengan nomor 3. Bedanya ada di pilihan Heading. Jika heading 1 adalah judul maka Heading 2 adalah sub judul Heading 1. Begitu seterusnya.

2. Buat Daftar Isi di MS Word Secara Otomatis

daftar isi otomatis di word

Setelah anda menata format judul, sekarang anda dapat membuat daftar isi secara otomatis. Begini caranya:

  1. Tempatkan kursor anda di tempat anda ingin menambahkan daftar isi, kalau belum ada halamannya, buat terlebih dahulu.
  2. Buka Referensi, pilih Daftar Isi, dan pilih gaya otomatis.
  3. Jika anda membuat perubahan pada dokumen yang mempengaruhi daftar isi, anda perlu mengklik Perbarui Bidang.
  4. Nah, sekarang anda tinggal mengeditnya saja.

3. Jika Ada Daftar Isi yang Hilang di MS Word

Jika ada entri daftar isi yang hilang setelah anda melakukan tahap-tahap diatas, kemungkinan ada judul atau subjudul yang belum anda atur Heading nya. Cara membetulkannya mudah saja. Anda cukup meneliti artikel anda. Judul atau subjudul mana saja yang belum diedit. Lalu, edit Heading nya seperti cara diatas.

4. Jika Anda Terlanjur Menulis Artikel Lengkap Secara Manual di MS Word

Jika anda terlanjur menulis artikel lengkap dengan judul yang manual (tidak menggunakan Heading), tenang saja. Anda tidak perlu mengganti seluruh artikel. Cukup edit saja Heading di judul dan subjudulnya kemudian buat daftar isi secara otomatis seperti cara diatas.

Baca Juga:  Cara Membuat Makalah yang Tepat Berdasarkan Strukturnya

 

Cara Membuat Daftar Isi di Google Doc

1. Tata Format Judul Anda di Google Doc

Cara yang akan anda gunakan di Google Doc konsepnya sama dengan MS Word. Anda membuat kerangka artikel, mengatur Headingnya (Judul), menelitinya. Anda dapat menampilkan daftar isi di sisi kiri Google Doc sehingga memudahkan anda juga ketika ingin menuju halaman tertentu. Tanpa harus scroll, tinggal klik judul atau subjudul, anda sudah sampai pada halaman yang dimaksud. Fitur ini sangat berguna apabila anda menulis artikel yang jumlah halamannya sangat banyak.

Di Google Doc kami juga menyarankan agar anda menata judul dari awal. Selain memudahkan anda untuk menulis, tahap ini juga akan memudahkan anda untuk menata daftar isi.

Google Doc dapat secara otomatis mendeteksi judul dan subjudul anda dan mengumpulkannya menjadi satu karena konsep daftar isi berupa kumpulan judul dan subjudul yang anda ditaruh awal-awal halaman.

Untuk menata format judul, ikuti langkah berikut:

  1. Ketik judul dan subjudul anda secara vertikal. Untuk melakukan ini berarti anda harus sudah tahu kerangka artikel secara keseluruhan..
  2. Block frasa yang akan anda jadikan sebagai judul utama, klik menu Judul, pilih Judul untuk judul buku/ artikel.
  3. Untuk membuat sub bab, caranya sama dengan nomor 2. Bedanya ada di pilihan Judul. Jika Judul 1 adalah judul bab maka Judul 2 adalah subjudul bab. Begitu seterusnya.

2. Buat Daftar Isi di Google Doc Secara Otomatis

cara membuat daftar isi otomatis di google docs

Setelah anda menata format judul, sekarang anda dapat membuat daftar isi secara otomatis. Begini caranya:

  1. Tempatkan kursor anda di tempat anda ingin menambahkan daftar isi, kalau belum ada halamannya, buat terlebih dahulu.
  2. Klik menu Sisipkan, pilih Daftar Isi. Anda dapat memilih daftar isi yang disertai penomoran atau yang disertai link biru.
  3. Jika anda membuat perubahan pada dokumen yang mempengaruhi daftar isi, anda perlu mengklik icon Refresh yang ada di pojok kiri atas kolom daftar isi.
  4. Nah, sekarang anda tinggal mengeditnya saja.

3. Jika Ada Daftar Isi yang Hilang di Google Docs

Sama dengan MS word, jika ada entri daftar isi yang hilang setelah anda melakukan tahap-tahap diatas, kemungkinan ada judul atau subjudul yang belum anda atur pen-Judul-annya. Cara membetulkannya mudah saja. Anda cukup meneliti artikel anda. Judul atau subjudul mana saja yang belum diedit. Lalu, edit Judul nya seperti cara diatas.

4. Jika Anda Terlanjur Menulis Artikel Lengkap Secara Manual di Google Doc

Jika anda terlanjur menulis artikel lengkap dengan judul yang manual (tidak menggunakan Judul), tenang saja. Anda tidak perlu mengganti seluruh artikel. Cukup edit saja Judul di judul dan subjudulnya kemudian buat daftar isi secara otomatis seperti cara diatas.

Baca Juga:  Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Berbagai Sumber Dengan Benar

 

Pada dasarnya cara membuat daftar isi di Word dan Google Docs memang sama, bukan? Otomasi judul yang sangat struktural ini telah membantu anda menghemat banyak waktu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.